Mau Menyeberang? Cek Dulu 5 Tips Naik Kapal Ferry Ini - Reservasi Travel Blog

Mau Menyeberang? Cek Dulu 5 Tips Naik Kapal Ferry Ini

Travel Tips294
Mau Menyeberang? Cek Dulu 5 Tips Naik Kapal Ferry Ini Ferry Photo by Mikes Photos from Pexels

Travel Blog Reservasi – Menyebrang dengan kapal ferry, salah satu alat transportasi antar pulau yang paling nyaman, memang kadang menjadi salah satu momok tersendiri terutama bagi yang belum pernah menaikinya.

Akan tetapi dengan menggunakan kapal ferry, kamu bisa menyeberang melintasi Selat dengan membawa sepeda motor ataupun kendaraan roda empat. Sehingga saat di pulau seberang kamu tak perlu lagi menggunakan kendaraan umum.

Baca 5 Foto Kapal Karam yang Sangat Menakjubkan dari Berbagai Tempat di Dunia

Agar perjalanan menyeberang kapal ferry menjadi aman dan nyaman ada baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa tips naik kapal ferry berikut ini seperti yang dihimpun Reservasi.com dari berbagai sumber (3/7).

1. Pilih keberangkatan pagi atau siang hari

Pada saat cuaca buruk seperti terjadi angin laut sebaiknya pilih waktu keberangkatan yang paling tepat yaitu pada pagi hari ataupun pada siang hari.

Hindari berangkat pada saat sore atau malam hari apalagi jika cuaca sedang kurang bersahabat.

Pertimbangkan kondisi cuaca sebelum menyeberang. Jika terpaksa harus menunda, kamu bisa mencari tempat menginap di sekitar pelabuhan dengan harga yang relatif terjangkau.

Jangan memaksakan diri untuk menyeberang jika kondisi cuaca kurang bersahabat.

2. Jangan menunggu di dalam kendaraan

Ketika sudah berada di dalam kapal feri sebaiknya tidak berdiam diri dalam kendaraan.

Alasannya cukup sederhana karena jika terjadi insiden yang tidak diinginkan akan sangat sulit untuk berlari dan berkumpul di deck atas.

Pastikan juga untuk mengunci kendaraan dan tidak meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan.

Selain itu juga diharapkan untuk tidak menghidupkan kendaraan selama kapal ferry melakukan perjalanan meskipun alasannya merasa kepanasan dan butuh ruangan yang dingin.

Kamu bisa berkeliling kapal atau menunggu di deck atas selama perjalanan menyeberang Selat atau lautan.

3. Bawa camilan agar tidak lapar

Meskipun di dalam kapal ferry tersedia kantin atau warung yang menjajakan aneka jajanan dan minuman, tidak ada salahnya untuk membawa makanan dan minuman sendiri.

Menyeberang dengan menggunakan kapal feri menjadi salah satu pengalaman yang paling menarik karena kamu bisa menikmati secangkir kopi sambil melihat pemandangan dari atas kapal.

Traveling Saat Hamil

Usahakan untuk memilih tempat yang strategis. Jika kamu ingin menghindari mabuk laut pastikan untuk memilih tempat duduk di bagian tengah atau paling belakang.

Namun jika kamu ingin menikmati pemandangan tentu bagian depan akan menjadi pilihan yang terbaik.

4. Pastikan mengetahui tempat jaket pelampung atau jaket keselamatan

Sebelum kapal Ferry berangkat biasanya awak kapal akan memberikan panduan keselamatan.

Tidak berbeda jauh dengan yang dilakukan pramugari di dalam pesawat. Pada saat menyebrang dengan kapal ferry pun kamu akan mendapatkan panduan keselamatan.

Pada saat itulah kamu harus mengetahui letak atau posisi jaket pelampung disimpan. Jaket pelampung biasanya memiliki jumlah yang sama dengan jumlah penumpang yang ada sehingga tidak perlu khawatir tidak kebagian jaket pelampung.

Namun jika kamu merasa nyaman dan aman dengan mengenakan jaket pelampung, kamu bisa meminta awak kapal untuk meminjamkannya sehingga bisa kamu gunakan saat dalam perjalanan.

tips naik ferry
Photo by Matheus Guimarães from Pexels

5. Masuk dengan teratur dan keluar dengan teratur tanpa harus terburu-buru

Jika kamu menggunakan kendaraan seperti sepeda motor maupun kendaraan roda empat ada baiknya untuk keluar masuk secara teratur.

Ikuti instruksi awak kapal yang akan mengatur posisi sepeda motor maupun kendaraan kamu.

Hal ini juga dimungkinkan untuk pengaturan beban atau bobot kendaraan yang berada di dalam kapal feri sehingga kapal bisa berlayar dengan seimbang.

Itulah beberapa tips untuk naik kapal ferry yang perlu kamu ketahui sebelum menyeberang. Jangan lupa juga untuk menyiapkan identitas diri di dalam tas ataupun dompet.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *