Ingin Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi Bersama Anak? Ketahui Ini Dulu

12 Tips Traveling Bersama Anak Kecil Menggunakan Mobil Pribadi

Travel Tips190
12 Tips Traveling Bersama Anak Kecil Menggunakan Mobil Pribadi

Travel Blog Reservasi – Libur telah tiba dan saatnya semua keluarga berwisata bersama anak-anak. Untuk tujuan jarak dekat, akan sangat mudah dijangkau hanya dengan menggunakan mobil pribadi saja. Namun, berpergian bersama anak-anak tentulah harus banyak yang perlu dipersiapkan agar segalanya lebih mudah dan nyaman.

Yang paling penting saat traveling bersama anak-anak adalah bagaimana caranya kalian memastikan mereka merasa terhibur selama diperjalanan dan tidak kelaparan. Sekali saja mereka bosan dan kelaparan, akan semakin banyak ulah yang diperbuat oleh anak-anak didalam mobil yang nantinya bisa menganggu konsentrasi supir atau pengemudi.

(Baca Juga Tips Liburan Bersama Anak Kecil)

Berikut Travel Blog Reservasi berikan rangkumannya tentang 12 tips traveling bersama anak-anak menggunakan mobil pribadi.

  1. Apapun jenis mobil yang anda gunakan sebaiknya anak-anak duduk di kursi baris kedua demi keselamatan. Jangan pernah membiarkan anak-anak duduk di baris depan saat traveling jarak jauh. Pasalnya saat mereka bosan, akan dengan cepat mereka menganggu konsentrasi pengemudi. Disamping itu di beberapa negara seperti Eropa dan Amerika, anak-anak pada umur tertentu wajib menggunakan car seat dan harus berada di baris kedua.
  2. Anak-anak membutuhkan ruang gerak yang cukup meskipun dalam perjalanan. Mobil tipe sedan memang sangat tidak disarankan digunakan untuk traveling jarak jauh. Selain memiliki head room yang rendah, anak-anak juga tidak bisa bebas bergerak. Mobil MPV akan sangat nyaman untuk anak-anak karena memiliki head room yang tinggi dan leg room yang lega terutama di baris kedua.
  3. Pastikan semua barang-barang bawaan dikemas dan ditempatkan di bagasi dengan aman dan nyaman sehingga tidak membatasi ruang gerak anak-anak saat berada di kabin mobil. Beberapa sela seperti kolong kursi baris kedua dan baris ketiga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang. Hindari menumpuk barang di samping kursi bersamaan dengan anak-anak. Selain beresiko melukai anak-anak juga akan membuat mereka tidak nyaman selama perjalanan.
  4. Sediakan plastik tempat sampah dan plastik untuk kantung muntah jika sewaktu-waktu anak-anak mabuk dalam perjalanan. Pastikan kantung plastik ditempatkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau misalnya di samping pintu atau dibelakang kursi pengemudi yang memiliki kantong.
  5. Bawa barang-barang penting yang dibutuhkan anak-anak seperti tissue, tissue basah, botol minum mereka, botol air refill, pensil warna atau crayon warna serta kartu permainan agar mereka tidak bosan selama perjalanan.
  6. Perbanyak koleksi dan referensi games-games yang bisa dimainkan saat dalam perjalanan. Misalnya juga mengoleksi lagu-lagu anak-anak agar mereka juga nyaman saat perjalanan.
  7. Untuk melindungi mereka dari sinar matahari, tidak ada salahnya mobil anda dilengkapi dengan tirai khusus mobil. Tirai ini sangat penting agar anak-anak tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Hindari menggunakan kain yang diselipkan di kaca mobil. Selain berbahaya juga terlihat kurang estetis.
  8. Pastikan jendela belakang terkontrol dari kemudi depan. Kalian bisa mengaktifkan child lock baik untuk jendela maupun pintu belakang agar tidak mudah dibuka dan dimainkan oleh anak-anak. Pastikan semua beroperasi dengan sempurna sebelum berangkat traveling.
  9. Jika mobil kalian sudah dilengkapi dengan fasilitas DVD, tentu saja hal ini akan sangat membantu. Ketika anak-anak sudah bosan dengan games, permainan dan nyanyian tidak ada salahnya memutarkan film-film favorit mereka seperti Big Hero 6, Frozen, The Good Dinosaur dan lain-lain.
  10. Jika anda melengkapi mereka dengan tablet, pastikan tablet sudah dalam kondisi full charged. Namun penggunaan tablet perlu dibatasi. Pasangan kalian bisa memanfaatkan perjalanan yang panjang untuk lebih banyak berinteraksi dengan anak-anak dengan beragam aktivitas seperti bercerita, bertanya, ngobrol dibandingkan sibuk dengan masing-masing gawainya.
  11. Agar perjalanan nyaman, kondisikan kendaraan dengan prima. Cek kelengkapan peralatan mobil dengan seksama sehingga jangan sampai anak-anak terganggu karena mobil tiba-tiba mogok di perjalanan.
  12. Berhentilah setiap tiga jam untuk memberikan mereka kesempatan buang air kecil atau sekedar meluruskan kaki dan melemaskan otot-otot yang tegang. Jangan lupa bekali mereka dengan snack dan makanan sehat agar tidak merasa kelaparan di perjalanan. Hindari jajan saat di perjalanan karena selain belum terjamin sehat, anda juga bisa menghemat biaya perjalanan dengan membawa bekal dari rumah.

(Baca Juga Tips Booking Hotel Jika Liburan Bersama Anak Kecil)

Silahkan di Share Ya!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *