5 Tips Ampuh Usir Kantuk Selama Puasa Ramadan - Reservasi Travel Blog

5 Tips Ampuh Usir Kantuk Selama Puasa Ramadan

Travel Tips3
5 Tips Ampuh Usir Kantuk Selama Puasa Ramadan shutterstock

Travel Blog Reservasi – Salah satu tantangan ketika puasa Ramadan adalah bagaimana caranya mengusir kantuk ketika berpuasa. Meskipun ada yang bilang bahwa kantuknya atau tidurnya orang yang berpuasa juga termasuk salah satu ibadah namun alangkah baiknya untuk tidak menghabiskan waktu saat puasa Ramadan dengan tidur semata.

Baca 7 Tips Kesehatan Mencegah Kolesterol Selama Bulan Ramadan

Rasa kantuk pada bulan puasa dianggap sangat lumrah dan wajar karena kondisi tubuh memang harus menyesuaikan dengan pola kebiasaan yang berbeda dari biasanya. Misalnya saja seperti harus bangun pagi untuk sahur pada pukul jam 03.00 pagi dini hari. Itulah yang menyebabkan rasa kantuk terutama setelah sholat subuh selepas sahur.

Namun ada beberapa cara jitu serta ampuh yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa kantuk pada saat berpuasa sehingga ibadah menjadi lebih berkualitas tanpa harus didominasi dengan rasa kantuk bahkan dengan tidur ketika perut sedang lapar.

Tadarus Al Quran

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengusir rasa kantuk adalah dengan bertadarus al-quran di masjid selepas solat subuh sehingga tidak ada waktu lagi untuk beristirahat atau berbaring selepas solat subuh di Masjid.

Usahakan untuk melaksanakan salat berjamaah di Masjid karena jika melaksanakan salat secara individu di rumah ada kemungkinan justru akan membuat rasa malas menyergap sehingga kamu akan lebih luas untuk cepat tidur.

Mencuci Piring Bekas Sahur

Jika sedang tidak bisa melakukan salat berjamaah di Masjid ada baiknya untuk segera melakukan aktivitas lain seperti mencuci piring bekas sahur namun dahulukan terlebih dahulu kewajiban salat lima waktu yaitu salat subuh selepas imsak dan Adzan Subuh berkumandang.

Dengan mencuci piring setidaknya kamu bisa melakukan aktivitas yang akan menyegarkan tubuh dan juga menjaga kondisi tubuh agar tidak lemas sehingga merasa terjaga dengan berbagai aktivitas yang dilakukan.

Membersihkan Rumah

Selain mencuci piring bekas sahur kegiatan lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan membersihkan rumah seperti menyapu lantai dari kamar tidur hingga kamar tamu sampai dengan teras halaman.

Usahakan untuk tidak menguras tenaga pada saat sahur agar kamu masih tetap menyisakan energi sehingga bisa kuat berpuasa seharian penuh. Jika ingin mengepel lantai akan lebih baik jika dilakukan ketika jelang berbuka puasa sehingga ada sedikit keringat yang bisa keluar hitung-hitung sebagai olahraga ringan pada saat puasa Ramadan

Menyapu Halaman

Ketika tubuh merasa ngantuk salah satu yang menjadi penyebabnya adalah karena otak kekurangan oksigen. Solusi terbaik agar otak mendapatkan suplai Oksigen yang cukup adalah dengan keluar rumah dan melakukan aktivitas seperti olahraga ringan atau bersih-bersih dengan menyapu halaman.

Cara ini sangat efektif untuk dilakukan baik pada saat bulan Ramadan maupun pada saat diluar Ramadan sehingga otak mendapatkan suplai Oksigen yang cukup agar tidak mudah cepat ngantuk ketika beraktivitas di luar rumah maupun di dalam rumah setelah itu.

Menyiapkan Tugas Kuliah atau Tugas Sekolah

Cara lain yang juga bisa dilakukan buat kamu yang masih pelajar ataupun masih mahasiswa adalah dengan menyiapkan tugas-tugas kuliah ataupun tugas sekolah. Waktu terbaik untuk belajar adalah pada saat subuh hari ketika otak masih sangat segar sehingga bisa menyerap pelajaran dengan sangat baik.

Belajar pada waktu subuh bisa dilakukan dengan mengulang pelajaran sehari sebelumnya atau mempersiapkan pelajaran yang akan dipelajari pada pagi hari dengan membuka-buka materi yang akan dibahas di kelas atau di kampus.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *