close

Supaya Perjalanan Lancar dan Menyenangkan, Baca Tips Mudik dengan Lansia Ini Dulu Yuk

ffl-travel4
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Tradisi pulang kampung saat Lebaran adalah hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kamu tentu juga menjalani kebiasaan tahunan ini bukan?

Punya rencana untuk mudik dan membawa seluruh sanak famili di Lebaran tahun ini? Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan lho. Apalagi kalau ada anggota keluarga yang sudah lanjut usia (lansia).

Supaya perjalanan pulang kampung kamu jadi lebih nyaman dan menyenangkan, ketahui dulu yuk tips mudik dengan lansia yang dihimpun oleh Reservasi.com.

Baca 7 Tips Hindari Modus Kejahatan Saat Mudik Lebaran

1. Cek Kondisi Kesehatan

Mudik dengan Lansia
sumber : over-sun.com

Kalau punya rencana untuk mudik dengan lansia hal pertama yang harus kamu lakukan tentulah mengecek kondisi kesehatan mereka. Apalagi kalau orang tua yang kamu ajak mudik ini usianya lebih dari 65 tahun dan destinasi pulang kampung kalian cukup jauh.

Kamu tentu nggak bisa berangkat mudik secara dadakan kalau mengajak para lansia ini. Jadi, jangan lupa untuk lakukan pemeriksaan atau konsultasi dengan dokter sebelum merencanakan perjalanan pulang kampung ya!

2. Pilih Transportasi yang Aman dan Nyaman

sumber : slate.com

Nah, jika kondisi kesehatan para lansia ini memungkinkan untuk diajak mudik, hal kedua yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memilih transportasi yang aman dan nyaman. Kalau tujuan pulang kampung kalian jaraknya cukup jauh, disarankan sih untuk memilih moda transportasi seperti pesawat yang lebih cepat dan nyaman.

Selama Lebaran, ada tersedia banyak sekali diskon tiket pesawat untuk kamu. Tapi, kalau destinasinya terhitung dekat, bisa gunakan kereta api kelas ekspress atau mobil pribadi.

3. Perhatikan Waktu Keberangkatan

sumber : huffingtonpost.com

Karena momen mudik kali ini kamu membawa serta anggota keluarga yang usianya sudah cukup sepuh, memperhatikan waktu keberangkatan juga jadi hal wajib yang harus dilakukan.

Supaya perjalanan jadi menyenangkan, sebaiknya jangan berangkat saat arus mudik sedang padat-padatnya. H-4 sebelum Lebaran adalah waktu yang ideal untuk memulai keberangkatan mudik dengan lansia. Pilih jadwal perjalanan pagi atau siang hari agar orang tua tak rentan terkena masuk angin.

4. Bawa Perlengkapan Khusus

sumber : www.lundbeckfonden.com

Selain kebutuhan pribadi seperti pakaian atau peralatan mandi. Jangan lupakan perlengkapan khusus seperti obat-obatan, pispot, selimut, botol minum, dan daftar kontak rumah sakit selama perjalanan.

Walaupun sedikit repot, benda-benda ini akan sangat berguna untuk perjalananmu nanti. Tak ada salahnya kan mempersiapkan diri untuk hal-hal yang tak terduga dan tak diinginkan?

Baca 7 Tips Rumah Aman saat Ditinggal Lama Mudik Lebaran

5. Bawa Perbekalan yang Cukup

sumber : livestrong.com

Supaya mudik terasa lebih nyaman dan menyenangkan, jangan lupa untuk bawa bekal makanan dan minuman untuk dikonsumsi selama perjalanan. Beberapa orang lanjut usia tak bisa dengan asal mengonsumsi makanan karena masalah kesehatan yang dimiliki. Dengan membawa bekal sendiri, kamu bisa memperkirakan kadar gula atau kolesterol yang terkandung di makanan tersebut. Jadi, tak perlu khawatir deh selama perjalanan.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : MudikTips Traveling

Leave a Response