close

Siap-Siap Macet, Begini 15 Tips Mudik dengan Bus agar Aman dan Selamat di Perjalanan

mudik dengan kereta api 1
Shutterstock

8. Pisahkan Barang Berharga

Barang berharga wajib ditempatkan di tas kecil yang bisa selalu kamu bawa baik itu saat ke toilet, istirahat maupun makan malam saat berbuka puasa. Pastikan tidak meninggalkan barang berharga apapun di koper yang disimpan di bagasi.

Waspada juga jangan terlalu lelap tertidur. Meskipun terpaksa harus tertidur pastikan bahwa tas kamu bisa tetap dalam genggaman sehingga jika sewaktu-waktu ada pencuri kamu masih bisa tetap merasakan pergerakannya.

Baca 12 Tips Mudik Naik Pesawat Anti Jet Lag Agar Nyaman di Perjalanan

9. Siapkan uang kecil

Siapkan uang kecil dari nominal paling kecil hingga nominal paling besar. Jangan menyimpan uang di satu tempat saja. Tapi pisahkan di beberapa tempat yang sekiranya aman dari jangkauan copet. Selain bisa digunakan untuk membeli air minum kemasan, uang kecil juga bisa sebagai antisipasi jika ada pengamen yang tak diundang.

10. Siapkan air minum, camilan dan makanan

Tak ada yang tahu prediksi kemacetan mudik lebaran. Karena kamu menempuh jalur darat, pastikan membawa perbekalan sehingga tidak pelu lagi membeli saat di tengah perjalanan. Utamanya adalah air minum.

Jika berangkat mudik saat bulan Ramadan, camilan terbaik yang paling sederhana namun mengenyangkan dan tidak repot untuk dibawa adalah kurma. Siapkan juga makanan lain seperti roti atau buah-buahan padat seperti jambu biji, apel atau buah lain yang mudah untuk dikonsumsi dalam perjalanan tanpa repot untuk mengupas dan menyajikannya.

shutterstock

11. Jangan lengah saat berada di tempat pemberhentian untuk istirahat

Mudik dengan bus berarti harus berhenti di beberapa tempat peristirahatan seperti pom bensi ataupun rumah makan. Jika ada kesempatan untuk berhenti, pergunakan dengan baik misalnya untuk menyegarkan diri, buang air kecil hingga melakukan peregangan agar tidak terlalu bosan selama berada di dalam bus.

Pastikan tidak meninggalkan barang berharga di dalam bus saat dalam pemberhentian. Pisahkan barang berharga dalam tas tersendiri yang mudah untuk dibawa-bawa.

Baca 7 Tips Rumah Aman saat Ditinggal Lama Mudik Lebaran

12. Mudik dengan Bus? Pastikan berhenti sesuai tujuan

Buat kamu yang mudik dengan bus namun bukan dengan rute tujuan akhir, pastikan kondektur bus tahu di mana kamu harus turun. Jangan sampai kebablasan gara-gara kamu tertidur dan tidak memberi tahu kondektur tujuan akhir kamu. Pasang alarm jika memang diperlukan agar tidak tidur terlalu lelap selama perjalanan mudik 2017.

shutterstock

13. Jangan menerima minuman apapun dari orang tidak dikenal

Modus kejahatan saat mudik makin meningkat dan utamanya para penjahat mengincar orang-orang yang sesuai dengan targetnya. Utamanya adalah kaum wanita. Pastikan tidak menerima minuman apapun dalam bentuk apapun dari orang yang tidak dikenal karena dikhawatirkan merupaka modus pembiusan.

14. Bawa power bank dan siapkan handphone sudah full charge dari rumah

shutterstock

Tidak seperti mudik dengan kereta api yang menyediakan colokan listrik di setiap baris kursi, tidak semua bus menyediakan colokan listrik. Meskipun ada tapi biasanya terbatas. Jadi, pastikan kamu membawa baterai cadangan atau power bank sehingga kamu masih bisa berkomunikasi dengan keluarga saat dalam perjalanan mudik 2017.

Baca Mau Dapat Tiket Lebaran Murah? Lakukan 7 Trik Berikut Ini Ya!

15. Berdoa dan tegur sopir jika ugal-ugalan

Mintalah perlindungan dan pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bisa aman dan selamat hingga tujuan. Jika ada gelagat tidak baik dari supir bus, jangan segan untuk menegurnya. Karena nyawa kamu ada di tangan supir bus. Jika terpaksa, kamu harus berani ambil risiko dengan turun dari bus yang ugal-ugalan daripada kamu mempertaruhkan nyawa.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : LebaranMudikTips

Leave a Response