close

Mata Air Cikoromoy, Tak Pernah Kering Saat Kemarau

mata-air-cikoromoy-pandeglang-banten4
Instagram @ahmadbaehaky

Travel Blog Reservasi – Pesona wisata mata air memang belum terhenti sampai Umbul Ponggok dan Umbul Manten. Salah satu lokasi wisata mata air yang juga sedang hits di Provinsi Banten adalah mata air Cikoromoy yang terletak di kampung Cibulakan Desa Kadu Bumbang Kecamatan Cimanuk Pandeglang Banten.

Karakter tempat wisata mata air Cikoromoy Cimanuk Pandeglang Banten ini tidak berbeda jauh dengan Umbul Ponggok di Klaten. Lihat saja dasarnya yang dibiarkan alami dengan pasir hitam dan bebatuan. Nuansanya benar-benar alami seperti berada di alam. Belum lagi airnya yang jernih dan bening menambah pesona saat kalian selfie dalam air.

Berpose dengan Adat Istiadat Daerah Sendiri Tak Kalah Menarik

Instagram: @amboreynaldi
Instagram: @amboreynaldi

Penurut penuturan warga, mata air Cikoromoy ini sudah ada sejak zaman Belanda. Tak berbeda jauh dengan Umbul Ponggok Klaten yang memang dibangun pada zaman Belanda untuk kepentingan irigasi perkebunan serta kebutuhan masyarakat. Begitu juga dengan mata air Cikoromoy ini. Kemudian pada tahun 1975, mata air Cikoromoy ini dibangun sebagai tempat sumber air baku kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mencuci dan kebutuhan harian lainnya.

Pemandian Cikoromoy ini kolamnya sudah dibedakan sesuai dengan usia. Kolam untuk orang dewasa tentu lebih dalam dibandingkan dengan kolam untuk anak-anak. Jadi, tempat wisata mata air Cikoromoy ini memang kerap dijadikan sebagai lokasi wisata bersama keluarga.

Bertarung di Dalam Air Tetap Menjadi Pilihan Tepat Saat Berpose

Instagram @fajarnasution
Instagram @fajarnasution

Namun, lambat laun ternyata lokasi ini kerap dijadikan tempat bermain air sehingga lama-lama dibuka sebagai tempat wisata. Saat itu tarifnya hanya sekitar Rp. 100 saja. Melihat animo masyarakat yang tinggi terhadap wisata mata air Cikoromoy, kemudian kepala desa Kadu Bungbang mengelolanya sebagai pendapatan desa sejak tahun 2010. Tarif wisata mata air Cikoromoy saat itu ditetapkan Rp. 2.000/orang.

Wisata Bersama Pasangan Akan Menjadi Kenangan Indah yang Selalu Dikenang

Instagram @rerendii
Instagram @rerendii

Tempat wisata mata air Cikoromoy sudah sangat dikenal sekali di Pandeglang Banten. Bahkan mata air yang berasal dari kampung Cikoromoy ini dijadikan sumber bahan air bagi PDAM. Tempat wisata mata air Cikoromoy kini pamornya semakin naik setelah muncul tempat wisata alam sumber mata air seperti Umbul Ponggok dan Umbul Manten di Klaten. Begitu juga dengan beberapa sumber mata air di Sumedang dan Subang, Jawa Barat.

Sumber mata air ini berasal dari kaki gunung Karang. Airnya tetap bening meskipun terus dipadati oleh pengunjung. Pasalnya sirkulasi air lancar sehingga airnya tidak keruh dan tidak berbau. Sangat alami dan lebih natural dibandingkan dengan berenang di kolam renang biasa.

Solo Traveling Wisata Mata Air Sedikit Susah, Soalnya Tak Ada yang Bisa Jadi Fotografer

Instagram @ddrizky
Instagram @ddrizky

Lokasi mata air Cikoromoy ini tidak terlalu sulit untuk diakses. Patokannya dari arah alun-alun Pandeglang Banten tinggal mengarah ke jalan Labuan lalu ke arah kecamatan Cimanuk. Dari pertigaan Cimanuk hanya berjarang kurang lebih 7.5 kilometer. Paling mudah kalian tinggal bertanya saja situs Batu Quran. Lokasinya dari Situs Batu Quran hanya berjarak 300 meter saja.

Tempat Wisata mata air Cikoromoy ini tidak hanya menawarkan pesona beningnya mata airnya saja, melainkan sudah dilengkapi dengan fasilitas lain seperti warung lesehan. Menunya juga sangat mengugah selera seperti ikan air tawar bakar atau jika tidak suka dibakar, bisa juga digoreng kering. Lokasi wisata ini selalu menjadi primadona tempat wisata saat weekend khususnya pada hari Sabtu dan Ahad.

Panduan Menuju Wisata Mata Air Cikoromoy Pandeglang Banten

Tags : BantenWisata Air

Leave a Response