Tips Atur Keuangan Jelang Mudik Lebaran - Reservasi Travel Blog

Tips Atur Keuangan Jelang Mudik Lebaran

Travel Tips218
Tips Atur Keuangan Jelang Mudik Lebaran

Travel Blog Reservasi – Meskipun lebaran masih panjang, tidak ada salahnya untuk bersiap-siap atur keuangan jelang mudik lebaran. Mudik lebaran tidak bisa dimungkiri membutuhkan biaya yang cukup banyak. Agar tidak kelabakan membayar utang setelah pulang mudik, sebaiknya mulai dari sekarang merencanakan dengan matang.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mengatur keuangan jelang mudik lebaran. Hal yang perlu dipersiapkan bukan hanya soal urusan tiket mudik lebaran saja, tapi juga hal lainnya yang juga tak kalah penting seperti mempersiapkan dana zakat dan sedekah, biaya kebutuhan harian selama puasa dan tentu saja THR dan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

Baca 6 Tips Mudik dengan Bayi naik Pesawat Terbang

Rencanakan Pengaturan Dana

Meskipun terlihat sepele, merencanakan pengaturan dana jelang mudik lebaran bahkan jelang puasa Ramadan ada banyak manfaatnya.

Pengeluaran jadi lebih terkontrol dan jelas kemana habisnya. Utamanya adalah menentukan mana kebutuhan yang paling prioritas seperti membayar zakat, dana untuk makan selama sebulan, sampai dengan kebutuhan harian lainnya selama puasa dan mudik lebaran.

Paling sederhana gunakan amplop kecil yang berbeda-beda untuk memisahkan pengeluaran. Jika ada sisa dari setiap amplop, nanti bisa digunakan untuk tabungan atau untuk menambah pos yang kekurangan dana.

Dana paling besar yang dibutuhkan tentu saja soal ongkos mudik. Bagi yang kehabisan tiket kereta api lebaran mau tak mau harus punya alternatif lain seperti menggunakan bus menggunakan jalur darat atau memilih transportasi udara meskipun sedikit lebih mahal tapi nyaman dan lebih cepat sampai.

mudik dengan kereta ap
shutterstock

Sisihkan untuk Tiket Mudik

Pemesanan tiket mudik baiknya memang dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan. Itulah kenapa sejak awal Maret 2018 lalu sudah banyak yang bersiap-siap berburu tiket mudik lebaran dengan menggunakan kereta api.

Jika tidak kebagian tiket kereta api jangan bersedih, masih banyak alternatif transportasi lain yang bisa digunakan. Misalnya dengan mempertimbangkan sewa mobil untuk mudik lebaran, menggunakan jalur laut dengan biaya lebih murah, atau menggunakan transportasi darat.

Yang pasti, dana untuk tiket mudik harus sudah dipersiapkan lebih dini agar rencana mudik benar-benar bisa direalisasikan tahun ini.

Baca 5 Tips Mendapatkan Tiket Kereta Api Lebaran 2018

Jangan Lupa Zakat dan Sedekah

Sisihkan THR atau gaji di awal bulan untuk membayar zakat dan juga sedekah. Usahakan untuk menganggarkan kewajiban terlebih dahulu dibandingkan dengan memenuhi kebutuhan sekunder atau tersier lainnya.

Pastikan membayar zakat sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri dilangsungkan. Beberapa kadang lupa sampai-sampai baru membayar zakat jelang pelaksanaan salat Idul Fitri.

Siapkan Sisa untuk THR dan Oleh-Oleh

Meskipun bukan yang utama, tapi tradisi bagi-bagi THR dan membawa oleh-oleh dari kampung halaman sepertinya susah untuk ditinggalkan begitu saja.

THR tak perlu besar asal istimewa. THR pun tak perlu harus uang tunai. Bisa juga dengan memberikan voucher atau berupa hadiah langsung yang penting nilainya bermanfaat dan bisa digunakan kapan saja.

Menabung dari Sekarang

Mengatur keuangan jelang mudik lebaran kadang memang susah susah gampang. Biar saatnya nanti lebih mudah untuk dijalankan. Sisihkan pendapatan dari sekarang minimal 30 persen dari total penghasilan.

Tahan dulu jika hendak membeli pakaian atau sepatu baru. Jika pakaian dan sepatu tahun lalu masih cukup bagus untuk digunakan di hari kemenangan tak ada salahnya menggunakan pakaian yang ada yang penting bersih dan suci.

Itulah beberapa tips atur keuangan jelang mudik lebaran. Meskipun mungkin akan terasa berat di awal namun pasti akan lebih ringan di akhir. Jangan sampai pulang mudik sudah menunggu banyak tagihan yang semestinya bisa dihindari sejak awal. Rencanakan dan pertimbangkan dengan bijak segala keputusan tentang pengelolaan dana untuk persiapan mudik lebaran.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *