close

17 Tempat Wisata Istimewa Tahun Baru di Lombok

tempat wisata tahun baru lombok
Sumber gambar : instagram @nurulikhlasiah

Travel Blog Reservasi – Punya rencana Tahun Baru di Lombok? Lombok memang punya banyak pesona yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata bersejarah hingga wisata bahari.

Kamu yang ingin merayakan tahun baru di Lombok, maka kamu bisa cek destinasi teristimewa berikut ini:

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi jadi salah satu destinasi yang paling terkenal di Lombok. Keindahan alam bawah lautnya menjadikan Pantai Senggigi sering dijadikan destinasi liburan akhir tahun. Saat berada di sini, kamu harus coba diving, snorkeling dan berselancar.

Lokasi: Berada di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Akses menuju Pantai Senggigi: Jika kamu berangkat dari Bandara Internasional Lombok (BIL), maka kamu bisa menggunakan rute ini:

  • Jika kamu pergi bersama rombongan, maka kamu bisa menggunakan jasa supir mobil charteran dengan harga sekitar Rp 300.000, estimasi waktu tempuh kurang lebih 2 jam.
  • Jika kamu sendiri, maka kamu bisa menggunakan jasa DAMRI. Di Lombok, hanya ada dua rute DAMRI yaitu yang menuju ke Terminal Mandalika, dengan harga Rp15.000 atau DAMRI yang menuju ke Senggigi Pasar Seni dengan harga Rp25.000.

Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air

2. Gili Trawangan

Gili Trawangan jadi salah satu pulau kecil di Lombok yang kerap dijuluki sebagai “Party Island”. Gili Trawangan memang jadi salah satu pulau teristimewa yang dimiliki oleh Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

A post shared by Lombok (@explorelombok) on

Hamparan pasir yang berwarna putih, air lautnya yang jernih, serta udaranya yang segar bisa menjadikan liburan akhir tahun kamu istimewa.

Di Gili Trawangan akan ada beberapa pesta kembang api, serta pertunjukan untuk menyambut tahun baru.

  • Akses menuju Gili Trawangan : Untuk mencapai Gili Trawangan, cara yang paling umum adalah dengan menggunakan perahu motor dari pelabuhan kecil di Bangsal. Jaraknya sekitar 42 Km dari Kota Mataram, atau sekitar 1 jam perjalanan.

3. Gili Meno

Gili Meno jadi salah satu pulau terkecil sekaligus yang paling sunyi dibandingkan Gili Trawangan dan Gili Air.

A post shared by Eka Marlon (@rockeka27) on

Kamu yang mendambakan kesunyian dan ketenangan bisa memilih destinasi ini sebagai destinasi liburan tahun baru di Lombok.

4. Gili Air

Gili Air, sesuai namanya “Air” maka berbagai aktivitas di sini akan berhubungan dengan air. Keistimewaan Gili Air adalah menyuguhkan taman air alami yang menakjubkan dengan lima titik spesial seperti Air Wall, Air Slope, Frogfish Point, Segaluh dan Malang Reef.

A post shared by Lombok (@explorelombok) on

Akses ke Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air:

Ada dua akses utama menuju Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, yaitu dari Pelabuhan Bangsal (Untuk Publik) atau dari Teluk Kodek (Untuk private).

Jika kamu berada di area Senggigi atau Mataram kamu bisa naik angkutan umum, ojek atau taksi untuk menuju Pelabuhan Bangsal.

  • Angkutan umum, Rp15.000,00: 2 jam perjalanan
  • Ojek, Rp50.000,00; 1 jam perjalanan
  • Taksi, Rp100.000,00; 45 menit perjalanan

A post shared by Lombok (@explorelombok) on

Jika naik angkutan umum di Lombok atau biasa dikenal dengan nama ojek. Kamu bisa naik dari Cabang 4 Pasar Rembiga yang jaraknya sekitar 200 m dari bekas Bandara Selaparang, lalu turun di pertigaan Pelabuhan Bangsal.

Dari pertigaan ini, kamu bisa jalan kaki sekitar 200 m untuk mencapai pelabuhan atau bisa juga naik Cidomo (semacam andhong) dengan ongkos sekitar Rp5.000,00-Rp10.000,00 (tergantung negosiasi).

Dari pelabuhan, kamu tinggal membeli tiket kapal penyeberangan jika kamu ingin ke:

  • Gili Air dikenakan biaya Rp10.000
  • Gili Meno diharuskan membayar000
  • Sedangkan di Gili Trawangan dikenakan tarif Rp13.000

Waktu tempuh ke masing-masing pulau berbeda-beda, namun untuk ke Gili Trawangan (salah satu Gili yang paling jauh)  membutuhkan waktu sekitar 45 menit penyeberangan.

  • Info Kapal : Kapal publik dari Pelabuhan Bangsal ini baru akan berangkat bila sudah penuh, dengan kapasitas sekitar 20 orang.

Jadi sebaiknya, sebelum pukul 16.00 WITA, kamu sudah sampai di Pelabuhan Bangsal karena kapal hanya beroperasi maksimal sampai pukul 17.00 WITA.

Baca juga:

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani jadi salah satu destinasi yang selalu ramai saat perayaan tahun baru. Kamu bisa merasakan pergantian tahun baru yang syahdu sambil menyambut matahari pertama di tahun 2017.

A post shared by Lombok (@explorelombok) on

Akses dari Lombok menuju Gunung Rinjani, tepatnya di Basecamp Sembalun:

Dapatkan diskon tiket pesawat dan hotel di Lombok

6. Pantai Mawun

Pantai ini bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi yang ada di sebelah selatan Pulau Lombok. Pantai Mawun menyungguhkan panorama pegunungan dan pantai yang menjadi satu.

Pasirnya yang putih, udaranya yang sejuk ditambah keindahan alam bawah lautnya dan pemandangan alamnya menjadikan pantai Mawun wajib jadi destinasi liburan tahun baru saat mengunjungi Lombok.

7. Tanjung Ringgit

Kamu bisa melihat keindahan sunrise teristimewa. Jika berada di sini, dua pemandangan syahdu, Rinjani dan Pulau Sumbawa nan cantik akan menyambut kamu.

Keberadaan bukit-bukit di pesisir pantai Tanjung Ringgit menjadi pesona tersendiri, karena kalian bisa menikmati sunrise disertai terpaan angin pantai yang menerpa dengan lembut di pagi hari.

8. Pantai Pink

Pantai ini terbilang unik, karena warnanya. Penyebab pantai ini berwarna pink karena tercampurnya pasir putih dengan serpihan karang berwarna merah yang hancur terkena ombak dan bercampur dengan pasir.

A post shared by Yubo Hwu (@yubo018) on

Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai tangsi. Keindahan pantai ini dijamin bisa membuat akhir tahun kamu terasa teristimewa.

  • Lokasi dan Akses ke Pantai Pink: Secara geografis, Pantai Pink Lombok terletak nyaris di ujung selatan Pulau Lombok. Jika dari Pusat Kota Mataram, kamu membutuhkan waktu 2,5 jam untuk sampai ke Pantai Tangsi, sedangkan dari bandara internasional Lombok membutuhkan waktu 1,5 jam untuk menikmati keindahan pantai ini.

9. Desert Point, Bangko-bangko Lombok

Mungkin pantai ini tak sepopuler Pantai Pink dan Pantai Senggigi, tapi keindahan pantai ini tak kalah dengan pantai yang telah populer di Lombok.

Ombak di pantai bangko-bangko sangat terkenal dan dinobatkan sebagai pantai dengan ombak terbaik oleh organisasi resmi olahraga selancar dunia dan dijuluki desert point.

Tak hanya bisa berselancar, tapi kamu juga bisa snorkeling. Meskipun ombaknya dijuluki sebagai ombak terganas, namun beberapa tempat ada yang landai dengan ombak yang tenang.

  • Lokasi : Di Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).
  • Akses ke Pantai Bongko-bongko : Berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Mataram, dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam

Air terjun di Lombok

10. Air Terjun Tiu Pupas

Air terjun ini memiliki arti, “Tiu” artinya genangan air dalam jumlah yang besar, sedangkan “Pupas” artinya sebuah akar yang tumbuh dari sebuah pohon yang biasanya hidup di tebing-tebing sungai dan daerah pegunungan yang tinggi.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 m, dengan kedalaman kolam 4 m dan luas 100 m2. Kamu yang mendambakan ketenangan saat ingin menghabiskan pergantian tahun baru, tempat ini bisa jadi pilihan yang tepat.

  • Lokasi : Terletak di Dusun Kerurak, Desa Genggaleng, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  • Akses ke Lokasi Air Terjun Tiu Pupas:

Jika kamu dari kota Mataram, maka berjarak sekitar 70 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan baik roda dua atau roda empat.

11. Air Terjun Sendang Gile

Kamu yang berkesempatan menghabiskan pergantian tahun baru dengan berlibur ke Gunung Rinjani, maka sebaiknya tak melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Air Terjun Sendang Gile.

Sedikitnya ada 500 anak tangga yang harus dilewati sebelum akhirnya menyaksikan keindahan Air Terjun Sendang Gile.

A post shared by Alice Da Rosa (@elvadarosa) on


Sambil menikmati keindahan air terjun Sendang Gile, kamu bisa menikmati aneka makanan khas Lombok di Rumah Makan Senaru.

  • Lokasi ; Di Desa Senaru, dekat salah satu pintu gerbang pendakian Gunung Rinjani

Sekarang, kamu bisa liburan ke Lombok dengan diskon tiket pesawat dan hotel hingga R1 Juta.

12. Air Terjun Tiu Teja

Tak ada kendaraan umum, jika ingin menuju ke Air Terjun Tiu Teja. Lokasinya yang masih asri dengan ditumbuhi tumbuhan hijau dan lebat, menjadikan air terjun ini pilihan yang tepat untuk kamu yang merindukan ketenangan dengan panorama alam hijau.

A post shared by Kery Bayu SK. (@kerybayu) on

Tiu Teja sendiri memiliki arti sebagai “pelangi”. Air terjun ini memiliki ketinggian 40 meter, dengan lebar 10 meter.

  • Lokasi : Berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan.
  • Akses menuju air terjun terbilang mudah, namun sebaiknya gunakan kendaraan pribadi karena tak ada kendaraan umum.

13. Air Terjun Batara Lejang

Meskipun belum banyak orang yang berkunjung ke Air Terjun Batara Lejang, bukan berarti air terjun ini tak punya daya tarik.  Salah satu daya tarik di air terjun ini adalah adanya sumber air panas.

  • Lokasi : Berada di hulu atas dari air terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep
  • Akses ke Air Terjun Batara Lejang : Untuk mencapai air terjun Batara Lejang, kamu harus melewati jalur pendakian ke Gunung Rinjani. Perjalanan dari pos pemeriksaan pertama sampai pintu rimba bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Selanjutnya dari pintu tersebut ada jalan setapak menuju Batara Lejang.

14. Air Terjun Jeruk Manis/ Air Terjun Jukut

Air yang ada di air terjun ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit terutama juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut.

A post shared by Diduk Miru (@didukmiru) on

  • Lokasi: Berada di kaki gunung Rinjani tepatnya di sebelah selatan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani.
  • Akes ke Air Terjun Jukut: Air terjun Jukut merupakan titik awal yang biasa digunakan para pendaki untuk naik ke Puncak Rinjani. Maka dari itu, kamu harus berjalan kaki selama satu setengah jam dari Tetebatu.

15. Air Terjun Joben

Air Terjun Joben juga biasa dikenal dengan nama air terjun Koko Gading. Air di sini dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit. Konon katanya, jika buih air yang menyentuh badan kita berubah warna menjadi putih, itu artinya badan kita terkena penyakit.

  • Lokasi: Terletak di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur.

16. Air Terjun Geripak

Saat berada di sini kamu bisa sembari melihat sawah yang hijau, Pantai Ampenan serta sudut Lombok nan indah dan hijau.

  • Akses ke Air Terjun Geripak : melalui rute dari desa Dopang, diteruskan dengan menelusuri punggung bukit Segembong, lalu sampai ke Berugak Elen dan menuju Air Terjun Geripak.

17. Air Terjun Mayung Putek

A post shared by skyzo (@mandalamin) on

Air di sini mengandung belerang karena berasal langsung dari Gunung Rinjani. Maka dari itu, air di sini dipercaya berkhasiat bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

  • Lokasi : Berada di kaki pegunungan Rinjani

Baca juga: 10 Kuliner Lombok Yang Menggoda Selera

Jadi destinasi mana yang akan kamu pilih?

 


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : LombokTahun BaruTempat Wisata

Leave a Response