5 Tips Aman Mudik Naik Bus - Reservasi Travel Blog

5 Tips Aman Mudik Naik Bus

Travel Tips124
5 Tips Aman Mudik Naik Bus shutterstock

Travel Blog Reservasi – Mudik lebaran memang tinggal menghitung hari. Beberapa orang ada yang sudah mendapatkan tiket kereta bahkan ada yang memilih tiket pesawat terbang untuk mudik dan berlebaran di kampung halaman.

Tetapi ada juga yang memiliki bus sebagai salah satu moda transportasi untuk mudik Lebaran tahun ini. Infrastruktur jalan melalui tol trans-jawa memang menjadi salah satu keistimewaan mudik tahun ini.

Baca juga Mengintip 5 Tradisi Lebaran di Luar Negeri yang Nggak Kalah Seru dengan Indonesia

Itulah sebabnya tidak ada salahnya untuk memilih bus sebagai salah satu transportasi alternatif jika tidak mendapatkan tiket kereta yang relatif lebih murah dan lebih cepat jika dibandingkan dengan transportasi darat lainnya.

Agar bisa mudik dengan aman dan nyaman menggunakan bus, baiknya simak beberapa tips mudik aman berikut ini seperti yang diinginkan oleh Reservasi.com dari berbagai sumber.

Beli tiket bus secara online atau langsung lewat agen

Untuk menghindari calo Sebaiknya beli tiket bus Lewat agen atau secara online. Hal tersebut bisa dilakukan untuk menghindari harga tiket bus yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga normal.

Meskipun harga tiket pasti dikenai dengan tambahan tuslah atau biaya tuslah, tetapi harganya tidak akan terlalu tinggi. Selain itu juga bisa menghindari modus-modus penipuan.

Namun ada baiknya untuk memastikan lagi hanya membeli tiket di agen resmi karena beberapa kali pengalaman Ada yang berangkat dengan menggunakan bus lain dari agen yang tidak resmi.

Pastikan jadwal keberangkatan sudah sesuai

Sebelum membeli tiket pastikan untuk mengetahui jadwal keberangkatan yang dipilih. Cek kembali jadwal keberangkatan bus sesuai dengan yang tertera di dalam tiket.

Datanglah 2 jam atau 3 jam sebelum bus berangkat. Hal ini dilakukan untuk mencegah keterlambatan atau tertinggal bus.

Pilih kursi bagian tengah

Jika ada yang bertanya kursi bagian mana yang paling nyaman dan aman untuk dipilih? Reservasi.com merekomendasikan untuk memilih kursi bagian paling tengah atau sepertiga dari depan.

Kursi bagian ini termasuk kursi yang cukup nyaman karena manuver bus tidak akan terlalu terasa dan juga goncangan nya tidak sebesar ketika duduk di bagian paling belakang ataupun duduk di bagian paling depan.

Posisi ini juga sangat sesuai jika medan jalan berkelok-kelok sehingga kamu tidak akan cepat mual dalam perjalanan dengan menggunakan bus.

tips mudik aman naik bus
shutterstock

Selalu bawa barang berharga

Jika kamu memilih bus malam dengan beberapa perhentian sebaiknya mewaspadai barang bawaan terutama jika membawa barang berharga.

Pastikan untuk memisahkan barang berharga dan barang-barang lainnya seperti pakaian. Gunakan tas yang berbeda untuk memisahkan barang berharga dengan barang lain.

Sehingga kamu bisa membawa barang berharga Kemanapun kamu pergi ketika kamu harus ke toilet atau ketika berhenti untuk makan malam.

Jangan terlihat seperti orang linglung saat di terminal

Jika bus yang kamu naiki berada di terminal Jakarta seperti Terminal Rambutan ataupun Terminal Pulogadung sebaiknya kamu harus bersikap wajar dan normal jangan seperti orang yang terlihat linglung atau bingung.

Sebagai penumpang bus kamu harus mewaspadai beberapa modus penipuan yang dilakukan untuk mengelabui para penumpang bus.

Jangan mudah percaya dengan omongan orang yang baru dikenal. Selain itu jangan pula menerima sembarangan minuman ataupun makanan yang diberikan secara cuma-cuma atau gratis.

Beberapa kasus yang sudah terjadi justru ada penumpang yang dibius melalui minuman yang dibagikan secara gratis. Usahakan untuk ditemani oleh keluarga ketika berangkat paling tidak jangan sampai berangkat mudik sendirian dengan bus jika belum punya pengalaman sama sekali, kecuali jika dalam kondisi benar-benar terpaksa.

Tetap waspada dengan kondisi lingkungan. Kabari keluarga selama dalam perjalanan dan jangan lupa berdoa agar mendapatkan perlindungan selama dalam perjalanan.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *