Tips Liburan Menyenangkan Walau Sedang Berpuasa - Reservasi Travel Blog

Tips Liburan Menyenangkan Walau Sedang Berpuasa

Travel Inspirations60
Tips Liburan Menyenangkan Walau Sedang Berpuasa shutterstock

Travel Blog Reservasi – Liburan saat sedang puasa tampaknya kurang efektif karena tenaga yang dimiliki otomatis terkuras, sehingga tubuh perlu diberi makan dan minum untuk mengembalikan tenaga yang sempat hilang. Kalau begini caranya, puasa otomatis batal dong?

Tentu saja iya, tapi jangan panik dulu. Kamu yang lagi puasa tetap bisa merasakan indahnya liburan kok walau sedang berpuasa sekalipun. Gimana caranya? Ikuti tips liburan saat puasa ala Reservasi.com berikut ini.

Baca 5 Alasan Traveling saat Bulan Puasa Ramadan lebih Menguntungkan

1. Sahur Tepat Waktu

Manfaatkan sahur untuk mengisi amunisi sebelum kembali mengunjungi destinasi wisata di kota atau negara yang lagi kamu kunjungi sekarang. Bangun lah lebih awal supaya kamu punya waktu lebih banyak untuk menyantap menu sahur.

Bangun lebih awal juga membuatmu lebih produktif. Kamu bisa menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan liburan secara lebih detail. Selain itu, kamu juga bisa berolahraga sejenak agar tubuh lebih bugar.

2. Kurangi Bepergian di Siang Bolong

Beraktivitas di siang bolong akan membuat tenagamu cepat habis, tubuh pun jadi tidak bertenaga sehingga schedule yang sudah kamu persiapkan bakal gagal total. Kalau kamu ingin mengunjungi tempat wisata menarik, pergilah sebelum matahari membakar kulitmu, misalnya jam 10 pagi.

3. Kunjungi Tempat Wisata di dalam Ruangan

Kalau kamu ingin benar-benar mengeksplorasi tempat-tempat wisata menarik di siang hari, pergilah ke tempat wisata di dalam ruangan. Misalnya museum, perpustakaan bersejarah atau masjid, sehingga tenagamu tidak terkuras habis.

Jika kamu merasa kelelahan, beristirahatlah sejenak di sela-sela aktivitasmu saat liburan. Dengan begini, stamina tubuhmu akan tetap terjaga, kamu pun bisa berpuasa penuh selama 14 jam.

4. Bawa Perlengkapan Ibadah

Meski sedang asyik-asyiknya liburan, jangan sampai lupa beribadah ya apalagi di momen suci ramadhan seperti sekarang.

Bawalah perlengkapan ibadah kemanapun kamu pergi. Saat waktu ibadah tiba, kamu bisa beribadah tepat pada waktunya. Supaya tidak terlalu menyusahkan diri sendiri, bawa perlengkapan ibadah yang mini size saja, misalnya Al-Qur’an mini yang bisa kamu selipkan di saku dan lainnya.

5. Kurangi Jumlah Barang Bawaan

Tips liburan saat puasa yang tidak kalah pentingnya adalah bawalah barang bawaan sesuai kebutuhan agar kamu bisa bergerak leluasa kesana-kemari tanpa dibebani oleh barang-barang tersebut.

Buat kamu yang hobi fotografi, lebih baik bawa kamera mirrorless yang ukurannya lebih kecil dan lebih ringan daripada kamera DSLR. Begitu juga dengan barang lain, seperti kosmetik, power bank, dan lain-lain supaya lebih diminimalkan agar liburanmu semakin menyenangkan.

liburan saat puasa
Anna Schlosser/shutterstock

6. Konsumsi Makanan Bergizi

Selama liburan berlangsung, penuhi kadar gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tubuhmu tetap kuat menjelajahi tempat wisata yang ingin dikunjungi nanti.

Kalau perlu, konsumsi vitamin C atau vitamin bersuplemen lainnya untuk menjaga kebugaran tubuh. Jangan lupa membaca doa terlebih dahulu sebelum melangkahkan kaki ke luar hotel atau penginapan agar kamu tetap diberkati oleh Sang Pencipta selama liburan.

7. Istirahat yang Cukup

Last but not least, tips liburan saat puasa berikutnya adalah istirahat yang cukup. Meskipun sedang berada dalam situasi liburan, bukan berarti kamu bisa berkelana sepuasnya ya.

Jaga stamina tubuhmu dengan istirahat yang cukup. Berhubung karena lagi puasa, waktu tidurmu pun tidak mungkin 7 – 8 jam sekaligus. Tapi kamu bisa mengakali jumlah ini dengan tidur selama 2 – 3 jam di siang hari. Sedangkan di malam harinya, kamu bisa tidur selama 4 – 6 jam. Dengan demikian, waktu tidurmu tetap terjaga dengan baik.

8. Jaga Tingkat Emosional

Tips liburan saat puasa terakhir adalah menjaga tingkat emosi selama liburan. Ada banyak hal yang mungkin membuatmu emosi selama liburan berlangsung, entah itu dari keluarga atau orang yang tidak kamu kenal.

Agar amal ibadah puasamu tidak berkurang, usahakan untuk lebih sabar. Ketika kamu menjumpai hal-hal yang tidak mengenakkan, lebih baik diam daripada marah-marah. Ingatlah kalau kamu sedang berpuasa supaya amarah tersebut bisa diredam.

Demikian ulasan tips liburan saat puasa yang bisa Reservasi.com berikan. Semoga dengan tips di atas, suasana liburanmu tetap menyenangkan walau ada banyak tantangan yang seringkali hampir membatalkan puasamu.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *