close

Tips Membuat Video Timelapse di Gunung Bromo

bromo-diary-foto-star-trail-and-timelapse-39

Travel Blog ReservasiTimelapse fotografi dan timelapse videografi sudah bukan menjadi barang baru lagi dalam dunia travelling. Beberapa traveller kerap mengabadikan foto atau video timelapsenya di halaman sosial media. Begitu juga dengan salah satu traveler yang mau membagikan tipsnya pada pembaca Travel Blog Reservasi.

Fungsi timelapse sebetulnya sederhana, misalnya bagaimana agar proses terbitnya matahari bisa direkam dengan jelas. Intervalnya bisa kita tentukan sendiri. Misalnya setiap 1 menit, 2 menit dan seterusnya. Timelapse sangat berguna untuk mengamati proses fenomena alam seperti matahari terbit, matahari terbenam, pergerakan awan hingga perjalanan menuju sebuah destinasi wisata selama berjam-jam hingga akhirnya hanya bisa ditonton dalam 1 menit dengan menggunakan teknik timelapse. Nah, daripada ribet memahami definisi timelapse, lebih baik lihat saja hasilnya seperti jepretan dan rekaman video karya seorang traveler, Deta Widyananda.

Deta akan memberikan tips dan trik bagaimana membuat foto dan video timelapse yang langsung diambil dari Gunung Bromo. Hasilnya bisa kalian lihat sendiri dibawah ini. Perlengkapan yang Deta gunakan terbilang tidak terlalu banyak. Hanya kamera, tripod agar gambar tidak blur karena getaran, dan yang utama adalah kesabaran. Iya, bikin video timelapse seperti ini butuh ekstra kesabaran yang tinggi. Jadi, para pembuat video timelapse sudah pasti punya tingkat kesabaran yang tinggi ya.

Yuk kita simak apa saja sih tips dari Deta Widyananda dalam membuat maha karyanya.

Kenali kondisi lapangan agar hasilnya lebih maksimal

bromo-diary-foto-star-trail-and-timelapse-13

Tentukan POV atau Point Of View agar frame konsisten

bromo-diary-foto-star-trail-and-timelapse-36

Pastikan kalian mengetahui waktu terbaik untuk mengambil proses gambar timelapse

bromo-diary-foto-star-trail-and-timelapse-37

Jika ingin merekam di tempat yang berbeda, tentukan jadwalnya kapan saja

bromo-diary-foto-star-trail-and-timelapse-39

Menentukan interval gambar sesuai dengan kondisi lapangan sangat penting dalam proses pengambilan gambar timelapse

bromo-diary-foto-star-trail-and-timelapse-38

Berikut video timelapse yang mengagumkan

Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk membuat timelapse seperti Deta? Jangan khawatir jika tidak memiliki kamera mumpuni, karena beberapa smartphone dan action cam sudah dilengkapi dengan fitur interval shoot. Coba ulik lagi deh gawai kalian untuk menciptakan foto dan video yang lebih kreatif lagi.

Sumber gambar


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BromoFotografiGunungvideo

Leave a Response