Daftar 17 Tempat Wisata Pantai Terbaik di Bali yang Paling Indah

17 Tempat Wisata Pantai Terbaik di Bali yang Paling Indah

Travel Destinations1.3K
17 Tempat Wisata Pantai Terbaik di Bali yang Paling Indah shutterstock

Travel Blog Reservasi – Ngomongin soal tempat wisata pantai terbaik di Bali pasti akan balik ke selera masing-masing. Ada yang suka keramaian dan ada yang suka keheningan. Tapi tak perlu jadi perdebatan panjang karena daftar pantai terindah di Bali ini bisa kamu kunjungi kapan saja.

Bali memang sudah lekat dengan wisata pantai. Pantai-pantai di Bali punya karakter yang berbeda beda antara pantai bagian utara, selatan, barat dan timur. Wajar karena Bali memang dikelilingi dengan laut dan pantai yang indah.

Kira-kira dari daftar 17 tempat wisata pantai terbaik di Bali ini, mana yang jadi pantai terfavorit kamu?

1. Pantai Gunung Payung, Badung, Bali

Pantai Gunung Payung, Badung, Bali
Pantai Gunung Payung, Badung, Bali (shutterstock)

Pantai ini punya anak tangga hingga ratusan buah. Ada yang menghitung kurang lebih antara 200 hingga 300 anak tangga. Ini salah satu tantangan untuk bisa menuju Pantai Gunung Payung yang ada di daerah Badung, Bali.

Keuikan dan salah satu yang cukup spesial, pantai ini tidak terlalu banyak diketahui orang. Air lautnya tenang dengan pasir putih dan bersih. Memang jalan menuju pantai ini cukup melelahkan namun semua akan terbayar dengan keindahannya.

Jangan lupa siapkan perbekalan karena tidak ada yang menjual makanan dan cukup jauh dari toko atau warung. Pastikan membawa kembali sampahnya pulang dan dibuang pada tempatnya. Usahakan untuk tetap menjaga pantai ini tetap alami dan sesuai dengan aslinya.

2. Pantai Tegal Wangi, Badung, Bali

Pantai ini termasuk pantai yang paling banyak dikunjungi setelah Tanah Lot Bali. Pantai Tegal Wangi punya karakter panti dengan dinding karang batu di sepanjang pantainya. Airnya berwarna kehijauan dengan pasir putih yang bersih.

Jangan heran jika pantai ini sering menjadi lokasi foto prewedding. Sangat cocok untuk menikmati sunset atau matahari terbenam dari puncak tebing dengan pemandangan pantai dan laut yang indah.

Karena hampir semua orang ingin menikmati sunset di Pantai Tegal Wangi, pastikan datang lebih awal. Parkir kendaran gratis namun harus tetap waspada dengan menggunakan kunci ganda.

Menariknya ada sebuah gua kecil yang bisa kamu lihat dan dijadikan spot foto. Namun hati-hati saat air pasang karena bisa menjadi perangkap hidup buat kamu.

Banyak juga yang menyebut keindahan pantai Tegal Wangi mirip dengan Dreamland Beach Bali. Apa iya?

3. Green Bowl Beach, Badung, Bali

 Green Bowl Beach Bali
Green Bowl Beach Bali (shutterstock)

Inilah asyiknya jalan-jalan ke pantai tersembunyi di Bali. Buat yang males jalan, pastiin deh kalau untuk bisa menikmati pantai bersih, pasir putih dan warna air laut yang hijau toska di Green Bowl Beach ini kamu harus menuruni 330 anak tangga.

Cukup menantang bukan?

Kecuali kamu ogah jalan, tempat ini sepertinya kurang cocok buat kamu yang males-malesan olahraga jalan kaki. Mungkin turunnya sih enak, tapi pikirin juga pas naiknya ya. Kalau enggak kuat, sebaiknya cari aja pantai-pantai yang enggak perlu jalan kaki seperti ini.

Cuma, kamu bakalan rugi banget karena ombaknya enggak terlalu besar, bahkan kamu juga bisa foto-foto di beberapa batu karang yang membentuk seperti jacuzzi alami.

Kalau mau ke sini, pastikan kamu menggunakan kendaraan rental atau kendaraan pribadi karena agak susah untuk mendapatkan kendaraan umum saat ke Green Bowl Beach.

Kalau mau berenang sebaiknya hati-hati karena pantainya lebih dominan dengan karang seperti umumnya pantai-pantai di Kuta Selatan.

Karena tempatnya tersembunyi dan juga tidak banyak dikunjungi oleh orang lain, tak mengherankan jika wisatawan memasukkan Green Bowl Beach dalam daftar tempat wisata pantai terbaik di Bali.

4. Pantai Kuta, Badung, Bali

Pantai Kuta boleh dibilang salah satu pantai paling terkenal di Bali dan sudah pasti disesaki turis-turis asing. Apalagi jajaran beberapa hotel sangat sesak memenuhi sepanjang pesisir pantai Kuta.

Pantai Kuta boleh dibilang sebagai salah satu pantai yang paling dekat dengan kota. Apalagi aksesnya sangat dekat dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Wajar jika pantai Kuta menjadi tempat wisata pantai terbaik di Bali yang wajib dikunjungi.

Kamu enggak perlu khawatir untuk mencari hotel murah di dekat pantai Kuta Bali. Soalnya ada beragam pilihan hotel murah yang bisa kamu pilih mulai dari harga Rp 200 ribuan hingga harga jutaan rupiah per malamnya.

5. Tanah Lot, Tabanan, Bali

Tanah Lot, Tabanan, Bali
Tanah Lot, Tabanan, Bali (shutterstock)

Sebaiknya jangan datang terlalu sore saat ke Tanah Lot. Soalnya biasanya suka ada umat Hindu yang melaksanakan peribadatan atau sembahyang. Apalagi keindahan Tanah Lot akan sirna setelah malam mulai menyergap.

Baiknya datanglah dua atau tiga jam sebelum matahari terbenam. Tanah Lot salah satu wisata pantai di Bali yang paling terkenal karena keberadaan pura yang berada di sebuah batu besar.

Tanah Lot juga punya tempat berbelanja mulai dari kuliner hingga oleh-oleh dan aksesoris khas Bali. Di sekitar parkiran juga sangat mudah mendapatkan rumah makan padang yang menjual kuliner halal.

Deburan ombak yang menghantam karang saat sore jelang matahari terbenam menjadi salah satu atraksi alam yang bisa kamu nikmati di Tanah Lot. Belum sah jika ke Bali tapi belum mengunjungi Tanah Lot ini. Tanah Lot menjadi salah satu tempat wisata pantai terbaik di Bali yang wajib dikunjungi.

6. Pantai Kayu Putih, Badung, Bali

Salah satu tempat yang paling cocok untuk selfie saat sunset tiba adalah di sebuah jembatan. Tapi, pantai ini sudah pasti ramai dikunjungi wisatawan.

Jangan khawatir karena banyak tempat foto yang instagrammable yang bisa kamu eksplore sambil jalan-jalan melihat-lihat sekeliling pantai sambil menunggu senja.

Meskipun pantai ini sangat terkenal dengan jembatannya sayang kondisi pantainya kurang terawat dan cederung kotor, tidak seperti pantai-pantai lain yang terkelola dengan apik dan baik.

Dibalik kekurangannya, pantai Kayu Putih merupakan tempat wisata pantai terbaik di Bali yang kerap kali muncul di feed Instagram karena jebatannya yang instagrammable.

7. Pantai Soka, Tabanan, Bali

Pantai Soka bisa kamu lewati jika kamu ke Bali dengan menggunakan akses jalur darat. Pantai Soka berada di ujung Jalan Raya Denpasar Gilimanuk.

Pantai ini boleh jadi sebagai salah satu gerbang untuk mengenal karakter pantai-pantai di Bali yang memilki tebing karang yang tinggi dan harus turun dari tebing jika ingin menuju pantai.

Pantai Soka kerap dijadikan sebagai rest area saat musim mudik tiba. Pantai Soka hampir tak pernah sepi dari pengguna jalan karena aksesnya sangat dekat dengan jalan raya.

Kamu bisa istirahat sambil berfoto-foto di sekitar taman pantai Soka. Namun kamu tidak bisa berenang di pantai Soka. Tempat ini hanya cocok untuk tempat transit sebelum ke menyeberang ke Banyuwangi.

8. Pantai Segara, Badung, Bali

surfing di bali
shutterstock

Pantai Segara termasuk pantai yang dekat dengan kota. Bahkan dari Mal Bali Galerina hanya sekitar 1.4 km saja kok. Jadi, bisa sambil jalan-jalan ke pantai abis shopping atau sebaliknya.

Risiko pantai dekat dengan kota itu selain banyak pedagang asongan juga kebersihannya kurang terjaga. Wajar juga jika Segara Beach memang kurang dipilih para wisatawan untuk sekadar menikmati pantai indah di Bali.

Pantai ini hanya cocok untuk jogging pagi dan para peselancar. Berselancar di Pantai Segara sangat cocok untuk para surfer yang sudah mahir karena ombaknya cukup tinggi.

Jika tertarik belajar berselancar kamu bisa kursus singkat dengan harga kursus bervariasi antara Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu.

Kamu bisa mencari oleh-oleh khas Bali juga di sekitar Pantai Segara. Jangan ragu untuk menawar harga jika memang sudah tertarik untuk membeli barangnya. Sebaliknya, jangan coba-coba menawar jika tidak ingin membeli.

9. Pantai Lebih, Gianyar, Bali

Inilah salah satu pantai yang paling dekat dengan Taman Safari Bali di Gianyar. Pantai Lebih hanya cocok untuk tempat berjalan jalan dan befoto-foto dengan teman-teman.

Apa yang bisa dilakukan di Pantai Lebih adalah berwisata kuliner terutama seafood. Soalnya Pantai ini memang menjadi salah satu yang paling dekat dengan kampung nelayan.

Ada beberapa warung-warung tradisional dan resto yang menawarkan kuliner khas Bali terutama makanan laut yang segar.

Salah satu kuliner khas Gianyar Bali yang wajib dicoba adalah Sate Languan. Sate Languan adalah sate yang berbahan dasar ikan laut, kelapa muda, bumbu rempah dan gula. Umumnya dikenal dengan sate lilit ikan Bali.

10. Pantai Yeh Leh, Jembrana

Pantai ini termasuk yang berada di sepanjang Jalan Denpasar Gilimanuk. Untuk yang naik kendaraan darat dari Jawa, bisa mampir di Pantai Yeh Leh Jembrana, Bali ini.

Pantainya berkarang dan hanya cocok untuk tempat istirahat saja sambil mendengarkan deburan ombak yang menjadi salah satu orkestra alami.

Pantai Yel Leh akan kamu lalui lebih dahulu sebelum Pantai Soka jika dari jembatan penyeberangan Gilimanuk.

Sepanjang bibir pantai sudah dibatasi dengan batuan alami yang menjadi tanggul untuk mengurangi erosi air laut. Beberapa tempat ada yang sudah memiliki taman dengan rumput hijau dan nyiur yang menambah keteduhan.

Sayangnya memang panti ini kurang terawat karena hanya dianggap sebagai salah satu tempat transit. Padahal pemandangannya tak kalah indah jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Bali.

11. Pantai Sumuh, Badung

Panti ini dekat dengan Tanjung Benoa. Pantai Sumuh memiliki pasir putih dan air laut yang biru. Beberapa bagian pantai nya merupakan halaman belakang hotel yang dijadikan tempat santai para tamu.

Pantai ini tidak terlalu dalam jadi cukup aman untuk tempat anak-anak berenang. Pantai Samuh termasuk pantai yang tidak terlalu banyak pengunjung.

Terdapat sebuah gazebo di ujung bibir pantai yang bisa dijadikan tempat foto atau selfie. Pantai ini kuran cocok untuk dijadikan tempat menunggu sunset karena berada di bagian Selatan Kuta.

Karakternya hampir mirip dengan pantai Nusa Dua Bali yang termasuk tempat wisata pantai terbaik di Bali.

12. Pantai Uluwatu, Badung, Bali

Pantai Uluwatu, Badung, Bali
Pantai Uluwatu, Badung, Bali (shutterstock)

Salah satu tempat wisata terbaik di Bali yang bisa dijadikan tempat untuk meliat sunset adalah Pantai Uluwatu. Apalagi kamu bisa meliat sunset dari tebing yang langsung berhadapan dengan laut.

Pantai Uluwatu sangat dekat dengan beberapa resort dan hotel di sekelilingnya. Pantai Uluwatu termasuk pantai indah yang menjadi karakteristik pantai Bali. Punya tebing karang tinggi di bibir pantai, pasir putih dan air laut yang biru dan bersih.

Untuk menuruni tebing dan menuju pantainya kamu harus berhati-hati karena terkadang jalannya sedikit licin karena banyak kerikil.

Pantai Uluwatu termasuk pantai terbaik untuk para peselancar karena memiliki ombak yang tinggi dan latar bekalang tebing yang sangat indah jika diliat dari arah laut.

Menariknya lagi Pantai Uluwatu diapit oleh dua tebing sehingga seolah-oleh berada di dalam sebuah gerbang pintu kota. Inilah salah satu rekomendasi pantai terbaik di Bali yang wajib kamu kunjungi karena keindahan alamnya.

13. Pantai Tegal Besar, Klungkung, Bali

Tak banyak yang tahu tentang Pantai Tegal Besar. Pantai Tegal Besar memilki sebuah muara sungai. Namun, pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.

Salah satu yang bisa dilakukan di Pantai Tegal Besar adalah memancing. Lokasinya memang tidak jauh dari Pantai Lebih. Tak heran jika di sekitar Pantai Tegal Besar ini juga terdapat beberapa warung makan tapi tidak lebih banyak jika dibandingkan dengan Pantai Lebih.

Salah satu karakteristik pantai di daerah Klungkung Bali adalah pasirnya yang berwarna hitam dan bibir pantai yang landai. Namun ombaknya cukup besar sehingga kurang cocok untuk dijadikan tempat bersantai atau berenang.

14. Pantai Mertasari, Denpasar, Bali

Pantai Mertasari, Denpasar, Bali
Pantai Mertasari, Denpasar, Bali (shutterstock)

Pantai Mertasari termasuk pantai yang sangat dekat dengan kota Denpasar Bali. Denpasar sangat dikenal hingga ke seluruh dunia berkat salah satu penyanyi kebanggaan Indonesia, Anggun C Sasmi yang mempromosikan Bali melalui lagu Denpasar Moon.

Pantai ini cocok sekali untuk berenang dan bersantai di tepi pantai. Airnya bersih dan pantainya juga berpasir putih.

Salah satu keistimewaan Pantai Mertasari karena menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbenam atau sunset di Bali.

Namun, kamu tetap harus waspada dengan barang bawaan dan jangan mudah meninggalkan barang bawaan di kendaraan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa pula untuk menggunakan kunci ganda untuk kendaraan kamu.

Pantai Mertasari juga cocok untuk berwiasta kuliner ria seperti mencoba sate Bali dan nasi Bali yang khas. Saat sore pantai ini juga menjadi salah satu tempat favorit anak-anak untuk bemain layang-layang. Sangat indah dan cukup ramai saat menjelang matahari terbenam.

15. Pantai Melasti, Badung, Bali

Pantai Melasti adalah pantai paling dekat dengan taman Garuda Wisnu Kencana. Jaraknya hanya dua kilomter dan bisa diakses dengan cara berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum.

Salah satu tempat instagrammable di Pantai Melasti adalah jalurnya yang berliku-liku meneruni tebing yang tinggi. Kelokan inilah yang mejadikannya sebagai salah satu tempat wisata pantai terbaik di Bali.

Bahkan pintu masuknya pun berupa sebuah gapura seperti dalam sebuah Pura atau Candi yang cukup tinggi.

Pantainya bersih dan pasirnya berwarna putih. Namun sepertinya pantai ini akan segera terkenal dan dijadikan salah satu tempat wisata pantai terbaik di Bali karena keindahannya.

Pantai Melasti juga menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunset. Beberapa bagian di bibir pantai terdapat gua-gua kecil yang dapat digunakan untuk berfoto namun harus berhati-hati karena pantainya berkarang.

16. Pantai Pasut, Tabanan, Bali

Pantai ini termasuk pantai yang jarang dikunjungi oleh wisatawan. Karakternya mirip dengan Pantai Lebih dan Pantai Tegal Besar, berpasir hitam.

Beberapa vila berjejer di bibir pantai Pasut Bali. Diantaranya memilki sebuah pantai pribadi yang indah.

Pantai ini juga menjadi salah satu spot untuk meliha sunset. Sayangnya pantai Pasut ini kurang dirawat dan kurang terkelola dengan baik.

Beberapa sudut masih terlihat sampah-sampah yang berserakan. Kebanyakan berasal dari sampah para pengunjung yang datang ingin menyaksikan matahari terbenam atau sekadar jalan-jalan.

17. Pantai Balian, Tabanan, Bali

Pantai Balian, Tabanan, Bali
Pantai Balian, Tabanan, Bali (shutterstock)

Pantai dengan pasir hitam dan tempat yang cocok untuk berselancar. Pantai ini juga bagus untuk lari pagi dan menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat sunset.

Pantai ini termasuk salah satu pantai yang paling dekat dengan Denpasar. Kira-kira bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 60 menit saja. Dan nantinya dari pintu Tol Soka hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja kok.

Beberapa Vila dan Resto berjejer di bibir pantai Balian. Salah satu yang direkomendasikan adalah Balian Surf Camp yang dekat dengan muara sungai.

Tempatnya tidak terlalu ramai dan sangat cocok untuk sekadar menikmati suasana pantai sambil makan siang.

Pantai Balian termasuk pantai yang menjadi salah satu tempat favorit bagi para peselancar. Tak heran jika tempat wisata pantai terbaik di Bali ini menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi oleh wisatawan asing yang suka surfing.

Baca artikel menarik lainnya tentang tempat wisata menarik di Bali dari Reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *