close

15 Tips Mudik dengan Kereta Api agar Aman dan Nyaman selama Perjalanan

mudik dengan kereta api 6
Shutterstock

8. Jangan Lupa Identitas Diri dan Tiket

Saat masuk ke peron (ruang tunggu di stasiun kereta api) kamu wajib menunjukkan identitas diri dengan boarding pass yang sudah dicetak. Jangan sampai lupa identitas diri seperti KTP atau SIM yang memiliki nama sesuai dengan nama yang tertera di boarding pass atau tiket kereta api.

Untuk anak-anak cukup membawa kartu kerluarga namun umumnya tidak ditanyakan karena saat pemesanan tiket kereta api untuk anak-anak hanya dibutuhkan tanggal lahir saja dan bukan dengan menggunakan kartu identitas untuk anak-anak.

Baca Cara Beli Tiket Kereta Api Lewat E-Kiosk

shutterstock

9. Bawa Air Minum

Bawa air minum dalam botol terutama jika menempuh perjalanan lebih dari 6 jam perjalanan seperti ke Jawa Tengah atau ke Jawa Timur. Pastikan tidak mengalami dehidrasi di dalam kereta api terutama bagi anak-anak. Meskipun Reska (Restoran Kereta Api) menyediakan air minum kemasan namun harganya sedikit lebih mahal.

10. Bawa Bekal untuk di Perjalanan

Kini sudah banyak resto dan kafe di stasiun. Kamu juga bisa memesan untuk dibawa dan dinikmati di dalam kereta api. Meskipun ada wacana bahwa nantinya penumpang kereta api tidak boleh membawa makanan sendiri ke dalam kereta api khususnya jika dinikmati di Reska.

Tidak ada salahnya kamu membawa bekal terutama jika membawa anak-anak. Siapkan MPASI, camilan, biskuit dan juga susu buat anak-anak. Salah satu hal yang memang tidak boleh dilupakan saat mudik dengan anak menggunakan kereta api adalah jangan sampai membuat anak bosan dan menangis karena tidak ada mainan apalagi karena kelaparan.

Baca 7 Cara Memilih Tempat Duduk Kereta Api Ekonomi AC untuk Mudik

11. Pilih Tempat Duduk Terbaik di Kereta Api

shutterstock

Tempat duduk terbaik di kereta api adalah tempat duduk yang berada di tengah. Karena tempat duduk di bagian tengah gerbong jauh dari bordes (pembatas gerbong) sehingga tidak terlalu bising ketika pintu bordes dibuka. Guncangan di tengah pun tidak terlalu terasa kencang dibandingkan dengan kursi yang berada di dekat bordes.

12. Jangan Pernah Merokok di Kereta Api jika Tidak Mau Diturunkan di Tengah Perjalanan

PT KAI saat ini sangat ketat dalam menindak oknum yang merokok di dalam kereta api entah itu di bordes ataupun di dalam toilet kereta api. Mudik dengan kereta api tidak sama seperti dengan dulu. Kali ini lebih ketat!

Kini, masing-masing rangkaian gerbong sudah dijaga oleh beberapa polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) yang akan menindak tegas para pelaku yang ketahuan merokok di dalam kereta api. Sanksinya tidak main-main karena akan langsung diturunkan di stasiun terdekat meskipun belum tiba di stasiun tujuan.

Jadi, jangan sekalipun melanggar larangan keras yang satu ini karena bukan hanya merugikan diri sendiri tapi juga merugikan orang lain karena perjalanan menjadi terhambat.

13. Bawa Charger Handphone

shutterstock

Kini di setiap baris kursi sudah disediakan colokan listrik sehingga kamu tidak perlu rebutan colokan dengan penumpang lainnya. Namun ada baiknya juga kamu menyediakan power bank sebagai salah satu antisipasi.

Mudik dengan kereta api tak perlu khawatir lagi tidak kebagian bangku. Semua sudah dipastikan setiap penumpang mendapatkan kursinya-masing-masing.

14. Pesan bantal dan selimut baru

Kereta api dengan perjalanan jarak jauh bisanya menyediakan fasilitas penyewaan bantal dan selimut. Pastikan kamu mendapatkan bantal dan selimut baru bukan bekas penumpang sebelumnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Siapa tahu penumpang sebelumnya ileran kan repot.

Baca 5 Alasan Kenapa Traveling Naik Kereta Api Itu Asik!

15. Bawa buku, gajet dan permainan lainnya

Melakukan perjalan jauh dengan kereta api memang terkadang membosankan. Usir rasa bosan dengan cara membaca novel favorit kamu, memaikan gajet atau mendengarkan playlist mudik atau lebaran. Kamu juga bisa membawa beberapa permaian seperti kartu atau permainan lain yang bisa dimainkan secera berkelompok.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Kereta ApiMudik

Leave a Response