Supaya Tetap Sehat Selama Ramadhan, Coba Tips Ini Yuk! - Reservasi Travel Blog

Supaya Tetap Sehat Selama Ramadhan, Coba Tips Ini Yuk!

Travel Tips18
Supaya Tetap Sehat Selama Ramadhan, Coba Tips Ini Yuk! Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Selama bulan puasa, tubuh kita tidak mendapat asupan makanan dan minuman yang cukup karena kita tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi apapun selama 14 jam. Agar tubuh tetap kuat, kita perlu memperhatikan makanan saat sahur maupun berbuka puasa dan tentunya dibarengi dengan tidur yang cukup supaya kita tetap merasa segar pada keesokan harinya. Agar kamu dapat menjalani masa puasa selama 30 hari penuh tanpa sakit, berikut tips menjaga kesehatan selama Ramadan menurut Reservasi.com.

Baca Ramadan Seru, Yuk Datang ke 7 Tempat Bukber Hits di Yogyakarta Ini

1. Jangan Melewatkan Saat Sahur

Tips menjaga kesehatan selama Ramadan yang pertama adalah sahur. Sahur jadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berpuasa. Tidak hanya enak, menu sahur yang dihidangkan harus memiliki asupan gizi yang cukup, seperti karbohidrat, protein, dan serat. Dengan gizi yang cukup, tubuh mampu menahan rasa lapar selama berjam-jam sehingga kamu tidak jatuh pingsan di siang atau sore hari sebelum waktu berbuka tiba.

2. Mengurangi Porsi Makanan Manis

Mengonsumsi makan-makanan manis selama Bulan Ramadan sangat baik untuk mengembalikan energi yang sudah hilang. Akan tetapi, konsumsi yang terlalu berlebihan dapat membahayakan tubuh. Selain memicu terjadinya obesitas, makanan yang terlalu manis juga akan membuatmu mudah mengantuk. Sehingga kamu jadi kurang produktif saat bekerja.

25 Hidangan Berbuka Khas Seluruh Dunia
Shutterstock

3. Mengendalikan Porsi Makan

Saat waktu berbuka tiba, ingin rasanya menyantap semua makanan yang ada di meja. Tapi, hal ini sebaiknya tidak kamu lakukan ya! Terlalu banyak makan akan membuat dirimu merasa sesak, lambungmu pun akan terkejut batin karena tiba-tiba dimasuki makanan yang sangat banyak. Oleh sebab itu, kendalikan porsi makan. Mulailah dengan minum air putih dan makan menu pembuka lebih dulu. Setelah itu, lanjutkan ke menu utama atau main course.

4. Banyak Minum Air Putih

Tips menjaga kesehatan selama Ramadan selanjutnya adalah banyak minum air putih. Sebelum makan, alangkah baiknya jika kamu minum air putih lebih dulu untuk membasahi kerongkongan yang sudah kering selama 14 jam. Jumlah air putih yang dikonsumsi tetap sama seperti biasa yaitu 2 liter atau 8 gelas air, sesuai dengan jumlah minimal yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

tutorial hijab
shutterstock

5. Istirahat yang Cukup

Setelah seharian bekerja, tubuh perlu beristirahat untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras selama satu hari. Selama bulan Ramadan, waktu tidurmu mungkin akan sedikit terganggu karena kamu harus bangun pagi saat sahur tiba. Supaya bisa bangun pagi, tidurlah lebih cepat dari jam biasanya. Dengan begini, kamu jadi punya banyak waktu untuk mempersiapkan menu sahur yang lezat untuk diri sendiri maupun anggota keluarga.

6. Olahraga Secara Rutin

Tips menjaga kesehatan selama Ramadan yang tidak boleh ketinggalan adalah olahraga. Meski sedang berpuasa sekalipun, kamu tetap harus membiasakan diri untuk berolahraga agar tubuh menjadi sehat. Dengan berolahraga, kamu pun jadi lebih semangat untuk menjalani hari-hari. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup jalan santai atau senam ringan saja supaya tubuh dan pikiran lebih fresh.

7. Hindari Pekerjaan Berat

Energi yang kita miliki selama bulan puasa tidak sama kalau dibandingkan dengan hari biasa. Agar stamina tetap terjaga, hindarilah pekerjaan berat yang menguras banyak tenaga dan pikiran. Kalau semisal tenaga habis, kamu harus mengisinya kembali supaya bisa melanjutkan pekerjaan yang tersisa. Kalau kamu mengisi tenaga saat jam buka puasa belum tiba, puasamu otomatis batal dong!

Ada banyak hal yang harus kita perhatikan selama bulan puasa tiba. Agar puasa berjalan lancar, lakukan lah tips menjaga kesehatan selama Ramadan yang sudah kami jelaskan di atas. Dengan tubuh yang sehat, kamu pun dapat menjalankan puasa selama 30 hari penuh tanpa bolong-bolong.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *