Tips Mudik Lebaran Naik Kereta, Dijamin Nyaman dan Gak Membosankan - Reservasi Travel Blog

Tips Mudik Lebaran Naik Kereta, Dijamin Nyaman dan Gak Membosankan

Travel Tips45
Tips Mudik Lebaran Naik Kereta, Dijamin Nyaman dan Gak Membosankan shutterstock

Travel Blog Reservasi – Waktu berlalu sangat cepat. Kurang dari 2 hari lagi kita akan merayakan hari yang paling dinanti-nantikan yaitu Lebaran. Pastinya senang kan apalagi kalau anak kos, gak perlu susah payah lagi bangun subuh untuk menyajikan menu sahur, karena masa puasa sebentar lagi akan usai.

Menjelang Lebaran, tiket transportasi umum bebas macet seperti kereta biasanya sudah ludes terjual. Kalaupun masih tersisa, harganya pasti mahal. Agar perjalanan selama di kereta api menyenangkan, Reservasi.com sudah rangkumkan beberapa tipsnya.

Baca Taiwan Punya Pesawat Hello Kitty, Jepang Punya Kereta Hello Kitty

1. Taruh tiket di tempat yang mudah dijangkau

Sama seperti saat naik pesawat, sebelum memasuki ruang tunggu kamu harus check-in dulu dengan menunjukkan identitas berupa E-KTP beserta tiket kereta. Sesi ini bisa sedikit merepotkan untuk kamu yang bawa banyak barang.

Jadi lebih baik taruh identitas dan tiket kereta di tempat yang mudah dijangkau, misalnya saku tas paling depan atau saku pakaian. Saat giliranmu tiba, kamu bisa menunjukkan keduanya dengan mudah kepada petugas yang jaga disana.

2. Minimalisir jumlah barang bawaan

Barang bawaan yang dibawa saat mudik suka banyak kurang banyak. Padahal membawa banyak barang akan membuat diri sendiri kerepotan, apalagi kalau sampai kedua tangan penuh.

Sebaiknya minimalkan barang bawaan agar kamu bisa lebih bebas saat naik kereta. Apalagi di kereta tidak ada yang namanya bagasi, jadi seluruh barang bawaan wajib ditenteng masuk ke dalam kereta Melelahkan!

3. Kenakan baju berbahan katun

Suasana mudik tentu berbeda dengan jalan-jalan ke mal. Ini artinya sesuaikan pakaian yang akan dikenakan saat mudik nanti. Pilih pakaian yang paling nyaman, kalau perlu kaos oblong dan celana jogger supaya kamu bisa bergerak lebih bebas.

Satu yang menjadi catatan penting yaitu bahan pakaian itu sendiri. Pastikan pakaianmu berbahan katun ya. Selain teksturnya lebih lembut, pakaian katun juga lebih mudah menyerap keringat.

4. Siapkan list musik favorit sebelum berangkat

Untuk wilayah di sekitar Jawa, mudik dengan kereta memakan waktu kurang lebih 6 jam. Waktu yang lumayan lama kan? Bayangkan kalau kamu gak punya kegiatan menarik yang bisa dilakuin, kamu pasti bakal bosan setengah mati. Sebaiknya bawalah iPod atau MP3 yang berisi list lagu-lagu favoritmu.

Putar MP3 setiap kali merasa bosan agar suasana di kereta pun semakin hidup, perjalanan jauh sekalipun jadi tidak terasa melelahkan.

Tips Mudik Lebaran Naik Kereta

5. Bawa bekal makanan sendiri

Poin ini penting untuk jadwal keberangkatan di malam hari. Yang namanya malam, warung apapun tidak ada yang buka, petugas di kereta pun ikut beristirahat dan jarang sekali ada yang berlalu-lalang menawarkan makanan.

Untuk mengatasi rasa lapar di malam hari, sebaiknya sediakan bekal makanan yang cukup selama di perjalanan. Bekal makanan yang dibawa bisa sekaligus menu sahur jika kereta sampai ke tempat tujuan pada siang hari.

6. Berhati-hati pada orang di sekitar

Saat musim mudik tiba, kondisi terminal dan stasiun ramainya. Di tengah keramaian seperti ini, tindak kriminalitas pun meningkat tajam. Kalau kamu teledor, barang bawaanmu bisa hilang dalam sekejap diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Barang-barang seperti dompet dan alat elektronik sebaiknya disimpan di tempat yang paling aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Jangan lupa berdoa supaya selamat sampai tujuan

Yang namanya bencana siapa yang tahu ya. Agar perjalanan mudik lancar, aman, nyaman, dan pastinya selamat sampai tempat tujuan, berdoalah sebelum kereta berangkat agar kamu senantiasa dilindungi Sang Pencipta selama di perjalanan.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *