5 Tips Mudik Nyaman dengan Pesawat Terbang - Reservasi Travel Blog

5 Tips Mudik Nyaman dengan Pesawat Terbang

Travel Tips75
5 Tips Mudik Nyaman dengan Pesawat Terbang shutterstock

Travel Blog Reservasi – Saat ini banyak yang menggunakan pesawat terbang sebagai salah satu transportasi terbaik untuk mudik. Mudik kali ini akan lebih nyaman karena bandara memiliki kapasitas yang lebih banyak dibandingkan dari tahun sebelumnya.

Namun demikian ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum mudik dengan menggunakan pesawat terbang. Pasalnya sudah dipastikan akan terjadi lonjakan volume penumpang di bandara terutama beberapa hari sebelum lebaran.

Baca Mudik ke Jawa Timur, Kunjungi 8 Destinasi Wisata Religi Ini

Datang 3 Jam Sebelum Boarding

Untuk menghindari kemacetan panjang sebaiknya datang ke bandara lebih awal antara 3 sampai dengan 4 jam sebelum boarding. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kemacetan yang bisa saja mengakibatkan keterlambatan kita menuju bandara dengan risiko tertinggal pesawat.

Salah satu alternatif yang bisa digunakan tanpa khawatir kemacetan yaitu dengan menggunakan kereta bandara yang sudah dioperasikan dari Stasiun Sudirman baru atau BNI City hingga ke stasiun Bandara Soekarno Hatta Cengkareng.

Untuk bisa menggunakan kereta bandara pastikan memesan tiket keretanya terlebih dahulu agar tidak kehabisan dan juga sesuai dengan jam keberangkatan. Lakukan sesegera mungkin jangan sampai melakukan pembelian kereta bandara terlalu mepet.

Gunakan Angkutan Umum atau Angkutan Daring

Hindari menggunakan kendaraan pribadi jika tidak berminat untuk menginapkan kendaraan tersebut di bandara. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisasi kemacetan di area bandara.

Untuk itu disarankan untuk menggunakan angkutan umum seperti bus bandara, taksi atau taksi daring atau taksi online. Sesuaikan jeda waktu keberangkatan mulai dari rumah sampai dengan bandara. Jangan lupa untuk memantau cuaca pada hari keberangkatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pastikan Barang Berharga Dibawa ke Kabin

Dalam kondisi yang penuh dengan penumpang kamu harus lebih waspada lagi terutama dengan barang-barang yang akan dibawa ke dalam bagasi pesawat.

Pastikan untuk tidak pernah menyimpan barang berharga di dalam bagasi pesawat. Gunakan tas kecil atau koper kecil yang bisa dibawa ke dalam kabin pesawat untuk menyimpan beberapa barang berharga seperti laptop, kamera, ataupun handphone dan alat elektronik lainnya.

koper anti hilang
Shutterstock

Jangan Pernah Bercanda Soal Bom

Kasus bercanda soal bom di bandara beberapa kali terjadi di Indonesia yang mengakibatkan banyak sekali kerugian. Apalagi di tengah suasana yang masih terbayang-bayang ini dengan teror bom di Surabaya sebelum bulan Ramadan tempo lalu.

Oleh karena itu jangan sedikitpun atau sepatah kata pun mengatakan hal-hal yang berkaitan dengan bom meskipun dengan tujuan untuk bercanda atau senda gurau belaka. Tidak ada toleransi Bagi siapapun yang bercanda dengan menggunakan kata-kata bom baik di bandara maupun ketika sudah berada di pesawat.

Petugas bandara ataupun awak kabin pesawat terbang tidak akan segan-segan untuk memproses siapapun yang bercanda soal bom dan menjeratnya dengan aturan yang berlaku dengan ancaman hukuman denda hingga kurungan.

Bawa Buku untuk Usir Bosan

Jika kamu sudah terlalu sering membawa gadget kemanapun Saatnya untuk mengubah pola kebiasaan kamu dengan membawa buku bacaan seperti novel atau cerita pendek sehingga kamu bisa merefresh otak kamu dengan bacaan-bacaan yang lebih bermanfaat sambil berlatih untuk berpuasa sosial media selama beberapa waktu.

Gunakan waktu untuk menunggu penerbangan sebaik mungkin atau bisa juga dengan beristirahat sebelum melakukan penerbangan dengan pesawat.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika mudik dengan menggunakan pesawat terbang. Jika pulang mudik pada saat bulan Ramadan akan lebih baik untuk memilih waktu keberangkatan pada malam hari sehingga tidak perlu berangkat dalam keadaaan berpuasa.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *