10 Tips Mengurus Paspor Anak Sendiri Tanpa Calo - Reservasi Travel Blog

10 Tips Mengurus Paspor Anak Sendiri Tanpa Calo

Travel Tips362
10 Tips Mengurus Paspor Anak Sendiri Tanpa Calo shutterstock

Travel Blog Reservasi – Membuat paspor anak sendiri tanpa calo memang kadang menjadi salah satu yang menakutkan bagi beberapa orang tua.

Padahal mengurus paspor anak sendiri tidak terlalu sulit. Prosesnya juga tidak jauh berbeda dengan cara mengurus paspor untuk orang dewasa. Perbedaannya, anak harus ditemani oleh salah satu orang tua.

Baca Perhatikan 5 Syarat Wajib Pengajuan Paspor Baru

Nah, sebelum mengurus paspor anak tanpa calo, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan berikut ini.

1. Siapkan semua dokumen dengan lengkap

Pastikan untuk membawa semua dokumen tanpa tertinggal satupun. Siapkan semua fotokopi dokumen dari rumah dengan menggunakan kertas ukuran A4 termasuk KTP dan buku nikah. Buku nikah wajib difotokopi seluruhnya dari halaman pertama sampai halaman terakhir jangan sampai ada yang terlewat. Untuk lengkapnya syarat pembuatan paspor anak bisa cek di halaman ini.

2. Dapatkan nomor antrean secara online

Manfaatkan teknologi dengan mendapatkan nomor antrean secara online. Kamu bisa mendapatkan dengan menggunakan aplikasi antrian online yang bisa diunduh menggunakan ponsel Android dari Play Store. Selain itu juga bisa mendapatkan nomor antrean dari sistem Whatsapp kantor Imigrasi yang dituju. Ingat bahwa nomor Whatsapp kantor Imigrasi yang dituju berbeda jadi tidak satu nomor untuk nasional. Selain kedua jalur tersebut, kamu juga bisa mendapatkan nomor antrean dari website imigrasi yang bisa diakses secara nasional.

3. Datang 1 jam sebelum jadwal yang ditentukan

Pastikan untuk datang 60 menit sebelum jadwal yang sudah ditetapkan. Jika di jadwal pukul 09.00 WIB. Sebaiknya datang dan sudah siap berada di kantor Imigrasi pada pukul 08.00 WIB.

Paspor Emergency Service
shutterstock

4. Informasikan kepada petugas bahwa Anda membawa anak-anak

Saat datang ke kantor Imigrasi, silakan langsung untuk menuju konter antrean atau penerima. Di konter ini kamu akan mendapatkan formulir yang wajib diisi. Jangan lupa membawa pulpen sendiri. Gunakan pulpen dengan tinta warna hitam. Informasikan juga bahwa kamu membawa anak-anak yang hendak membuat paspor. Di beberapa kantor Imigrasi anak-anak, lansia, ibu hamil dan difabel mendapatkan prioritas pelayanan.

5. Bawa camilan dan juga minum

Karena membawa anak-anak, pastikan untuk membawa camilan dan minum sendiri meskipun kadang-kadang Imigrasi memiliki kantin yang menjual aneka makanan. Agar lebih efisien dan tidak repot saat berada di lokasi, lebih baik membawa makanan sendiri sehingga ketika anak-anak lapar tidak perlu ke luar kantor Imigrasi. Dikhawatirkan pada saat dipanggil justru nomor kamu terlewati.

6. Bawa mainan atau hiburan buat anak selama menunggu

Untuk mengusir rasa bosan, temani anak-anak dengan bermain atau memberikan hiburan. Meskipun orang tua kadang kerap memberikan gadget pada anak, ada baiknya momen menunggu seperti ini digunakan dengan bermain bersama dengan mainan yang sederhana.

7. Gunakan pakaian yang rapi dan bersepatu

Pastikan anak-anak menggunakan pakaian yang rapi. Untuk anak laki-laki, gunakan pakaian berkerah atau kemeja. Sedangkan untuk anak perempuan bisa menggunakan dress asal bukan kaus. Selain itu agar lebih rapi dan menghormati petugas, gunakan sepatu.

8. Pilih jadwal pada pagi hari

Pilih jadwal pembuatan paspor anak pada pagi hari agar udara tidak terlalu panas dan tidak mengganggu waktu tidur siang anak.

Baca Mau Mengurus Paspor Beda Domisili? Perhatikan Syarat Ini!

9. Anak bisa ditemani oleh salah satu orang tua

Saat pengurusan paspor dan wawancara, anak bisa ditemani salah satu orang tua. Jadi, tidak perlu kedua orang tuanya datang. Saat pengambilan paspor bisa diwakilkan oleh orang lain dengan surat kuasa.

syarat pembuatan paspor anak 2018
shutterstock

10. Pastikan anak bisa menjawab wawancara dengan baik dan tenang

Pada saat wawancara, biarkan anak menjawab sendiri pertanyaan dari petugas. Sebelum membuat paspor, informasikan kepada anak tujuan negara yang akan dikunjungi sehingga anak-anak bisa menjawab pertanyaan petugas. Petugas biasanya menanyakan tujuan negara jika anak-anak sudah bisa diajak berkomunikasi.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *