Tips Menjaga Kecantikan Kulit Agar Tetap Fresh dan Lembab Saat Puasa

Tips Menjaga Kecantikan Kulit Agar Tetap Fresh dan Lembab Saat Puasa

Travel Tips115
Tips Menjaga Kecantikan Kulit Agar Tetap Fresh dan Lembab Saat Puasa shutterstock

Travel Blog Reservasi – Masalah kulit kering sering terjadi akibat tubuh kekurangan asupan makanan dan minuman. Apalagi di bulan puasa seperti sekarang. Kalau tidak dijaga dengan baik, tingkat kekeringan kulit akan semakin parah yang akhirnya dapat membuat kulit pecah-pecah.

Agar masalah kulit kering tidak berlanjut dari Ramadan sampai Lebaran nanti, lakukan beberapa tips menjaga kecantikan kulit selama puasa di bawah ini, seperti yang dirangkum oleh Reservasi.com.

Baca Para Pendaki Cantik Ini Kerap Menaklukkan Gunung

1. Penuhi Kebutuhan Air dalam Tubuh

Mengonsumsi 2 liter air putih sangat dianjurkan demi kesehatan dan kelancaran kinerja sistem di dalam tubuh, apalagi di bulan puasa seperti sekarang. Tubuh yang kekurangan cairan akan otomatis mempengaruhi tingkat kecantikan kulit kamu.

Sebelum menjalankan puasa selama 14 jam, konsumsi setidaknya 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas lagi sebelum kamu tidur. Dengan trik ini, kulitmu dijamin tetap sehat walaupun sedang berpuasa.

2. Santap Buah-Buahan dan Sayur-Mayur

Buat kamu yang ingin menjaga kesehatan dan kelembaban kulit, perbanyak konsumsi buah dan sayur selama bulan puasa. Kandungan vitamin, fosfor, magnesium, dan zat lain yang terdapat pada buah dan sayur sangat baik untuk kulitmu. Pastikan buah dan sayur selalu tersedia di meja makan supaya kamu bisa menyantapnya saat sahur dan berbuka nanti.

sehat selama ramadan
Shutterstock

3. Pakai Moisturizer Saat Hendak Bepergian

Sebelum beraktivitas, oleskan moisturizer ke seluruh permukaan kulit agar kulitmu tidak kering. Moisturizer berguna untuk menyerap dan menahan kandungan air di dalam kulit, sehingga kulitmu tampak lembab setiap saat. Gunakan moisturizer yang sesuai dengan tipe kulitmu di pagi hari maupun siang hari.

4. Jangan Lupa Pakai Tabir Surya

Memakai moisturizer saja ternyata tidak cukup untuk menjaga kecantikan kulit selama puasa. Kamu perlu menambahkan tabir surya setiap kali ingin beraktivitas di luar ruangan. Pilih tabir surya yang mengandung SPF 25 atau lebih. Semakin tinggi tingkat SPF, kesehatan kulit akan tetap terjaga walau terkena paparan sinar matahari langsung.

5. Hindari Mandi Air Panas atau Hangat

Mandi air panas atau air hangat ternyata lebih ampuh untuk mengangkat bakteri dan kuman yang menempel di kulit, sehingga kulit tampak bersih dan sehat.

Tapi, mandi dengan air panas atau hangat akan menguras kandungan lemak pada lapisan epidermis kulit yang akan membuat kulitmu terlihat kering dan kusam. Selama bulan puasa, usahakan mandi dengan air dingin. Kalau perlu, rutinlah luluran atau scrubbing untuk mengangkat sisa kotoran dan bakteri yang menempel.

ngabuburit seru
shutterstock

6. Mencuci Wajah Secara Rutin

Jika selama ini kamu suka bermalas-malasan untuk cuci muka di pagi maupun malam hari, kebiasaan ini sebaiknya dihilangkan khususnya selama bulan puasa.

Malas mencuci muka akan menimbulkan masalah pada kulit, termasuk kulit kering. Untuk itu, cucilah wajah secara rutin minimal 2 kali sehari untuk mengangkat sisa kotoran dan menjaga kecantikan kulit. Alhasil, kulitmu akan tampak lebih fresh dan lembab saat lebaran tiba.

7. Minum Suplemen atau Vitamin untuk Kesehatan Kulit

Menjaga kecantikan kulit dari luar dan dalam itu perlu. Selain mengonsumsi air putih, buah, dan sayur untuk menjaga kecantikan kulit dari dalam, kamu juga perlu mengonsumsi suplemen atau vitamin yang diperuntukkan khusus untuk kecantikan kulit.

Selain membuat kulit tampak sehat, mengonsumsi vitamin kulit juga akan membuat kulit lebih halus dan lembut. Suplemen atau vitamin ini bisa kamu beli di apotek atau di klinik kecantikan.

Menjaga kecantikan kulit itu tidak sulit kan? Cukup dengan cara-cara sederhana seperti yang sudah Reservasi.com jelaskan di atas, kulitmu akan tetap cantik dan sehat selalu. Selamat mencoba!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *