close

Tips Mudah Memprediksi Keterlambatan Pesawat

people-sign-traveling-blur
Pexels

Travel Blog Reservasi – mendapati kenyataan bahwa pesawat yang akan kita gunakan mengalami keterlambatan memang menjadi suatu hal yang paling menjengkelkan saat hendak traveling. Namun hal itu sebenarnya bisa diprediksi. Kamu bisa memprediksi keterlambatan pesawat dengan beberapa informasi dari aplikasi ataupun situs tertentu.

Salah seorang blogger, Dan Miller, membagikan tipsnya Bagaimana caranya memprediksi keterlambatan pesawat sehingga kamu bisa menghindari membuang waktu di bandara, seperti dilansir dari readersdigest (30/11).

Gunakan Aplikasi dan Situs Pemantau Pesawat

memprediksi keterlambatan pesawat
pexels

Kamu bisa mengecek status pesawat kamu dengan menggunakan tools seperti flightaware.com atau aplikasi GateGuru. Dengan menggunakan data navigasi dari militer dan agen pemerintah serta sinyal radar dari seluruh dunia, FligthAware mampu menentukan lokasi terkini pesawat yang akan kamu gunakan.

Caranya sangat mudah untuk mendeteksi keterlambatan pesawat kamu. Cukup masukkan data dan informasi penerbangan kamu dan klik saja “where is my plane now?” dan situs itu akan menginformasikan jika pesawat kamu sudah berada di landasan atau malah masih berada dalam perjalanan menuju bandara.

Itu bukan satu-satunya lakukan untuk meminimalisasi waktu tunggu di bandara. Meskipun sebenarnya masih banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan saat pesawat mengalami keterlambatan.

Namun, jika kamu memang bukan tipe penunggu. Sebaiknya jangan pernah memilih maskapai penerbangan yang sudah terkenal reputasinya sebagai maskapai yang kerap kali terlambat. Terutama jika kamu memang harus segera berangkat sesuai jadwal. Jadi, pilih maskapai penerbangan yang memang benar-benar tepat waktu agar urusan bisnis atau pekerjaan kamu tidak terhambat gara-gara pesawat terlambat.

Alasan Keterlambatan Pesawat

Keterlambatan bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya kondisi bandara yang sangat penuh sehingga air traffic control harus benar-benar mengatur pesawat yang datang dan pergi. Pekerjaan yang tidak mudah memang apalagi bandara internasional merupakan bandara yang lebih sibuk dibandingkan bandara lainnya.

Selain itu keterlambatan juga bisa disebabkan oleh beberapa hal kecil atau alasan-alasan konyol lainnya. Misalnya seperti British Airways yang pernah mengalami hambatan gara-gara ada seekor tikus di pesawat.

Alasan tersebut mungkin masih bisa dipahami, namun maskapai yang sama, BA malah pernah mengalami keterlambatan gara-gara kehabisan tisu toilet di pesawat terbang sehingga harus menunggu selama kurang lebih 4 jam untuk mendatangkan cadangan tisu baru ke dalam pesawat.

Waktu Terbaik untuk Terbang agar Tidak Terjebak Delay

memprediksi keterlambatan pesawat
pexels

Menurut data yang dikumpulkan oleh Bureau of Transportation Statistics, waktu terbaik untuk terbang adalah antara pukul 06.00 dan 07.00 pagi. Menurut data tersebut rata-rata berangkat pada pagi hari biasanya lebih tepat waktu dibandingkan pesawat yang berangkat di luar jam tersebut.

Meskipun mengalami keterlambatan biasanya tidak lebih dari 20 menit seperti yang dilaporkan FiveTihrtyEight. Keuntungan untuk terbang pada pagi hari selain bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah, kondisi penumpang pun lebih fresh karena baru saja akan memulai melakukan aktivitas.

Tingkat stres pada pagi hari pun lebih rendah dibandingkan tingkat stres pada siang atau malam hari. Tekanan pada siang dan malam hari disebabkan karena penumpang biasanya sudah beraktivitas terlebih dahulu sehingga bisa jadi hal tersebut mempengaruhi kondisi psikis dan psikologis penumpang yang akan berangkat.

Itulah beberapa tips dan trik tentang cara memprediksi keterlambatan pesawat dan trik untuk menghindari keterlambatan pesawat.

Keterlambatan pesawat memang masih menjadi salah satu isu utama dalam dunia penerbangan. Meskipun demikian pengguna pesawat terbang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Bandara sejalan dengan maskapai penerbangan tidak menutup mata dengan isu tersebut. Mereka berkomitmen akan terus berbenah untuk memberikan layanan terbaik bagi para penumpang.

Baca tips menarik lainnya dari Reservasi.com

Tags : appsPesawatTips

Leave a Response