Peringati Kemerdekaan RI, Pelajari Sejarah Lewat 5 Museum ini

5 Museum yang Wajib Dikunjungi Pada Saat Perayaan HUT RI 17 Agustus

Travel Destinations213
5 Museum yang Wajib Dikunjungi Pada Saat Perayaan HUT RI 17 Agustus

Travel Blog Reservasi – Esok merupakan HUT RI yang ke-71. Hari yang sangat bersejarah untuk masyarakat dan penduduk Indonesia.

Di Jakarta banyak sekali museum-museum yang wajib kamu kunjungi untuk melihat kembali apa yang terjadi pada tahun 1945 yang lalu. Berikut 5 Museum yang wajib kamu kunjungi pada saat HUT RI 17 Agustus 2016.

Baca Juga Kostum yang Paling Sering Kamu Temui Pada Saat 17 Agustusan

1. Museum Sejarah Jakarta

5 Museum yang Wajib Dikunjungi Pada Saat Perayaan HUT RI 17 Agustus
Museum yang lebih dikenal dengan Museum Fatahillah atau Museum Batavia, terletak di Jakarta Kota di JL. Taman Fatahillah No.2, merupakan sebuah Stadhius (dalam bahasa Belanda untuk menyebutkan Balai Kota) yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan Van Hoorn.

Museum ini merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang sering dikunjungi oleh para wisatawan untuk mengenang  sejarah yang ada di Indonesia. Kini bahkan menjadi tempat perburuan pokemon langka di Jakarta.

5 Museum yang Wajib Dikunjungi Pada Saat Perayaan HUT RI 17 Agustus

Tidak hanya itu saja, selain tentang sejarahnya, Museum Fatahillah ini juga merupakan salah satu pusat tempat berfoto yang paling sering dikunjungi, gak percaya? Langsung saja datang besok bersama teman dan keluarga kamu.

2. Museum Kebangkitan Nasional

5 Museum yang Wajib Dikunjungi Pada Saat Perayaan HUT RI 17 Agustus

Museum yang terletak di JL. Abdul Rachman Saleh No. 26, Jakarta Pusat, merupakan salah satu tempat yang bersejarah dan didedikasikan untuk mengenang sejarah Indonesia. Museum Kebangkitan Nasional ini sendiri telah berdiri sejak tahun 1899-1901, kemudian diresmikan pada Maret 1902 silam.

Museum di Jakarta

Selain itu, gedung ini juga merupakan salah satu saksi lahirnya organisasi-organisasi dari pergerakan kebangsaan Indonesia, yaitu Boedi Oetomo, Trikoro Dharmo, Jong Minahasa dan Jong Ambon. Jika kamu  ingin mengunjungi Museum Kebangkitan Nasional di sini kamu juga bisa mengunjungi ke empat Museum lainnya, seperti Muesum Budi Utomo, Museum Wanita, Museum Pers dan Museum Kesehatan. Seru yah? Yuk Berangkat!

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

5 Museum yang Wajib Dikunjungi Pada Saat Perayaan HUT RI 17 Agustus
Kalau Museum yang satu ini tentunya wajib banget kamu kunjungi. Karena Museum Perumusan Naskah Proklamasi merupakan awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 17 Agustus 1945 yang lalu.

Gedung ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi untuk para Bangsa Indonesia dan juga merupakan salah satu tempat yang dijadikan dalam penyusunan naskah proklamasi. Yakin, kamu nggak mau datang ke tempat yang merupakan salah satu sejarah menjadi kebangkitannya Negara kita ini?

4. Museum Nasional Republik Indonesia

5 Museum yang Wajib Dikunjungi Pada Saat Perayaan HUT RI 17 Agustus
Terletak di JL. Medan Merdekat Bar No. 12 Jakarta Pusat, museum ini merupakan salah satu Museum bersejarah yang sering di kunjungi oleh para wisatawan sekitar dan asing. Bangunan yang didirikan oleh Pemerintah Belanda pada tanggal 24 April 1778 ini merupakan tempat perkumpulan Ilmiah Belanda untuk mendirikan berbagai macam organisasi.

Akhirnya pada tahun 1979 Museum Nasional Republik Indonesia ini mulai dikelola dan dijadikan salah satu tempat wisata bersejarah di Jakarta. Pasti kamu sudah pernah mengunjunginya pada saat study tour dulu kan?

5. Museum Satria Mandala

Museum di Jakarta
Museum yang terletak di JL. Jendral Gatot Subroto no. 14 Jakarta selatan ini merupakan salah satu Museum sejarah perjuangan para Tentara Nasional Indoensia. Diresmikan pada tahun 1972 silam oleh mantan Presiden Indonesia ke dua, Soeharto.

Museum di Jakarta

Museum Satria Mandala ini awalnya adalah salah satu rumah dari istri mantan Presiden Soekarno. Di sini kamu bisa menemukan beberapa benda peninggalan perang seperti beberapa koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam, dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke tempat bersejarah di Jakarta untuk mengenang perjuangan dari para Pahlawana kita sebelumnya? Yuk, langsung saja berangkat bersama teman dan keluarga kamu untuk mengisi kejayaan HUT RI yang ke-71 ini ya!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *