close

Siap-Siap Macet, Begini 15 Tips Mudik dengan Bus agar Aman dan Selamat di Perjalanan

Shutterstock

Travel Blog ReservasiMudik dengan bus menjadi salah satu alternatif paling rasional setelah kehabisan tiket kereta api. Mudik dengan bus juga kini semakin nyaman karena jalur pantura sudah dibenahi khusus menghadapi mudik lebaran setiap tahunnya.

Agar aman dan selamat hingga sampai tujuan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mudik dengan bus. Berikut ringkasannya seperti dihimpun oleh Reservasi dari berbagai sumber (19/6/2017).

Baca 15 Tips Mudik dengan Kereta Api agar Aman dan Nyaman selama Perjalanan

Inilah 15 Tips Mudik dengan Bus Umum

1. Pesan Tiket Bus Lebih Awal dari PO Bus Kredibel

Reservasi tiket lebih awal saja belum cukup. Kamu harus benar-benar memeriksa PO Bus dengan rekam jejak yang baik. Utamanya dalam melindungi penumpang. Agar selamat dalam perjalanan jangan bertaruh nyawa dengan PO Bus yang menawarkan tiket bus mudik dengan harga miring.

PO Bus kini menjadi sorotan karena terjadiknya beberapa kali tabrakan beruntun di Puncak, Bogor. Pilih PO Bus yang kredibel dan armadanya laik jalan. Meskipun biasanya harga tiket bus lebaran 2017 sedikit lebih malah karena terkena tuslah. Prediksi harga tiket bus lebaran 2017 lebih mahal 10% dari harga normal.

Pastikan pula untuk melakukan riset kecil-kecilan dan bertanya pada komunitas seperti komunitas bus mania yang pastinya mengetahui rekam jejak beberapa PO Bus terpercaya yang akan mengantarkanmu selamat hingga kampung halaman.

2. Bawa Barang Bawaaan Seperlunya

Sebaiknya tidak membawa barang berlebihan. Cukup dua tas saja. Satu koper dan satu tas untuk menyimpan barang berharga. Meskipun tidak ada aturan secara jelas berapa batas maksimal kapasitas yang bisa dibawa dalam bus hendaknya jangan memaksakan diri dengan membawa terlalu banyak bawaan dan tentengan. Terlebih jika kamu membawa keluarga dengan anak-anak atau balita.

3. Gunakan Baju yang menyerap keringat tapi tetap nyaman

Salah satu tantangan lain saat menunggu bus adalah melawan cuaca. Cuaca panas akan membuat kamu kegerahan apalagi jika berada dalam terminal atau pool bus yang tidak dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Sebaiknya gunakan terlebih dahulu pakaian yang nyaman sebagai salah satu cara untuk menyiasati cuaca yang terik di siang hari. Waktu terbaik untuk mudik dengan bus adala pagi hari atau sore hari.

Baca Supaya Perjalanan Lancar dan Menyenangkan, Baca Tips Mudik dengan Lansia Ini Dulu Yuk

4. Bawa baju hangat untuk antisipasi kedinginan di bus

shutterstock

Selain menggunakan baju yang mudah menyerap keringat, kamu juga wajib membawa baju hangat untuk persiapan di dalam bus. Pengingin ruangan di dalam bus bisa saja membuat kamu masuk angin. Tak mau dong saat mudik malah sakit.

5. Bawa obat-obatan pribadi

Mudik dengan bus artinya kamu harus menyiapkan juga obat-obatan pribadi khususnya buat kamu yang masih suka mabuk di jalan. Saat sahur baiknya kamu sudah minim obat anti mabuk jika akan berangkat pada pagi hari. Selain obat anti mabuk kamu juga bisa menyiapkan minyak angin aroma terapi agar baunya tidak seperti balsem atau minyak angin nenek-nenek.

6. Hindari Calo

Agar terhindar dari calo, pasikan kamu membeli di pool bus resmi. Pasalnya calo-calo kini menyasar pemudik yang menggunakan bus. Apalagi sistem pemesanan kereta api kini lebih mutakhir sehingga lebih sulit bagi calo untuk jual beli tiket kereta api.

shutterstock

Jika dipaksa, lawan dan ancam balik untuk dilaporkan kepada petugas keamanan dan pihak kepolisian. Usahakan tidak berangkat sendirian kecuali jika sudah terbiasa berangkat dari terminal. Sekali lagi waspada terhadap calo dengan pakaian resmi karena ongkos bus akan dinaikkan hingga tiga kali lipat.

Beberapa PO Bus bahkan kini sudah bisa melayani pemesanan secara online. Pemesanan tiket online akan menghindari kamu dari jebakan calo tiket bus yang menjerat leher.

Baca 7 Tips Hindari Modus Kejahatan Saat Mudik Lebaran

7. Pilih Agen Bus Terpercaya selain dari Terminal

Jika tidak mau berhadapan langsung dengan calo, pastikan kamu mendatangi pool bus resmi yang menjual langsung tiket bus untuk mudik. Kamu bisa membelinya lebih awal. Keuntungan lain, kamu tidak perlu ke terminal dan cukup menunggu keberangkatan dari pool bus terdekat. Next…

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : LebaranMudikTips
Dzulfikar Alala

The author Dzulfikar Alala

Leave a Response