5 Tips Tinggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran - Reservasi Travel Blog

5 Tips Tinggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran

Travel Tips88
5 Tips Tinggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Mudik menjadi salah satu tradisi yang memang tidak bisa dilewatkan oleh keluarga manapun terutama bagi mereka yang merantau dari kampung halamannya masing-masing. Tapi sebelum mudik ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar rumah yang ditinggalkan pun tetap aman.

Baca Tips Atur Keuangan Jelang Mudik Lebaran

Gunakan Lampu Sensor Cahaya

Salah satu cara untuk mengidentifikasi rumah kosong adalah dengan melihat lampu di luar rumah yang terus-terusan. Untuk menghindari identifikasi yang sangat mudah dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab seperti ini ada baiknya kamu mengganti lampu teras ataupun lampu lampu di luar ruangan dengan menggunakan lampu yang memiliki sensor cahaya.

Dengan menggunakan lampu yang memiliki sensor cahaya lampu hanya akan hidup ketika kondisi gelap sebaliknya lampu akan mati atau pada ketika matahari sudah bersinar atau ketika pagi hari.

Dengan begitu setidaknya akan mengurangi risiko rumah didatangi pencuri. Selain itu juga tidak perlu repot menyalakan ataupun mematikan lampu sehingga kondisi sekeliling rumah tetap bisa terpantau oleh petugas keamanan pada saat malam hari.

Pastikan Menggunakan Kunci Ganda

Jika meninggalkan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat di dalam rumah sebaiknya menggunakan kunci ganda untuk meningkatkan keamanan. Pastikan juga kendaraan diparkir dalam kondisi yang benar dan juga aman.

Jika kendaraan berada di teras atau di luar rumah sebaiknya menggunakan penutup kendaraan agar kendaraan pun terhindar dari cuaca panas ataupun hujan dan juga menghindari hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Pastikan untuk memasang alarm dan juga menitipkan kunci kendaraan kepada petugas keamanan yang bisa dipercaya. Jangan pernah meninggalkan kendaraan di luar rumah tanpa kunci ganda atau kunci tambahan lainnya saat ditinggal mudik.

Mematikan Air PAM, dan Gas

Jika menggunakan air PAM sebaiknya dimatikan terlebih dahulu selama mudik lebaran. Selain itu, cabut juga selang gas untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Pastikan juga untuk menutup rapat semua keran air sehingga tidak ada kebocoran sedikitpun.

Jangan pernah meninggalkan rumah dalam kondisi kran air bocor. Sempatkan terlebih dahulu untuk memperbaiki kran air yang bocor agar tidak ada air yang terbuang secara percuma.

Akan lebih baik lagi jika mengosongkan semua tempat air untuk menghindari berkembangnya jentik nyamuk yang bisa menimbulkan penyakit demam berdarah.

Mencabut Semua Steker Listrik

Kembangkan untuk mencabut steker listrik kulkas televisi ataupun kipas angin yang tertempel setiap hari. Pastikan tidak ada steker listrik yang masih terpasang untuk menghindari arus pendek yang bisa saja menimbulkan kebakaran.

Pastikan juga tidak ada kebocoran atap terutama jika dalam kondisi musim hujan. Apalagi jika ada genangan yang bisa berada di dekat sumber listrik. Pastikan sekali lagi bahwa rumah benar-benar ditinggalkan dalam kondisi kering dan juga steker listrik dicabut seluruhnya.

Jika ada binatang peliharaan sebaiknya dititipkan jasa penitipan binatang selama mudik lebaran dan jangan sampai dibiarkan terbengkalai ataupun hanya diberikan makanan secukupnya tanpa ada pengawasan yang ketat.

Lapor pada RT/RW atau Bagian Keamanan

Sebelum mudik lebaran pastikan untuk bersilaturahmi terlebih dahulu minimal kepada tetangga paling dekat dan juga kepada RT atau RW setempat sekaligus menginformasikan bahwa kamu sedang mudik lebaran.

Lapor bagian keamanan
Shutterstock

Informasikan kepada mereka kapan kamu akan berangkat dan kapan kamu akan pulang. Jangan lupa untuk menitipkan kunci agar sewaktu-waktu jika terjadi hal yang tidak diinginkan mereka bisa mengecek dengan cepat.

Sebagai ungkapan terima kasih jangan lupa untuk membawa buah tangan buat mereka yang sudah mau menjaga rumah kalian selama ditinggal mudik lebaran.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *