Merayakan Musim Semi di Jepang? Ini Hal yang Wajib Kamu Ketahui

Merayakan Musim Semi di Jepang? Ini Hal yang Wajib Kamu Perhatikan

Travel Destinations240
Merayakan Musim Semi di Jepang? Ini Hal yang Wajib Kamu Perhatikan

Travel Blog Reservasi – Musim semi di Jepang yang akan berlangsung mulai dari bulan Maret hingga akhir Mei nanti. Musim semi di Jepang sangat dinantikan melihat antusiasme warga Jepang, maupun wisatawan mancanegara.

Musim yang paling ditunggu ini benar-benar akan menyajikan pemandangan yang indah dan sangat mempesona sekali. Bunga sakura mulai mekar di daerah yang memiliki iklim hangat, mulai dari Tokyo di Kanto lalu menuju ke daerah Tohoku di bagian Utara dan diteruskan sampai ke Hokkaido.

Waktu yang tepat menyaksikan Bunga Sakura di Jepang

Biasanya ada beberapa tempat yang paling pas dan bisa kamu jadikan spot paling favorit untuk menikmati Bunga Sakura. Kamu bisa datang ke Jepang antara bulan Maret hingga Mei, karena musim semi selalu datang setiap tahunnya.

Musim semi di jepang
Wilayah di Jepang yang memiliki Bunga Sakura ( liburankejepang.com)

10 Lokasi terbaik melihat Bunga Sakura di Jepang

1. Hokkaido

Biasanya Hokkaido terbagi menjadi dua, yakni bagian Utara dan Selatan.

  • Hokkaido bagian Utara (Asakihawa, Obihiro) akan bermunculan Bunga Sakura mulai tanggal 10 Mei 2017
  • Hokkaido bagian Selatan (Sapporo, Hokodate) akan bermunculan Bunga Sakura mulai tanggal 30 April 2017

2. Tohoku

Tohoku, berbeda dengan Hokkaido. Justru Tohoku ini merupakan suatu wilayah yang berada di Timur laut pulau Honshu, Jepang yang terdiri dari enam prefektur, dan beberapa lokasi di Tohoku pun berbeda-beda jika ingin menyaksikan Bunga Sakura.

  • Aomori, Akita, Yamagata mulai sekitar tanggal 20 April 2017
  • Miyagi, Iwate, Fukushima mulai sekitar tanggal 10 April 2017
Musim Semi di Jepang
Nanohana atau Rapeseed di Jepang (Shutterstock)

3. Kanto, Koshin (Chubu)

Merupakan wilayah yang berada di Pulau Honshu, yang terdiri dari enam prefektur. Dari keenam wilayah ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan Bunga Sakura yang mekar dengan sangat cantik sekali.

Wilayah Kanto

  • Gunma, Tochigi, sekitar tanggal 30 Maret 2017
  • Tokyo, Chiba, Ibaraki, Kanagawa, Saitama sekitar tanggal 25 Maret 2017

Wilayah Koshin

  • Nagano, mulai tanggal 10 April 2017
  • Yamanshi, mulai tanggal 30 Maret 2017

4. Tokai (Chubu)

Wilayah Tokai yang berada di Pulau Honshu ini juga memiliki empat prefektur yang akan menyajikan Bunga Sakura selama musim semi ini.

  • Gifu, Bunga sakura akan mulai bermekaran mulai tanggal 30 Maret 2017
  • Aichi, Shuzuoka, dan Mie pun juga akan menyajikan Bunga Sakura yang bermekaran pada musim seni ini mulai tanggal 25 Maret 2017

5. Hokuriku (Chubu)

Merupakan wilayan Hokuriku yang juga masih merupakan bagian dari Chubu Region, tempat ini berada di Pulau Honshu tepatnya berada di area laut Jepang. Sama seperti yang lainnya, Hokuriku ini juga memiliki empat prefektur.

  • Niigata, Bunga Sakura akan mulai bermekaran sekitar tanggal 10 April 2017
  • Ishikawa, Fuku, Toyama, sedangkan di ketiga prefektur ini, mereka akan mulai bermekaran sekitar tanggal 30 Maret 2017
Musim Semi di Jepang
Bunga Sakura Bermekaran pada saat Musim Semi di Jepang (shutterstock)

6. Kinki atau Kansai

Region yang berada di wilayan bagian tengah Barat pulau Honshhu ini juga memiliki enam prefektur yang bisa kamu kunjungi untuk melihat Bunga Sakura nanti.

  • Osaka, Nara, Wakayam, di ketiga prefektur ini para Bunga Sakura akan mulai menampakan kemolekannya mulai dari tanggal 25 Maret 2017
  • Kyoto, Hyogo, Shiga, sedangkan tiga prefektur lainnya, akan muncul sekitar tanggal 30 Maret 2017

7. Chugoku

Masih berada di kawasan Pulau Honshu, lima prefektur yang berada di Chugoku juga akan menampilkan keindahan dari Bunga Sakura pada musim seni di Jepang ini.

  • Hiroshima, Okayama, Shimane, Tottori, dan Yamaguchi ini bisa kamu kunjungi mulai dari tanggal 30 Maret 2017 yang lalu, jika ingin melihat Bunga Sakura yang bermekaran hingga akhir Mei 2017 nanti.

8. Shikoku

Berada di Selatan Pulau Honshu, Shikoku juga akan menyajikan Bunga Sakura yang cantik dan paling dinantikan oleh para warga setempat, maupun wisatawan asing.

Kamu bisa menjumpainya di Ehime, Kagawa, Kouchi, dan Tokushima. Di tempat ini Bunga Sakura sudah menampilkan kecantikannya sejak tanggal 25 Maret 2017 yang lalu

9. Kyushu

Lokasi yang satu ini, paling banyak memiliki bagian yang akan menyajikan Bunga Sakura. Terdiri dari tujuh prefektur, kamu wajib sekali berkunjung ke Kyushu jika sudah berada di Jepang nanti.

  • Fukuoko
  • Kumamoto
  • Nagasaki
  • Oita
  • Saga
  • Kagoshima
  • Miyazaki

Ketujuh prefektur ini sudah memiliki Bunga Sakura yang indah nan menawan sejak tanggal 25 Maret 2017 yang lalu. Kecantikan dari sang Sakura pun bisa dinikmati hingga akhir Mei 2017 nanti. Jangan sampai terlewatkan ya!

10. Okinawa

Lokasi terakhir yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati Bunga Sakura yang bermekaran adalah, Okinawa. Tempat yang sangat terkenal dikalangan para wisatwan, karena iklimnya yang tropis, tempat ini sudah memiliki Bunga Sakura yang bermekaran sejak 14 Januari 2017 yang lalu.

Kegiatan Apa Saja yang Bisa dilakukan Pada Saat Musim Semi di Jepang?

Musim Semi di Jepang
Nanohana atau Rapeseed di Jepang (Shutterstock)

Salah satu kegiatan wajib yang tak boleh terlewatkan ketika Musim Semi datang ialah menyaksikan Hanami, atau yang bisa disebut juga dengan saat Bunga Sakura sedang mekar-mekarnya. Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan dari  rapeseed atau nama lainnya adalah Nanohana, bunga yang menandakan awal musim semi di Jepang, tanaman ini tumbuh subur di dataran tinggi. Ladang bunga yang membentang luas ini selalu dinantikan oleh para wisatawan.

Dengan keindahan dari hamparan bunga Nanohana yang berada di Taman Awaji Hanasajiki ini, ternyata bisa dinikmati secara gratis oleh para wisatawan. Sealin itu, wisatawan juga bisa berfoto dan piknik di lokasi sekitar. Seru sekali bukan?!

Menikmati Kuliner Jepang Pada saat Musim Semi Tiba

Biasanya para warga setempat, maupun wisatawan yang berdatangan dari luar kota Jepang, akan menyantap sansei, atau sayuran segar yang langsung berasal dari pegunungan. Sayuran ini sangat dicari, karena hanya bisa ditemui pada saat Musim Semi di Jepang. Biasanya, mereka akan menikmatinya dengan cara dimasak tempura. Hmm, sungguh nikmat sekali tampilannya.

Selain menyantap Sansei, biasanya para wisatawan juga banyak mencari kuliner rebung Jepang. Biasanya makanan khas yang satu ini, akan disajikan dengan cara direbus setengah matang atau dikukus bersama nasi, dan diolah menjadi takikomi gohan.

Hal lainnya, yang tak boleh terlewatkan pada saat Musim Semi di Jepang adalah, dengan mengabadikan momen kamu untuk berfoto bersama bunga-bunga yang bermekaran yang cantik nan menawan. Hal ini tentunya sangat dinantikan dan tidak boleh terlewatkan.

Menyaksikan Perayaan Kelahiran Buddha

Pada tanggal 8 April mendatang, biasanya pada saat musim semi di Jepang, Senso-ji yang merupakan salah satu kuil paling terkenal di Asakusa di Jepang ini akan merayakan hari lahir Budha dengan mengadakan festival Hana Matsuri.

Biasanya anak-anak disana akan turut serta dalam festival yang tak boleh terlewatkan ini. Para wisatawan juga bisa mengikuti perayaan acara tersebut. Hal menarik dari festival ini adalah, kegiatan menarik patung kertas yang berbentuk gajah maupun simbol-simbol Buddha kuno yang berada di sekitar kuil. Sehabis melangsungkan perayaan kelahiran Buddha, para peserta akan diberikan Teh Hidrangea, yang merupakan simbol musim semi dan akan dibagikan secara gratis.

Mencari Kerang

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan ketika sedang musim semi di Jepang adalah, dengan menggali maupun mencari kerang. Biasanya para warga Jepang maupun wisatawan akan pergi menuju ke Pantai Odaiba Kaihin-koen yang berada di Tokyo.

Biasanya para pengunjung tidak lupa untuk membawa ember dan memakai sepatu boots dan berbondong-bondong untuk menggali kerang. Tak hanya untuk sebagai hiburan belaka, biasanya kerang ini akan disajikan untuk memperlezat hidangan misosoup yang bisa kamu nikmati sepanjang musim semi, biasanya tradisi ini akan berlangsung mulai dari bulan Mei.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu kan, jika ingin berkunjung ke Jepang pada musim semi nanti. Selamat berlibur!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

2 thoughts on “Merayakan Musim Semi di Jepang? Ini Hal yang Wajib Kamu Perhatikan

  1. Hi Mba Narisha,

    Please advice dong, budget yang harus kita siapkan kalau mau backpacker ke Jepang. Baik penginapan, biaya transport, etc.

    Blogger Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *