Pengen Foto Traveling Yang Bagus? Baca Deh Tips Agar Foto Travelingmu Enggak Biasa - Biasa Saja Ini! - Reservasi Travel Blog

Pengen Foto Traveling Yang Bagus? Baca Deh Tips Agar Foto Travelingmu Enggak Biasa – Biasa Saja Ini!

Travel Tips492
Pengen Foto Traveling Yang Bagus? Baca Deh Tips Agar Foto Travelingmu Enggak Biasa – Biasa Saja Ini! Fishermen launch their boats on Copacabana beach

Travel Blog Reservasi – Traveling dan fotografi adalah dua hal yang nggak bisa terpisahkan. Apalagi yang ingin serius berprofesi sebagai travel blogger atau travel fotografer. Travel fotografi sendiri merupakan salah satu jenis fotografi dokumentas yang meliputi dokumentasi dari lanscape, kuliner dan kehidupan lokal setempat.

Fotografi dalam traveling ini bisa dibilang cukup penting, minimal untuk mengabadikan moment selama traveling. Apalagi saat traveling waktu yang menyenangkan untuk menambah pundi-pundi foto di katalog kita sambil mengasah kemampuan memotret.

Suasana baru, tempat baru , orang-orang baru dengan rutinitas yang berbeda dari yang kita lihat sehari-hari, landmark suatu tempat, semua adalah obyek foto yang menarik! Atau bisa juga sekedar untuk mengkoleksi momen menyenangkan selama traveling!

Iya, memang semua orang bisa mengambil gambar saat traveling, tapi berapa banyak yang mampu mengambil gambar dengan baik? Karena itu jika kalian ingin mendapatkan gambar yang memuaskan saat traveling? Baca Deh Tips Agar Foto Travelingmu Enggak Biasa – Biasa Saja Ini!

1. Riset Sebelum Berangkat Traveling

Riset itu penting, jangan sampai terjadi masalah karena engak riset! Yang paling utama adalah lakukan riset tentang lokasi traveling kalian. Bisa memulai dengan membaca buku panduan wisata atau membuka situs wisata ternama seperti Lonely Planet dan Trip Advisor untuk mengetahui hal menarik apa saja yang mungkin bisa kalian temukan nanti. Dengan bekal informasi ini, kamu punya sedikit gambaran tentang apa saja yang akan menjadi incaran objek fotomu.

Contohnya ini, kalau kalian ingin pergi ke candi borobudur, cari tahu jam buka dan tutup lokasi candi, siapa tahu bisa memotret sunrise disana. Cari juga contoh – contoh foto para pelancong lain yang sudah pernah memotret Candi Borobudur. Selain itu kalian juga bisa melihat-lihat foto postcard tempat tujuan travel kalau ada sebagai referensi foto yang akan kalian ambil nanti.

2. Bangun Pagi Untuk Mendapatkan Foto Yang Bagus!

Pasti banyak yang bertanya – tanya kan? Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan gambar matahari terbit yang cantik di Bromo atau momen keramaian pasar tradisional di pagi hari? Jawabannya hanya satu sih, bangun pagi! Jangan bangun terlambat, dan berangkatlah lebih awal untuk mendapatkan gambar yang memuaskan. Percaya, deh, rasa kantuk kalian akan hilang begitu berhasil menangkap gambar cantik sesuai harapan.

bangun-pagi-untuk-mendapatkan-sunrise-yang-cantik-seperti-ini

3. Pilih Lokasi Akomodasi Yang Pas, Atau Hotel Yang Strategis Lokasinya

Pilih hotel yang berada di lokasi strategis dengan pemandangan sekitar yang menarik. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan banyak objek foto menarik tanpa perlu berjalan jauh atau bahkan bisa mengambil gambar kembang api tahun baru hanya dari jendela kamar. Asik kan? Nggak perlu capek, tapi sudah bisa mendapatkan foto traveling yang bagus!

memfoto-kembang-api-bisa-dilakukan-dengan-mudah-jika-kalian-memilih-akomodasi-yang-pas

4. Gunakan Lensa Lebar Untuk Travel Fotografi

Saat traveling dan ingin foto potret seseorang, gunakan lensa yang lebar. Foto potret dengan lensa lebar memberi kesan akrab dan sekaligus menunjukkan lingkungan dimana foto tersebut diambil. Misalnya, ketika kalian naik perahu dayung, coba fotolah si tukang dayung sekaligus tunjukkan keindahan danau atau laut dimana kalian berada.

5. Memotret Penduduk Setempat Memang Bisa Menghasilkan Foto Menarik, Tetapi…

Ketika traveling, mungkin kalian ngin mengambil gambar suku asli maupun penduduk setempat? Namun ingat, mereka bukan benda mati! Lakukan pendekatan dengan baik. Pelajari bahasa lokal, sapa dengan hangat dan senyum yang ramah lalu mintalah izin jika ingin memotret dari dekat. Jika diperbolehkan, baru ambil foto diri mereka.

memfoto-penduduk-lokal-bisa-menghasilkan-foto-traveling-yang-bagus

6. Bawa Peralatan Fotografi Yang Sederhana Dan Ringkas

Era DSLR dengan lensa-lensa berat dan besar, mungkin sudah lewat. Sekarang ini sudah waktunya menggunakan lensa yang ringkas, dan kamera yang kecil. Apalagi sekarang sudah banyak yang namanya kamera mirrorless namun dengan hasil setara kamera DSLR! Nggak perlu repot pun, kalian bisa mendapatkan foto traveling yang cukup bagus kan?

sekarang-eranya-kamera-mirrorless
Sekarang eranya kamera mirrorless

7. Terus Berlatih, Tanpa Berhenti

Jangan jadikan kamera sebagai kambing hitam atas hasil foto kalian yang kurang memuaskan. Hasil foto tak hanya bergantung pada kamera saja, tetapi kemampuan dan kreativitas kalian lah yang paling menentukan. Terus berlatih mengambil foto, dan asah terus bakat fotografimu. Jika kalian memang kreatif, bahkan dengan menggunakan kamera handphone pun kalian bisa menghasilkan gambar yang tak kalah bagus kok. Siapa tahu malah jadi travel fotografer professional nantinya!!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

3 thoughts on “Pengen Foto Traveling Yang Bagus? Baca Deh Tips Agar Foto Travelingmu Enggak Biasa – Biasa Saja Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *