7 Tips Kesehatan Mencegah Kolesterol Selama Bulan Ramadan - Reservasi Travel Blog

7 Tips Kesehatan Mencegah Kolesterol Selama Bulan Ramadan

Travel Tips108
7 Tips Kesehatan Mencegah Kolesterol Selama Bulan Ramadan shutterstock

Travel Blog Reservasi – Waktu berbuka sering dijadikan sebagai ajang untuk balas dendam. Setelah berpuasa kurang lebih selama 14 jam, kita sampai kalang kabut mengisi perut yang keroncongan sampai-sampai tidak memperhatikan kalau ternyata makanan yang kita konsumsi mengandung kolesterol tinggi.

Kalau mau makan makanan berlemak, sebenarnya boleh-boleh saja asalkan terapkan tips kesehatan berikut agar kadar kolesterol tidak meningkat, seperti dihimpun Reservasi dari beberapa sumber.

Baca Tips Menjaga Kecantikan Kulit Agar Tetap Fresh dan Lembab Saat Puasa

1. Jangan mengonsumsi makanan manis

Kalau sudah makan makanan berlemak, jangan tambah dengan makanan manis lagi, seperti gulali, cake, teh manis, atau cokelat. Hal ini otomatis akan membuat kadar kolesterol semakin tinggi karena makanan manis memiliki kandungan gula tinggi yang menyebabkan penumpukan kolesterol.

2. Hindari mengonsumsi junk food

Junk food mengandung garam dan natrium yang tinggi, tidak baik untuk kalian yang sudah mengidap penyakit kolesterol. Mengonsumsi junk food secara terus-menerus dapat membuat berat badan naik dalam beberapa hari, kadar kolesterol pun akan naik, penyakit lain pun siap mengintai.

Oleh karena itu, ganti junk food dengan menu makanan yang lebih sehat saat waktu berbuka tiba. Misalnya, sayur-mayur, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

3. Konsumsi makanan yang mengandung taurin

Taurin masuk dalam kategori asam amino yang bagus untuk meminimalisir kadar kolesterol di dalam tubuh. Makanan yang mengandung taurin bisa ditemukan di dalam sayur-sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan jamur. Masukkan daftar sayuran ini ke dalam menu buka puasa kalian ya supaya kesehatan tetap terjaga.

mencegah kolesterol
shutterstock

4. Jangan terlalu sering merokok

Buat kalian yang suka merokok, sebaiknya mulai dikurangin ya saat Bulan Ramadhan karena asupan gizi yang didapat saat berpuasa sangat sedikit. Kalau sampai zat nikotin yang masuk ke tubuh lebih banyak dibandingkan gizi, penyakit pun akan datang menghampiri. Kalu nggak mau ini terjadi, hiraukan tips kesehatan yang satu ini.

5. Sering olahraga di pagi hari

Sulit rasanya untuk berolahraga saat sedang berpuasa. Bagaimana mau olahraga, tenaga saja sudah hampir habis karena tidak makan. Tenang, kalian bisa berolahraga setelah waktu berbuka tiba.

Isi perut kalian lebih dulu dengan makanan sehat, tunggu sampai makanan turun, baru berolahraga. Tidak sulit kan? Mulai dari sekarang, tidak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga karena banyak manfaat yang bisa didapat dengan berolahraga.

olahraga saat puasa
shutterstock

6. Atur waktu tidur 7 – 8 jam sehari

Selain berolahraga, tubuh juga membutuhkan tidur yang cukup untuk memulihkan tenaga yang sempat hilang akibat rutinitas sehari-hari.

Menerapkan tips kesehatan ini tidak sulit kok. Asal kalian mau membuat time schedule dan mematuhi schedule yang kalian buat, kalian pun bisa menikmati waktu tidur yang sangat lama. Alhasil, hari esok bisa dijalani dengan baik, puasanya pun semakin lancar.

7. Jangan lupa minum air putih

Minum air putih adalah tips kesehatan paling sederhana untuk menetralisir kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Kolesterol yang sudah menumpuk perlahan-lahan akan hancur dan dibuang melalui keringat atau urin. Tidak hanya kolesterol, tapi lemak dan kandungan toxic dalam tubuh juga akan larut jika kalian rutin minum air putih setiap hari.

Menjaga kesehatan selama bulan Ramadan sebenarnya tidak sulit asalkan kalian lebih memperhatikan pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Barengi pula dengan tips kesehatan yang sudah Reservasi.com sebutkan di atas agar kadar kolesterol menurun, tubuh pun terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *