close

10 Tips Kreatif untuk Pengguna Handphone yang Wajib Diketahui

tips-kreatif-untuk-pengguna-handphone
brightside

Travel Blog Reservasi – Pengguna handphone seperti kamu pasti menemukan beberapa masalah dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika handphone kamu tercebur ke air saat traveling.

Tenang aja, karena ada banyak tips kreatif untuk pengguna handphone seperti kamu yang bisa langsung dilakukan di rumah ataupun saat sedang traveling. Karena bahan-bahan yang dibutuhkan sangat murah dan mudah untuk didapatkan di manapun juga.

Berikut tips kreatif untuk pengguna handphone seperti dilansir dari Brightside (16/9).

1. Gunakan paperclip untuk nonton

Masih suka nonton drama Korea dari ponsel kamu? Tenang, daripada tangan kamu pegal karena megangin handphone terus mending pakai paperclip aja. Jadi, handphone kamu tetap bisa tegak berdiri dengan bantuan paperclip.

Caranya mudah saja kok. Pertama gunakan paperclip yang cukup besar untuk menopang handphone kamu. Kemudian tekuk sekitar 80 derajat. Lalu sandarkan handphone kamu di atas paperclip.

Bagian paperclip yang berdiri digunakan untuk menahan beban handphone agar bisa tetap berdiri. Sedangkan bagian bawah paperclip sebagai penahan berat.

2. Gunakan balon untuk casing handphone

Casing handphone berguna untuk melindungi handphone dari debu dan dari sidik jari yang kotor. Agar tidak meninggalkan bercak atau bekas pada body handphone, sebaiknya handphone kamu menggunakan casing untuk melindungi bodnya.

Caranya sederhana saja kok. Bahan yang dibutuhkan hanya sebuah balon.

  • Tiup balon hingga kira-kira lebih besar dan lebih lebar dari ukuran handphone kamu.
  • Kemudian tahan ujung balon dengan jari agar udara yang sudah ditiup tidak keluar
  • Letakkan handphone di atas balon yang sudah ditiup
  • Lalu kempiskan balon seraya memasukkan handphone agar sekelilingnya tertutupi oleh balon
  • Gunting ujung balon, bagian yang menonjol agar terlihat lebih rapi

3. Bersihkan goresan di layar dengan pasta gigi

Cara membersihkan goresan di layar dengan pasta gigi merupakan trik kuno. Sebetulnya memang tidak terlalu bekerja dengan baik 100% menghilangkan goresan sesuai harapan.

Goresan akan tetap terlihat. Manfaatnya hanya mengaburkan goresan dan meminimalisasi agar tidak terlalu tampak terlihat jelas di permukaan layar handphone.

4. Gunakan lakban dan karet gelang untuk tripod darurat

Jika lupa membawa gorilla pod atau tripod mini kamu saat traveling, dalam kondisi darurat kamu bisa menggunakan tips kreatif ini.

Bahan yang dibutuhkan adalah sebuah lakban dan karet gelang.

  • Masukkan handphone ke dalam lingkaran lakban
  • Tahan posisi handphone agar kamera tidak terhalang
  • Ikat handphone dengan menggunakan karet gelang agar tetap berada di dalam lakban
  • Kamu bisa menggunakan lakban untuk menempelkannya di semua permukaan sebagai pengganti gorilla pod

5. Gunakan botol air minum untuk pengganti lilin saat gelap

Jika kehabisan lilin saat mati lampu atau aliran, gunakan senter handphone kamu sebagai pengganti cahaya. Agar cahaya senter kamu bisa berpendar menyinari ruangan, gunakan botol air minum yang masih penuh terisi air.

Tempatkan senter handphone kamu menghadap ke atas. Tempatkan botol air minum mineral dengan warna transparan tepat berada di atas senternya. Botol air mineral akan berfungsi sebagai reflektor memantulkan cahaya-cahaya yang lebih temaram menyinari sekeliling ruangan.

6. Gunakan alat kontrasepsi untuk foto underwater

Foto underwater menjadi salah satu momen terbaik saat traveling ke pantai atau ke sungai. Nah, agar foto traveling kamu tetap bagus meski tanpa case waterproof, kamu bisa menggunakan alat kontrasepsi sebagai penggantinya.

Namun cara ini memang cukup berisiko bocor terutama jika handphone kamu masuk ke dalam air lebih dari kedalaman 30 sentimeter. Jadi, pertimbangkan kembali ya jika kamu benar-benar mau mempraktikkannya.

Ada baiknya uji coba terlebih dahulu di dapur dengan menggunakan ember kecil. Apakah handphone kamu benar-benar bisa memotret jika di bawa ke dalam air dengan menggunakan bungkus alat kontrasepsi.

7. Gunakan tombol pada earphone untuk memotret dari jarak jauh

Jika tidak ada orang lain yang bisa dimintai tolong untuk memotret kamu, jangan khawatir kawan. Kamu masih tetap bisa menggunakan earphone kamu sebagai shutter.

Pastikan earphone kamu memiliki tombol volume atau tombol menjawab telepon. Kamu tinggal melakukan sedikit pengaturan di handphone kamu agar mengubah fungsi tombol tersebut menjadi shutter saat kamera handphone kamu diaktifkan.

8. Gunakan tetesan air untuk fotografi makro

Fotografi makro tidak akan semudah ini hanya dengan menggunakan tetesan air dan kamera handphone kamu. Gunakan sebuah stik atau sedotan untuk meneteskan air tepat di atas kamera handphone kamu.

Ingat, jangan ditetesi terlalu banyak. Cukup sekali tetes saja sehingga kamera tetutupi oleh satu tetes air. Sekarang handphone kamu sudah bisa digunakan untuk membidik objek-objek kecil namun tampak lebih besar dari ukuran aslinya.

9. Masukkan dalam kantung beras jika handphone kamu basah atau tercebur

Cara ini masih efektif digunakan sebagai salah satu cara untuk menyerap air ketika handphone terkena air atau tercemplung ke dalam kolam.

Cara ini jelas tidak akan efektif jika handphone kamu terendam dalam waktu yang cukup lama. Cara ini hanya berlaku untuk handphone yang beberapa detik masuk ke dalam air dan langsung diselamatkan.

  • Jangan hidupkan handphone setelah tercebur
  • Lepaskan semua casing, simcard dan baterai dan keringkan dengan menggunakan tissu yang menyerap air
  • Sedot dengan vacuum cleaner untuk menyerap sisa sisa air
  • Jangan gunakan hair dryer karena justru akan membuat air masuk dalam komponen handphone
  • Setelah itu gunakan satu kantung yang sudah diisi dengan beras ukuran seperempat/setengah kilogram
  • Masukkan handphone dan diamkan selama tiga atau tujuh hari

Cara ini memang tidak akan bekerja 100% untuk kasus yang sama. Untuk kerusakan yang cukup parah karena terendam air sebaiknya langsung diperbaiki di pusat service resmi.

10. Gunakan cangkang telur untuk lampu tidur

Cara ini memang cukup merepotkan jika kamu hanya punya sedikit waktu untuk mencobanya. Gunakan cangkang telur berwarna putih seperti telur bebek atau telur asin yang sudah siap konsumsi.

Pastikan cangkang telur tidak rusak. Sisakan setengah bagian sehingga bisa menutup senter kamera handphone. Lampu tidur unik ini memang hanya cocok saat kemping atau momen tertentu saja.

Gunakan timer agar baterai handphone kamu tidak habis gara-gara terus menyala semalaman. Cukup unik bukan?

Baca artikel menarik lain tentang handphone di Reservasi.com

Tags : smartphoneTips

Leave a Response