5 Tips Anti Gemuk Santap Makanan Berlemak Saat Hari Raya

Makan Makanan Berlemak Saat Lebaran? Jangan Takut Gemuk, Ini Tipsnya!

Travel Tips77
Makan Makanan Berlemak Saat Lebaran? Jangan Takut Gemuk, Ini Tipsnya!

Travel Blog Reservasi – Hari raya memang identik dengan berbagai tradisinya seperti mudik, silaturahmi ke rumah kerabat, bagi-bagi THR, hingga tradisi kuliner khasnya yang wajib tersedia di atas meja. Tak terkecuali saat lebaran kurban yang pasti banyak tersaji makanan berlemak nan menggugah selera.

Untuk tradisi yang terakhir ini bisa dikatakan merupakan yang paling menjadi trademark dari hari raya Lebaran. Ketupat, opor ayam, ayam goreng, daging semur, sambal goreng ati, hingga kue-kue kering, merupakan beberapa menu yang tak boleh ketinggalan dalam perayaan Lebaran.

Baca juga: 20 Makanan yang akan Membuat Kalian Menangis Bahagia Saat Memakannya

Menu khas Lebaran paling enak jika disantap bersama-sama dengan keluarga dan teman-teman. Rasa makanan yang enak dan hangatnya kebersamaan inilah yang tidak terlupakan saat Lebaran. Nah, karena terlena dengan suasana yang demikian kadang-kadang kita bisa jadi ‘kalap’ dan melahap makanan apa pun yang ada di depan mata.

Baca juga: 5 Makanan paling Berbahaya, Begini Dampaknya Jika Dimakan

Khususnya bagi kaum hawa, hal itu tentunya bukan kabar baik dan akan menjadi ‘penyesalan’. Pasalnya, makan-makanan berlemak dalam porsi berlebihan berpotensi untuk membuat tubuh menjadi gemuk. Namun, tak perlu khawatir, kalian masih bisa tetap makan makanan enak plus berlemak selama lebaran tanpa gemuk dan tetap sehat. Begini tipsnya!

1. Konsumsi air putih dan buah terlebih dahulu sebelum makan

konsumsi-air-putih

Sebelum mulai makan, disarankan untuk meminum air putih sekitar satu sampai dua gelas terlebih dahulu. Pasalnya, air putih dan juga buah dapat menjaga sekaligus menahan keinginan tubuh untuk makan secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat dari buah serta cairan sehingga perut sudah sedikit terisi.

2. Usahakan makan tetap teratur pada jadwalnya

makan-teratur

Hindar sifat aji mumpung saat makan. Biasanya, saat Lebaran, kita berkunjung ke rumah beberapa kerabat. Nah, tak ketinggalan juga biasanya kita akan disuguhkan berbagai macam kue kering dan ketupat serta lauk-pauknya. Hindari makan semua menu yang disuguhkan. Untuk menghormati tuan rumah, mencicipi dua sampai tiga potong kue kering tentu akan menyenangkan. Usahakan mengatur jadwal makan pada saat Lebaran seperti hari-hari biasanya yaitu pagi, siang, cemilan sore, dan makan malam. Jangan sampai makan siang tiga kali dalam sehari, ya guys!

3. Jangan mengambil porsi makan terlalu besar

makan

Selain mengatur jadwal makan, pastikan juga porsi makan yang kalian ambil saat Lebaran tidak terlalu banyak. Biasanya, banyak menu menggoda bermunculan saat Lebaran. Sebut saja rendang, opor ayam, semur, ayam goreng dan lain sebagainya. Sebaiknya jangan mengambil semua lauk-pauk dalam satu  piring untuk satu kali makan sekaligus. Jika memang benar-benar tergoda dengan menunya, berilah jeda untuk memakan menu yang satu dengan menu  yang lain. Dengan begitu, kalian telah memberi tubuh waktu untuk mencerna makanan sebelumnya terlebih dahulu. Kalian juga tidak akan menjadi kekenyangan.

4. Pastikan komponen makanan seimbang

makanan-seimbang

Saat Lebaran, semua menu makanan biasanya pedas, berlemak, dan bersantan. Tak jarang bahkan tidak ada menu sayur dan buah-buahan yang penting sebagai penyeimbang kadar lemak dan kolesterol di dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan komponen makanan yang kalian makan seimbang mulai dari karbohidrat, serat, protein, lemak, hingga vitamin. Hindari makan daging terlalu banyak dan yang terpenting adalah pastikan kalian mengonsumsi sayur dan buah-buahan segar.

5. Konsumsi buah nanas dan apel

konsumsi-buah

Nanas dan apel adalah buah yang dianjurkan untuk dimakan sebelum dan sesudah makan. Buah nanas lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum makan. Pasalnya, buah nanas kaya akan serat sehingga dapat membuat perut lebih cepat kenyang. Sementara buah apel lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah makan. Buah apel berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh dari segala asupan yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi apel setelah makan dapat membantu tubuh dalam membuang racun termasuk lemak jahat.

Sumber: Fimela | detikhealth | Newhealthguide

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *