Dompet Kandas? Lakukan Ini Agar THR Lebaran Nggak Cepat Habis

Jangan Sampai Dompet Kandas, Lakukan Ini Agar THR Lebaran Nggak Cepat Habis

Travel Tips134
Jangan Sampai Dompet Kandas, Lakukan Ini Agar THR Lebaran Nggak Cepat Habis shutterstock

Travel Blog Reservasi – Momen Lebaran selalu identik dengan namanya bagi-bagi THR Lebaran, entah itu THR dari keluarga ataupun dari kantor. Sesudah uang THR ada di tangan, nafsu untuk berbelanja pun meningkat pesat, beli ini dan itu nggak perlu pikir panjang karena uang THR mencukupi.

Kalau nafsu ini tidak bisa kalian kendalikan, dompet yang tadinya penuh dengan uang THR bisa kandas dalam sekejap. Mau? Tentu saja tidak. Masih banyak hal penting lain yang harus kalian pikirkan, apalagi dalam situasi ekonomi yang pelik seperti sekarang.

Baca 7 Tips Atur THR ala Traveler Milenial

Agar uang THR Lebaran dapat dikelola dengan baik, ikuti tips cara bijak mengelola THR ala Reservasi.com berikut ini.

1. Pakai Uang THR Lebaran untuk Memberi Barang yang Dibutuhkan Saja

Apa sih yang tidak bisa dibeli kalau ada uang? Mau beli baju baru, sepatu baru, atau tas baru supaya bisa tampil modis saat lebaran nanti, bisa kok asalkan uangmu mencukupi.

Kalau dipikir-pikir, untuk apa semua barang-barang itu? Kalau sepatu atau tas yang kalian punya masih bagus, apa salahnya kalau dipakai lagi buat lebaran tahun ini. Toh tidak ada yang bakal notice kalau barang-barang yang kalian pakai adalah barang-barang lama.

Kalau kalian memang kepingin beli barang baru untuk dipakai saat lebaran nanti, belilah barang yang benar-benar dibutuhkan saja. Lebih bijaklah mengelola uang THR supaya uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan penting lain di masa mendatang.

2. Pakai Uang THR untuk Berbagi Kebahagiaan Bersama Keluarga di Kampung

Uang THR tidak hanya digunakan untuk beli baju atau sepatu baru saja, tapi gunakan juga uang THR mu untuk berbagi kebahagiaan bersama sanak saudara di kampung.

Misalnya dengan membeli oleh-oleh buat saudara di kampung atau bagi-bagi THR. Agar THR Lebaran tidak ludes begitu saja, perhitungkan berapa jumlah THR yang akan dihabiskan. Bukannya pelit, tapi cara ini sangat bagus supaya THR mu terkontrol dengan baik.

3. Pakai Uang THR untuk Membayar Utang yang Hampir Jatuh Tempo

Uang THR yang kalian dapatkan bisa dipakai buat bayar utang juga lho! Kalau semisal utang di bulan lalu sempat tersendat karena kondisi finansial yang lagi anjlok, kalian bisa pakai uang THR ini untuk bayar sebagian utang yang hampir jatuh tempo.

Memakai uang THR untuk membayar utang memang terdengar sedikit aneh, tapi apa salahnya daripada utang semakin menumpuk, lebih baik mulai dicicil dari sekarang selagi masih ada uang.

THR Lebaran
shutterstock

4. Sisihkan Uang THR untuk Ditabung atau Diinvestasikan

Keinginan untuk menabung dan berinvestasi sering tertunda karena kalian selalu kehabisan uang. Mumpung uang THR masih tersisa, sisihkan sebagian uang THR Lebaran untuk ditabung atau diinvestasikan.

Persentase yang disisihkan tidak perlu terlalu banyak, cukup 10% saja supaya kondisi keuangan tetap stabil. Jika suatu saat kalian ingin membeli sesuatu yang teramat penting tapi terhalang karena tidak punya uang, kalian bisa ambil uang THR kemarin untuk membeli barang yang kalian butuhkan.

5. Pakai Uang THR untuk Wujudkan Impianmu Buat Liburan

Buat kalian yang masih punya jatah libur lebaran sekitar 3 – 5 hari lagi, pakai sisa hari libur tersebut untuk jalan-jalan alias liburan! Tidak perlu ambil pusing soal dana, kalian bisa pakai sisa uang THR buat liburan.

Destinasi liburan yang dipilih tidak perlu terlalu jauh sampai ke luar negeri atau ke luar kota. Kalian bisa menghabiskan waktu libur untuk pergi ke suatu daerah yang memiliki pemandangan yang bagus, sekedar untuk refreshing sebelum rutinitas kantor kembali membuatmu stres.

6. Agar sisa uang THR bisa dimaksimalkan untuk liburan, cari transportasi dan akomodasi paling murah agar liburanmu terasa menyenangkan.

Mengelola uang THR Lebaran dengan baik itu perlu agar kalian tidak menjadi pribadi yang boros saat lebaran tiba. Ambil sikap yang bijak dan lakukan tips mengelola uang THR seperti yang Reservasi.com paparkan di atas supaya uang THR bisa kalian gunakan untuk bagi-bagi sedekah atau bahkan liburan, bukan hanya sekedar beli baju atau sepatu baru saja.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *