Berencana Traveling Saat Libur Lebaran? Terapkan 6 Trik Jitu Berikut - Reservasi Travel Blog

Berencana Traveling Saat Libur Lebaran? Terapkan 6 Trik Jitu Berikut

Travel Tips71
Berencana Traveling Saat Libur Lebaran? Terapkan 6 Trik Jitu Berikut shutterstock

Travel Blog Reservasi – Hari raya Idul Fitri menjadi momen penting setahun sekali, di mana para anggota keluarga yang terpisah jarak pulang ke kampung halaman untuk berkumpul. Merayakan hari kemenangan sembari mempererat tali silaturahmi.

Bahkan tidak cuma umat Islam, pemeluk agama dan keyakinan apapun ikut merasakan libur panjang Lebaran. Makanya banyak yang memanfaatkan momen ini untuk traveling, ikut berjubel di jalanan bersama para pemudik.

Kalau kamu berencana traveling saat libur Lebaran nanti, simak dulu tips dan trik dari Reservasi.com di bawah ini!

Baca Hotel Murah di Bandung dengan Harga di bawah Rp 200 Ribu untuk Libur Lebaran

Perhatikan kondisi kendaraan dan ketersediaan bahan bakar

Jika memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk traveling, pastikan sudah mengecek komponen mesin dan kesiapannya. Apalagi kalau perjalananmu rangkap, mudik dilanjut traveling. Pastikan kondisi kendaraan prima, jadi perjalananmu bisa lancar dan nyaman.

Masalah klasik yang selalu terjadi dari tahun ke tahun saat pesta mudik berlangsung adalah ketersediaan bahan bakar. Usahakan kendaraanmu sudah terisi penuh bahan bakar sebelum memasuki area macet. Daripada mogok di tengah-tengah kemacetan kan?

mudik seru
shutterstock

Pilih tempat wisata yang anti-mainstream

Sulit memang untuk tidak memilih tempat wisata mainstream. Biasanya tempat yang kamu tuju adalah destinasi populer di kampung halaman, yang mana banyak pemudik lain juga mengincarnya.

Kalau bisa himpun informasi dari jauh-jauh hari, atau minta tolong pada kerabat yang tinggal di sana. Coba cari tempat wisata antimainstream yang tak kalah seru untuk liburan bersama keluarga. Minimal kamu tidak perlu terjebak macet dan kepadatan pengunjung tinggi.

Jika mengunjungi tempat ramai, pastikan barang bawaan sesimpel mungkin

Tapi jika tetap bersikeras memilih wisata mainstream, ada tips penting yang perlu kamu perhatikan. Pastikan barang bawaanmu ringkas dan simpel agar lebih nyaman saat berjubel dengan pengunjung lain nantinya.

Untuk mengantisipasi juga oknum-oknum yang sengaja memanfaatkan situasi ramai. Barang bawaan yang terlalu mencolok bisa memancing copet dan tindak kriminal lainnya.

Jika membawa anak-anak, pilih tempat wisata yang sesuai

Tidak kalah penting adalah memastikan tempat wisata tujuan ramah untuk semua anggota keluarga. Jika membawa anak kecil, pertimbangkan apakah destinasi tersebut ramah anak.

Ada ruang bermain yang aman dan nyaman untuk Si Kecil. Jangan sampai mereka tidak menikmati liburannya kan?

Tips Mudik dengan Anak Kecil Menggunakan Mobil Pribadi

Antisipasi lonjakan harga dengan membawa bekal makan dari rumah

Momen penting seperti hari raya Idul Fitri sering dimanfaatkan para pedagang untuk menaikkan harga barang. Rata-rata pedagang menaikkan harga cukup fantastis, mengingat para pengunjung pasti menyiapkan anggaran khusus untuk libur Lebaran.

Kamu harus siap-siap nih, lebih baik membawa bekal makan dari rumah. Manfaatkan saja hidangan Lebaran yang melimpah di rumah daripada mubazir tidak termakan. Menekan pengeluaran bukan berarti pelit, karena bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Jangan mudah tergiur oleh-oleh

Nah, kalau sudah membawa bekal sendiri, anggaran makan bisa kamu alihkan ke belanja oleh-oleh. Tapi ingat jangan mudah tergiur taktik pedagang, apalagi untuk oleh-oleh khas. Lebih baik mencari tahu dulu di mana saja sentra oleh-oleh yang terjamin kualitasnya.

Kalau sekadar membeli suvenir seperti kaos dan gantungan kunci, tidak apa-apa memanfaatkan pedagang asongan yang berjajar di sekitar tempat wisata. Itung-itung berbagi rezeki juga kan dengan mereka yang rela tetap mencari nafkah di hari raya.

Persiapan liburanmu sendiri sudah sejauh mana nih?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *