6 Tips Cerdas yang Wajib Dipatuhi Jika Mudik dengan Sepeda Motor

6 Tips Cerdas yang Wajib Dipatuhi Pemudik Bersepeda Motor

Travel Tips107
6 Tips Cerdas yang Wajib Dipatuhi Pemudik Bersepeda Motor shutterstock

Travel Blog Reservasi – Mudik dengan sepeda motor masih menjadi pilihan favorit sebagian orang. Bahkan jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun lho! Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi seperti efisiensi, biaya yang harus dikeluarkan, dan waktu tempuh.

Memilih mudik dengan sepeda motor memang sekilas lebih hemat dan praktis, tapi perhatikan juga resiko-resiko yang mungkin terjadi. Makanya biar tetap aman dan nyaman, ini enam tips cerdas dari Reservasi.com buat para pemudik bersepeda motor. Yuk, simak!

Baca 12 Cara Hemat Baterai Smartphone Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Istirahat cukup sehari sebelum berangkat

Cuti bersama Idul Fitri 2018 mendapat perpanjangan dari pemerintah. Artinya, kamu punya waktu libur lebih lama sehingga nggak perlu buru-buru dalam berkendara. Luangkan waktu istirahat sehari sebelum berangkat mudik. Hari terakhir kerja usahakan jangan pulang telat, agar istirahat bisa dimaksimalkan.

Selain tidur yang cukup, konsumsi juga multivitamin agar kondisi esok hari sebelum berangkat jadi lebih bugar. Lakukan juga sedikit peregangan untuk menghadapi perjalanan panjang dalam posisi duduk.

Barang bawaan yang terlalu banyak lebih baik dikirim melalui jasa ekspedisi

Nah, ini dia poin minus dari mudik dengan menggunakan sepeda motor. Kamu nggak bisa membawa banyak barang bawaan. Apalagi kalau berboncengan, paling hanya muat satu ransel di punggung penumpang dan tas di bagian depan pengemudi.

Jangan pernah memaksakan diri membawa banyak barang daripada mengancam keselamatan. Kirim saja melalui jasa ekspedisi beberapa hari sebelum berangkat mudik. Lakukan juga hal yang sama saat arus balik nanti.

Cek komponen penting sebelum mudik dengan sepeda motor

Paling penting nih, pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan prima. Cek komponen-komponen penting seperti rem, rantai, busi, lampu dan roda. Jangan samakan dengan pemakaian sehari-hari, jarak dan waktu yang harus kamu tempuh saat mudik berkali-kali lipat dari biasanya.

Bawa sepeda motor ke bengkel sekitar seminggu sebelum mudik untuk pengecekan. Kalau perlu pasang ban luar baru agar kondisinya lebih baik. Kendaraan yang prima menentukan kenyamanan dan keamanan berkendara kan?

mudik dengan sepeda motor
Hildawedges/shutterstock

Lengkapi diri dengan pakaian yang aman dan nyaman

Perhatikan juga kelengkapan pakaian mulai dari atas kepala hingga ujung kaki. Gunakan masker dan kacamata untuk menghalau debu. Jaket tebal melindungimu dari terpaan angin kencang, lalu pilih gunakan sepatu ketimbang sandal. Menutup bagian kaki untuk mengantisipasi terkena benda tajam atau goresan selama perjalanan.

Selain lengkap, pertimbangkan juga bahan pakaiannya. Pilih yang berbahan adem, menyerap keringat dan nyaman untuk bergerak.

Pilih berangkat pagi hari setelah Subuh

Memilih waktu berangkat juga menentukan kenyamanan lho! Lebih baik berangkat selepas Subuh, di mana kondisi tubuh masih bugar dan udara lebih segar. Jangan paksakan diri berpuasa jika memang tidak kuat.

Banyak pemudik memilih berangkat malam hari agar jalanan lebih sepi. Padahal, memangkas waktu istirahat malam justru menurunkan tingkat kebugaran tubuh. Nggak apa-apa terkena macet di siang hari, asal tubuh dalam kondisi lebih baik.

Menepi secara berkala sembari melakukan peregangan

Nggak seperti naik mobil yang posisi duduknya lebih nyaman, kamu harus rajin-rajin menepi secara berkala. Bisa setiap 2 atau 3 jam, sambil melakukan peregangan otot sebelum melanjutkan perjalanan.

Apalagi kalau terjebak macet, rasa lelah dan pegal akan bertambah. Jangan segan-segan menepi, manfaatkan juga keberadaan rest area di sepanjang jalan. Nggak perlu buru-buru, keluarga di kampung lebih menginginkan kesehatan dan keselamatanmu.

Perhatikan beberapa poin penting tersebut agar mudik dengan sepeda motor menjadi menyenangkan dan selamat hingga sampai tujuan.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *