Mau Tidur Nyenyak di Pesawat? Coba deh Tips Berikut ini! - Reservasi Travel Blog

Mau Tidur Nyenyak di Pesawat? Coba deh Tips Berikut ini!

Travel Tips123
Mau Tidur Nyenyak di Pesawat? Coba deh Tips Berikut ini! shutterstock

Travel Blog Reservasi – Meski waktu tempuh naik pesawat sangat singkat, tapi yang namanya light sleeper tetap akan tertidur dimanapun dia berada. Tetapi ada pula orang yang merasa sulit sekali memejamkan mata, sehingga selama apapun waktu tempuh di pesawat, matanya akan terus terbuka.

Hal ini umumnya disebabkan karena orang tersebut belum menemukan titik kenyamanan yang pas di pesawat, sehingga katup matanya sulit tertutup. Tapi tenang, Reservasi.com sudah punya tips jitu yang akan membuat tidurmu nyenyak selama berada di pesawat.

Baca 7 Pesawat dengan Cat Paling Unik dan Menarik

1. Pilih posisi duduk yang tepat

“Posisi menentukan kenyamanan”, inilah yang harus kamu pegang teguh saat naik pesawat. Bagi kamu yang light sleeper, pilihlah posisi duduk yang berada di dekat kaca jendela. Sandarkan kepala ke kaca jendela dan biarkan mata tertutup secara perlahan. Di posisi ini, tingkat kenyamanan pun semakin bertambah karena kamu bebas dari gangguan orang yang berlalu-lalang.

Sedangkan bagi kamu yang suka kebelet ke toilet, pilihlah posisi duduk di pinggir kursi. Jadi setiap kali kebelet ke toilet, kamu tidak akan mengganggu orang yang ada di samping kanan atau kiri.

2. Pilih jadwal keberangkatan malam

Bagi kamu yang kesulitan tidur, pilihlah pesawat keberangkatan malam yang bersamaan dengan waktu tidur. Jadi kamu tidak perlu memaksakan diri untuk memejamkan mata, sebab mata akan tertutup sendiri saat jam tidur sudah tiba.

3. Membawa aksesori “perang”

Aksesori perang, seperti bantal leher, penutup mata, headset, dan penutup telinga tidak ada salahnya dibawa ke dalam pesawat. Setiap kali kamu ingin tidur, kamu tinggal memasang aksesori perang untuk menambah kenyamanan. Bagi kamu yang berangkat malam, sebaiknya bawalah aksesori tambahan seperti selimut atau sweater agar tubuh tetap hangat selama berada di dalam pesawat.

4. Usahakan kaki dalam posisi lurus

Perhatikan posisi kaki tetap lurus sebelum tidur di pesawat. Sebab posisi kaki menyilang sama saja dengan menindih kaki, sehingga beban pada kedua kaki bertambah berat. Posisi tidur dengan kaki menyilang juga tidak baik untuk kesehatan karena dapat menghambat proses mengalirnya darah ke seluruh tubuh. Akibatnya terjadi penggumpalan darah pada bagian tubuh tertentu.

5. Hindari paparan cahaya langsung

Paparan cahaya yang masuk ke mata dapat mengurangi tingkat konsentrasi otak, sehingga otak menjadi sulit beristirahat. Jika kamu ingin tidur, sebaiknya jauhi paparan cahaya langsung, seperti cahaya smartphone, tablet, laptop, atau cahaya lampu di pesawat.

Jika semuanya sudah dijauhi atau dimatikan, kamu bisa menutup mata secara perlahan sehingga saat sampai di tempat tujuan nanti, tubuh terasa lebih rileks.

tempat duduk yang perlu dihindari di pesawat
shutterstock

6. Mundurkan kursi

Untuk pesawat kelas ekonomi, jarak antara kursi yang satu dan yang lainnya sangat dekat. Space kaki yang terlalu sempit membuat kaki sulit diluruskan, sehingga tidurmu menjadi terganggu.

Lalu gimana? Nah kamu bisa meminta izin kepada penumpang yang ada di belakang untuk memundurkan kursi. Tapi supaya lebih mudah, sebaiknya kamu booking kursi paling depan saat membeli tiket pesawat. Meskipun tindakan ini akan dikenakan biaya tambahan, tapi yang namanya kenyamanan tetap jadi nomor satu ya.

7. Beritahu penumpang di sampingmu supaya tidak ribut

Penumpang yang duduk di sampingmu bisa saja sedang asyik mendengarkan musik sambil bernyanyi selama di pesawat. Tapi ketika kamu hendak tidur, kamu bisa memberitahu penumpang tersebut dengan penuh hormat supaya tidak membuat keributan, sehingga kamu bisa tidur nyenyak selama di perjalanan.

Sudah siap terbang liburan lagi setelah lelah mudik?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *