close

12 Hal Yang Membuat Traveling Kalian Anti-Mainstream

12-tips-traveling-anti-mainstrem

Travel Blog Reservasi – Menjadi seorang traveler bukan berarti kalian harus selalu bergantung pada orang lain. Tips-nya seorang Traveler memiliki misi dan visi yang kuat ketika traveling. Traveler sejati selalu memiliki ide bagaimana memanjakan diri dan memuaskan diri dengan caranya sendiri.

Jika kalian tipe pelancong yang gemar dilayani, cukup membacanya sampai disini. Namun, jika kalian adalah tipe petualang, mudah bosan, ingin mendapatkan pengalaman baru yang seru, silahkan lanjutkan dan catat beberapa poin penting yang harus kalian lakukan setiap kali traveling.

(Baca Juga Tempat Liburan Solo Traveling Terbaik Di Indonesia!)

1. Berbaur Dengan Warga Lokal.

Dimanapun kalian berada, warga lokal seperti sebuah saksi hidup yang berharga. Mereka tahu segalanya. Kalian bisa ngobrol dimana saja. Entah saat kebetulan se membeli camilan di toko kelontong, atau sekedar ngobrol dengan penjual kopi di sebuah tempat wisata. Dari mereka, kalian bisa menggali cerita, kisah para leluhur mereka. Dari mereka, kalian bisa bertanya tentang kearifan lokal yang masih dijaga dan dilaksanakan oleh masyarakat. Tentu akan menjadi sebuah cerita yang menarik untuk kalian ceritakan kembali kepada sahabat atau keluarga.

2. Berpikir Out of The Box.

Jangan selalu mengandalkan penjaga hotel. Kalian harus mulai berpikir out of the box. Keluarlah dari zona nyaman. Kalian bisa saja mengunjungi tempat wisata yang telah direkomendasikan warga sekitar. Itulah pentingnya mengapa kalian harus menggali informasi dari warga lokal. Ada buturan mutiara kegiatan yang bisa kalian jalani dari rekomendasi warga lokal. Mereka lebih tahu rumahnya sendiri.

3. Gunakan Angkot.

Keliling kota dengan harga yang terjangkau tentu saja angkutan kota atau bus umum merupakan pilihan yang tepat. Bahkan di beberapa daerah juga negara memiliki bus wisata dengan tarif yang murah bahkan terkadang gratis. Dengan menggunakan bus umum keliling kota, kalian bisa memulai mapping tempat-tempat yang akan dikunjungi. Cukup satu putaran saja. Namun tetap diingat namanya bus umum, keamanan barang tetap menjadi tanggung jawab masing-masing.

4. Belilah Souvenir.

Souvenir yang paling mudah dibeli dan dibawa adalah gantungan kunci. Jika bosan dengan gantungan kunci kalian bisa membeli souvenir dengan magnet yang bisa menempel di kulkas. Mulailah penuhi daun pintu kulkas kalian dengan souvenir dari berbagai daerah dan negara. Karena souvenir itulah yang akan mengafirmasi agar kalian tetap awet muda dan selalu jalan jalan.

5. Bawalah Gear Fotografi.

Saat ini Instagram bisa menjadi salah satu bukti bahwa kalian suka jalan-jalan. Abadikan perjalanan kalian dengan mendokumentasikannya. Bawalah gear fotografi yang mumpuni namun ringkes digunakan sehingga tidak merepotkan kalian saat jalan jalan. Jangan lupa menggunakan action cam yang tangguh. Lensa super widenya membuat sudut pandang yang berbeda sehingga membuat orang tetarik melihatnya di halaman instagram kalian. Jangan lupa berikan sedikit cerita untuk membumbui foto keren kalian di Instagram.

6. Sesekali Ikuti Rekomendasi Orang Lain Soal Makanan.

Mbah google terkadang tidak bisa memberikan rekomendasi makanan autentik dan langka. Disinilah keuntungan bersosialisai dengan warga lokal. Mereka akan menunjukkan kalian rumah makan favorit yang terkadang berada di gang sempit namun memiliki cita rasa yang khas hingga kalian ingat dengan kehangatan kampung halaman dan lezatnya masakan rumahan.

7. Segera Piknik Lebih Luas Lagi!

Jika tujuan liburan kalian ke Surabaya, beranikan diri untuk mengunjungi lokasi wisata di sekitarnya atau mengunjungi kota satelit di sekelilingnya. Misalnya kalian bisa mencari kesejukan di Malang atau destinasi perawan di Pulau Madura. Percaya deh, kalian gak bakalan rugi melakukan one day trip meskipun memang melelahkan dan membutuhkan stamina lebih. Usaha lebih akan menghasilkan hasil yang lebih pula!

8. Pelajari Bahasa Lokal.

Bahasa lokal memang menarik. Jangan malu dan jangan ragu untuk belajar. Sekedar istilah-istilah umum saja misalnya dalam tawar menawar harga. Biasanya dengan bahasa lokal, pedagang akan mulai tertarik untuk memberikan diskon atau potongan harga untuk kalian yang mengapresiasi bahasa mereka dengan baik.

9. Jelajahi Lingkungan Terdekat.

Sepertinya kalian butuh satu hari saja bepergian tanpa rencana. Kalian hanya tinggal jalan dan ikuti kata hati apa yang kalian lihat itu menarik. Tak perlu jauh-jauh, kelilingi lingkungan sekitar hotel atau penginapan yang kalian tempati. Jika ingin lebih banyak yang kalian dapatkan sewalah sepeda, kalian bisa dengan puas berkeliling sambil mengeluarkan keringat. Tak perlu target waktu, keluar sejak pagi dan pulang sebelum matahari terbenam. Itu sudah cukup melelahkan kok!

10. Telusuri Kota Sendirian.

Saat terbaik untuk mengeksplorasi denyut sebuah kota adalah saat malam hari. Kunjungi tempat-tempat yang ramai di kunjungi orang untuk melihat lebih dekat aktifitas warga lokal. Berbaurlah dengan mereka. Bercengkrama dengan mereka. Niscaya kalian akan mengenal kota yang baru kalian kunjungi kurang dari 24 jam seperti rumah sendiri.

11. Siapa Yang Takut Tersesat?

Tanpa bantuan GPS kalian masih bisa kok berkeliling kota dengan mendapatkan pengalaman baru. Mengikuti itinerary bisa saja membuat kalian lelah. Buatlah itinerary kalian sendiri. Jangan lupa tuliskan di status facebook atau di blog kalian agar yang lain bisa mendapatkan pengalaman berharga seperti apa yang telah kalian dapatkan.

12. Beranilah Untuk Melakukan Hal Baru!

Apa yang kalian tidak sukai bisa jadi itu baik bagi kalian. Cobalah untuk menantang diri sendiri. Makanlah makanan yang belum pernah kalian rasakan sebelumnya. Keluarlah dari zona nyaman. Beranikan diri kalian untuk menaklukkan ketakutan kalian selama ini. Pengalaman yang paling diingat itu adalah pengalaman kalian yang mengajarkan hal baru dan prespektif baru bagi kalian.

(Baca Juga Tips Merencanakan Traveling di Tahun 2016)


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Solo TravelingTips Travelling

Leave a Response