close

50 Tempat Wisata di Surabaya yang Paling Hits

50-Wisata-Surabaya-reservasicom
shutterstcok

26. Kebun Bibit Wonorejo

tempat wisata di surabaya
surabaya-bagus.blogspot.com

Merupakan salah satu destinasi berilibur yang berada di Surabaya. Tempat wisata yang satu ini menawarkan wisata murah dengan sajian yang komplit dan pas untuk para traveler. Selain Bandung, destinasi ini paling sering dikunjungi oleh para traveler untuk berlibur ataupun hanya menghabiskan akhir pekan bersama teman dan keluarga.

Jika sudah berada di tempat ini, kamu bisa melihat banyak sekali tanaman yang berada di kota Surabaya, yang tengah dikembangbiakan dan kemudian nantinya akan disebar ke seluruh sudut kota Surabaya.

Oh iya, sebelum para traveler mampir ke Kebun Bibit ini, kamu juga harus tahu sesuatu. Ternyata untuk bisa masuk ke tempat ini, kamu tidak akan dikenakan biaya apapun, alias gratis.

Ada banyak sekali spot yang wajib kamu kunjungi jika berada di kebun bibit ini, antara lain; Danau, Wall Climbing Anak, Kandang Rusa, Kandang Unggas, Jogging Track, Play Ground, Taman Bunga, Terapi Batu, Rumah Anggrek, Bibit Tanaman, Rumah Kompos, dan masih banyak lagi.

  • Jam operasional:
    Buka Setiap Hari 24 Jam
  • Alamat:
    Kendal Sari Blk. RK No.70 Wonorejo, Rungkut, Surabaya
  • Cara ke sini:
    Jika kamu berangkat dari Stasiun Wonokromo, kamu bisa melalui arah timur dengan menelusuri sungai jagir sampai menuju ke Jembatan MERR. Tak jauh dari sana, kamu bisa mengambil patokan Gunawangsa dan STIKOM nanti kamu akan menemukan Kebun Bibit Wonorejo.

27.  Masjid Muhammad Cheng Hoo

tempat wisata di surabaya
Masjid Muhammad Cheng Hoo

Salah satu masjid paling unik ini selalu ramai setiap harinya. Selain menjadi tempat beribadah, Masjid Muhammad Cheng Hoo juga sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari kalangan Muslim, sampai kalangan non-Muslim.

Gaya dan interior desain yang unik menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari masjid ini. Perpaduan gaya Tiongkok dan Arab serta dominasi warna merah, kuning, hijau menjadi ciri khas dari Masjid Muhammad Cheng Hoo.

Masjid ini telah dibangun sejak tahun 2003 yang lalu dan baru diresmikan pada tahun 2008 oleh Bupati Pasuruan, H. Jusbakir Aldjufri, SH. MM. Kamu bisa datang langsung dan melihat sendiri keindahan dan kemahsyuran dari Masjid Muhammad Cheng Hoo ini.

  • Jam operasional:
    Buka Setiap Hari 24 Jam
  • Alamat:
    Jalan Gading No.2 Ketabang, Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Cara ke sini:
    Naik bus A2 dari Terminal Purabaya dan turun di Rumah Sakit Adi Husada. Masjid terletak di jalan belakang rumah sakit. Bisa juga naik angkot GS atau UBB lalu turun di Taman Makam Pahlawan.

28.  Jalan Taman Apsari

tempat wisata di surabaya
cendananews.com

Menikmati keindahan Jalan Taman Apsari ini memang tak boleh terlewatkan. Berada di Jalan Pemuda yang berhadapan langsung dengan Gedung Grahadi, tempat rekreasi di Surabaya yang satu ini tak pernah sepi pengunjung.

Jika ke sini, kamu akan menemukan area taman seluas kurang lebih 5.300 m2 yang dilengkapi dengan 20 macam jenis bunga dan tanaman hidup yang indah dan sangat menawan. Selain itu, buat kamu yang sekedar ingin berolahraga, juga bisa membawa sepatu olahraga dan menikmati fasilitas jogging track yang ada di sana.

Salah satu ikon yang menarik dari tempat wisata ini adalah, kamu bisa melihat patung Gubernur Suryo, Gubernur pertama Jawa Timur. Tak hanya itu saja, di bagian bawah patung ini pun terdapat prasasti yang bertuliskan tentang pidato sang Gubernur.

  • Jam operasional:
    Buka setiap hari 24 Jam
  • Alamat:
    Jl. Pemuda, Taman Apsari, Surabaya
  • Cara ke sini:
    Tempat wisata ini berada tepat berhadapan dengan Gedung Grahadi, Surabaya. Kamu akan bisa dengan mudah menemukan tempat ini, jika sudah berada di Jalan Pemuda.

29.  THR (Taman Hiburan Rakyat)

tempat wisata di surabaya
exploresby.blogspot.com

Taman bermain ini sangat eksis dan selalu ramai oleh pengunjung setiap harinya. Jika di Jakarta kita memiliki Dunia Fantasi (DUFAN), Surabaya punya Taman Hiburan Rakyat atau yang juga dikenal THR.

Tempat wisata yang satu ini memiliki 16 permainan anak-anak dan dewasa. Untuk bisa mencoba semua wahana yang berada di THR ini, kamu perlu mengeluarkan kocek mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 50.000 untuk tiket paket terusan.

Selain taman wisata di THR. Jika kamu sudah berkunjung ke tempat ini, jangan lupa juga untuk berkeliling dan mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya. Kamu bisa datang ke Hi-Tech Mall dan Taman Remaja Surabaya, karena jarak kedua tempat wisata di Surabaya ini berdekatan.

  • Jam operasional:
    Buka Setiap Hari, mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB
  • Alamat:
    Jl. Kusuma Bangsa No. 116-118. Tambaksari, Kota Surabaya.
  • Cara ke sini:
    Untuk menuju ke THR, kamu bisa menggunakan kendaraan umum. Cara terbaik kamu bisa mengambil patokan Mall Hi-Tech Surabaya, yang berada tepat di antara Tugu Pahlawan, Monumen Pers Perjuangan dan juga Monumen Jendral Sudirman. Tinggal mengambil arah menuju ke Jl. Kusuma Bangsa, jika sudah sampai kamu akan melihat gerbang Taman Hiburan Rakyat Surabaya dengan mudah.

30.  Taman Mundu

tempat wisata di surabaya
webpalingupdate4u.blogspot.co.id

Taman Mundu yang merupakan salah satu taman di ruang terbuka yang hijau dan asri ini memang indah dan tak boleh kamu lewatkan jika sedang berada di kota Surabaya. Berada di seberang Stadion Gelora Sepuluh November Tambaksari Surabaya, tempat ini memiliki luas area kurang lebih 4.800 meter persegi.

Tempat yang selalu dijadikan destinasi paling favorit untuk mengisi akhir pekan bersama teman maupun keluarga untuk bersantai, ternyata memiliki banyak sekali fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya.

Lihat saja, mulai dari arena bermain anak-anak, jogging track, air mancur dengan tampilan lampu yang indah hingga lampu-lampu hias yang cantik dan pas untuk berselfie.

  • Jam operasional:
    Buka setiap hari 24 Jam.
  • Alamat:
    Luwet, Tambaksari, Surabaya
  • Cara ke sini:
    Buat kamu yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa berjalan ke arah Wisata Taman Mundu. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, atau menyewa mobil. Karena jika menggunakan kendaraan umum, kamu harus berhenti di terminal bus dan melanjutkannya dengan mengggunakan ojek.

31.  Taman Persahabatan

tempat wisata di surabaya
superkidsindonesia.com

Taman ini merupakan simbol persahabatan antara Indonesia dan Korea Selatan. Saat e Surabaya harus sekali kamu kunjungi. Taman ini juga diharapkan jadi hubungan baik antara Indonesia dan Korea Selatan sejak tahun 1994 yang lalu.

Para pengguna jalan yang melintas di sekitar Taman Persahabatan bisa langsung menikmati keindahan dari air mancur yang disajikan. Jika diperhatikan, pada tengah kolam yang memiliki bentuk lingkaran, ada tambahan sorotan lampu warna-warni yang menghiasi dan akan sangat cantik di malam hari.

  • Jam Operasional:
    Buka setiap hari 24 Jam
  • Alamat:
    Jl. Sulawesi No. 67 Tegalsari, Ngagel, Wonokromo.

32.  Jalan Kembang Jepun

tempat wisata di surabaya
flickr.com

Jalan Kembang Jepun adalah China Town-nya Surabaya. Tempat wisata yang satu ini merupakan wilayah tertua yang berada di Surabaya, lho. Berada di daerah sungai Kalimas, lokasi bersejarah ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan setiap harinya.

Tempat wisata di Surabaya yang satu ini merupakan kawasan pecinan dengan banyak sekali jenis toko dan kedai kuliner. Nah, buat kamu yang tertarik untuk berkunjung ke Jalan Kembang Jepun ini, pastinya kamu bisa menemui banyak sekali tempat wisata kuliner yang patut dicicipi.

Banyak sekali kuliner khas Surabaya maupun Tiongkok yang bisa kamu temui di Jalan Kembang Jepun ini. Hmm, pastinya untuk para pecinta kuliner akan senang sekali jika berada di tempat wisata yang satu ini.

  • Jam operasional:
    Buka Setiap Hari 24 Jam (kecuali pada pedagang ditempat ini)
  • Alamat:
    Jl. Kembang Jepun, Surabaya
  • Cara ke sini:
    Jika berangkat dari terminal Bungurasih, kamu bisa langsung naik bus dan menuju Jembatan Merah yang menghubungkan Jalan Rajawali dan Jalan Kembang Jepun.

33. Museum Kesehatan Dr. Adhyatma

tempat wisata surabaya
ulinulin.com

Berwisata sambil edukasi? Yup, kamu bisa berkunjung  ke Museum Kesehatan Dr. Adyatama. Museum yang memiliki tiga ruangan ini, masing-masing memiliki koleksi yang cukup unik.

Museum ini memiliki tiga ruangan. Ruangan pertama yang berisi patung-patung ganesha dan boneka jailangkung, dan kumpulan foto sejarah dunia medis Indonesia. Ruangan kedua berisi inovasi alat-alat kesehatan. Ruangan ketiga berisi tentang santet yang dikaitkan dengan dunia medis.

Unik dan agak seram ya memang. Tapi, kamu bisa mendapatkan pengalaman dan sensasi baru ketika berwisata ke Surabaya.

  • Jam operasional:
    Senin – Jumat (08.00 – 15.00)
    Sabtu – Minggu (09.00 – 14.00)
  • Lokasi:
    Jl. Indrapura No.17 Surabaya
  • Cara ke sini:
    Kamu bisa berangkat dari terminal Bungurasih atau Purabaya, habis itu naik bus yang mengarah ke Jembatan Merah Plaza (JMP) dan kemudian silakan turun di halte Kompleks P3SKK Depkes RI maupun Rumah Sakit Kelamin Surabaya, tak jauh dari sana kamu akan dengan mudah menemukan Museum Kesehatan Dr Adyatma.

34. De Mata Trick Eye Museum

tempat wisata di surabaya
www.dematamuseum.com

Bagi yang hobi foto-foto, De MATA Trick Eye Museum sangat cocok untuk dikunjungi ketika kalian sedang berada di Surabaya. Ada lebih dari 100 lukisan yang bisa kalian jadikan obyek foto. Lukisan yang ada di De MATA ini telah dibuat sedemikian rupa, sehingga lukisannya terlihat hidup ketika kalian menempatkan diri di titik yang tepat dan foto diambil dari sudut yang pas.

Harga tiket masuk ke De MATA Trick Eye Museum cukup terjangkau, Rp 35.000 per orang. Untuk anak-anak di bawah 6 tahun, tiket masuknya gratis. Kalau mau lebih hemat lagi, datanglah hari Senin – Jumat pukul 10.00 – 15.00 karena harga tiketnya hanya Rp 25.000.

  • Jam operasional:
    10.00 – 00.00 (Senin – Jumat), 10.00 – 02.00 (Sabtu – Minggu)
  • Alamat:
    Surabaya Town Square Lt. 1, Jl. Adityawarman No. 55
  • Cara ke sini:
    Dari Terminal Joyoboyo, naik angkot TV jurusan Ngesong, Balongsari, Manukan atau Lontar. Semuanya lewat Jl. Adityawarman.
    Dari Stasiun Gubeng, naik angkot F jurusan Terminal Joyoboyo. Lalu lanjutkan perjalanan dengan angkot TV.

35. Kebun Bibit 2 Wonorejo

tempat wisata di surabaya
Instagram @prasetia.bhayu

Sesuai namanya, Kebun Bibit 2 Wonorejo menjual bibit aneka tanaman termasuk pupuk kompos. Namun, kalian tidak hanya bisa membeli bibit di sini. Salah satu spot favorit adalah danau besar yang berada di tengah-tengah kebun. Kalian bisa berfoto-foto di dermaga dengan latar belakang danau atau di taman bunga.

Selain itu kalian bisa memberi makan ke rusa-rusa yang jinak dan lucu di kandang rusa. Bagi yang membawa anak kecil, ada area panjat dinding anak dan taman bermain. Tidak ada biaya tiket masuk ke Kebun Bibit Wonorejo alias gratis.

  • Jam operasional:
    06.00 – 18.00
  • Alamat:
    Jl. Kendal Sari Blok RK No. 70, Rungkut
  • Cara ke sini:
    Dari Terminal Bratang, naik mikrolet RBK (angkot warna biru) jurusan Rungkut Barata. Turun di Kendalsari. Jalan kaki sekitar 200 meter ke Kebun Bibit 2 Wonorejo.

36. Taman Sakura Keputih

tempat wisata di surabaya
Instagram @mayfufah

Tahukah kalian bahwa dulunya taman cantik ini adalah tempat pembuangan sampah akhir? Setelah direlokasi, sebagian lahan bekas TPA ini disulap menjadi Taman Sakura Keputih.

Jika beruntung, mungkin kalian bisa melihat sakura yang cantik sedang mekar dan berfoto-foto di sini tanpa harus ke Jepang. Selain taman bunga, ada taman bermain dan fasilitas batu refleksi. Seperti obyek wisata taman lainnya di Surabaya, tidak ada biaya tiket masuk ke Taman Sakura Keputih. Gratis!

  • Jam operasional:
    06.00 – 18.00
  • Alamat:
    Jl. Keputih Tegal Timur II No. 249, Sukolilo
  • Cara ke sini:
    Dari Petekan / JMP / Kalimas Barat, naik angkot warna kuning (O) jurusan Keputih. Turun di Terminal Keputih. Taman Sakura Keputih terletak tidak jauh dari terminal.Dari Tambak Oso Wilangun (depan SPBU), naik angkot warna kuning (WK) jurusan Keputih.
    Dari terminal Joyoboyo, naik angkot warna biru (JBM) jurusan Keputih.

37. Perpustakaan Bank Indonesia

tempat wisata di surabaya
Instagram @syamsur91

Tempat wisata di Surabaya yang satu ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya milik pemerintah kota Surabaya. Dulunya gedung Perpustakaan Bank Indonesia merupakan tempat tinggal Gubernur De Javasche Bank yang kemudian menjadi Bank Indonesia. Lalu gedung ini sempat difungsikan sebagai Museum Mpu Tantular.

Di sini kalian bisa membaca koleksi buku-buku atau jurnal tentang ekonomi. Ada ruang duduk yang nyaman, sofa empuk di lobi dan taman yang asri. Kalian juga bisa mengagumi keindahan arsitektur kuno Belanda yang masih terjaga dengan baik sambil berfoto-foto.  Masuk ke Perpustakaan Bank Indonesia juga gratis loh!

  • Jam operasional:
    08.00 – 16.00 (Senin – Jumat), 08.00 – 17.00 (Sabtu), Minggu tutup
  • Alamat:
    Jl. Taman Mayangkara No. 6, Darmo
  • Cara ke sini:
    Dari terminal Joyoboyo, naik angkot warna cokelat tua (V) jurusan Tambakrejo lalu turun di halte Jl. Taman Mayangkara.

38. Masjid Ampel

tempat wisata di surabaya
Instagram @pitalocadiyah

Masjid ini merupakan salah satu cagar budaya dan obyek wisata religi favorit di Surabaya. Tentunya siapa yang tak kenal Sunan Ampel? Salah satu wali songo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Masjid yang dibangun pada zaman Majapahit oleh Sunan Ampel ini memang mengesankan dan wajib dikunjungi terutama oleh umat Muslim.

Beberapa titik favorit yang bisa kalian eksplorasi saat di masjid kuno ini antara lain: lima gapura / pintu gerbang yang menggambarkan rukun Islam, sumur air berkah, makam Sunan Ampel, makam Mbah Bolong dan makam Mbah Soleh. Selain itu jangan lupa untuk menjelajah area sekitar masjid. Ada banyak pedagang yang menjajakan kuliner khas Arab dan pernak pernik Islami.

  • Jam operasional:
    24 jam
  • Alamat:
    Ampel, Semampir
  • Cara ke sini
    – Dari Pangkalan Bulak Banteng atau Dukuh Kupang, naik angkot warna biru muda (WL). Turun di Jl. KH Mas Mansyur. Jalan kaki beberapa ratus meter ke pintu masuk utama Masjid Ampel.
    – Dari Terminal Kenjeran, naik angkot warna pink (JMK) jurusan JMP / Kalimas Barat. Turun di Jl. KH Mas Mansyur.
    – Dari Pangkalan Petojo, naik angkot warna biru (USP) jurusan Ujung Baru / Perak (Pelabuhan). Turun di Jl. KH Mas Mansyur.

39. Monumen Patung Gubernur Suryo

tempat wisata di surabaya
Instagram @fjf_s.t

Monumen ini didirikan untuk mengenang jasa dan keberanian Gubernur Suryo. Beliau adalah gubernur Jawa Timur pertama yang menjabat pada tahun 1945 – 1948. Beliau meninggal pada tahun 1948 karena dibunuh saat pemberontakan PKI Madiun. Monumen ini terletak di komplek Taman Apsari, persis di depan Gedung Grahadi. Ketika berkunjung ke sini, kalian bisa berfoto-foto atau sekedar duduk-duduk santai seperti yang biasa dilakukan anak-anak muda Surabaya.

  • Jam operasional:
    24 jam
  • Alamat:
    Jl. Gubernur Suryo, Embong Kaliasin
  • Cara ke sini:
  • Dari Balongsari, naik angkot warna biru muda (E) jurusan Pangkalan Dharma Husada. Turun di Jl. Gubernur Suryo.
    Dari Pangkalan Simorukun, naik angkot warna biru muda (E) jurusan Pangkalan Dharma Husada. Turun di Jl. Gubernur Suryo.
    Dari Pangkalan Sawahan, naik angkot warna biru muda (E) jurusan Pangkalan Dharma Husada. Turun di Jl. Gubernur Suryo.
    Dari Terminal Joyoboyo, naik angkot warna cokelat (V) jurusan Pangkalan Tambakrejo. Turun di Jl. Gubernur Suryo.

40. Arca Joko Dolog

tempat wisata di surabaya
Instagram @chg.hidayat

Arca Joko Dolog diperkirakan dibuat pada tahun 1289 M. Kalau kalian menyukai sejarah, rasanya wajib datang ke sini. Kalian bisa melihat patung yang dibuat untuk menghormati sosok Wisnu Wardhana, raja Singosari kala itu. Beliau terkenal karena bijaksana, memiliki pengetahuan luas di bidang hukum, taat beragama Buddha dan cita-citanya yang mulia yaitu mempersatukan Indonesia.

  • Jam Operasional:
    Hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu (24 jam)
  • Alamat:
    Jl. Taman Apsari, Embong Kaliasin
  • Cara ke sini:
    Dari Pangkalan Kapas Krampung, naik angkot warna biru (W) jurusan Dukuh Kupang. Turun di Taman Apsari.
    Dari Terminal Joyoboyo, naik angkot warna cokelat (V) jurusan Pangkalan Tambakrejo. Turun di Jl. Gubernur Suryo. Jalan kaki beberapa ratus meter ke arah Jl. Taman Apsari.

41. Waterpark Kenjeran

tempat wisata di surabaya
Instagram @alifudinfirdaus_

Inilah salah hiburan rakyat Surabaya yang ingin main air seru dan murah meriah. Ada tiga jenis kolam di Waterpark Kenjeran yaitu kolam dewasa, kolam anak-anak dan kolam arus. Jika kalian berminat ke sini, kalian juga bisa sekaligus melihat atraksi wisata lainnya karena Waterpark Kenjeran terletak di dalam area Pantai Kenjeran Baru. Atraksi menarik lainnya adalah Pagoda Tian Ti, Kyakya Seaside, Kyakya Playground, sirkuit balap motor, dan sebagainya.

  • Harga tiket masuk:
    Rp 20.000 (Senin – Jumat), Rp 25.000 (Sabtu – Minggu & hari libur nasional)
  • Jam operasional:
    24 jam
  • Alamat:
    Jl. Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak
  • Cara ke sini:
    Dari terminal Joyoboyo, naik angkot JK jurusan Terminal Kenjeran. Turun di Kenjeran.
    Dari Petekan, naik angkot warna hijau muda (R2) jurusan Terminal Kenjeran. Turun di Pantai Kenjeran.
    Dari Petekan, naik angkot warna pink (JMK) jurusan Terminal Kenjeran. Turun di Pantai Kenjeran.

42. Patung Budha Empat Rupa

tempat wisata di surabaya
Liputan6.com

Patung Budha Empat Rupa menjadi salah satu ikon wisata religi di Surabaya. Patung ini disebut-sebut mirip dengan patung Budha yang berada di negeri gajah putih, Thailand. Selain menjadi tempat ibadah, Patung Budha Empat Rupa ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang kerap dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Pantai Ria Kenjeran, Surabaya.

Patung Budha Empat Rupa ini tingginya sekitar 36 meter termasuk kubah yang menjadi pelindung keberadaan Patung Budha Empat Rupa di area Kelenteng Sanggar Agung. Mengapa patung ini memiliki empat rupa atau wajah? Hal terbut merupakan simbol sifat sang Budha yaitu murah hati, adil dan meditasi.

Lokasi Patung Budha Empat Rupa sangat dekat dengan Jembatan Suramadu dan area Pakuwon City. Dari puast kota jaraknya hanya sekitar 9 kilometer saja. Jika kamu turun dari Bandara Juanda tinggal menggunakan bus Damri menuju terminal Bungurasih. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan bus jurusan Joyoboyo. Dari Joyoboyo hanya tinggal menggunakan angkot satu kali jurusan Joyoboyo-Kenjeran. Selain menggunakan angkutan umum, kamu juga bisa menggunakan taksi atau angkutan lainnya seperti taksi online.

43. Skate & BMX Surabaya

wisata surabaya
inyainyu.com

Skate & BMX adalah salah satu taman di kota Surabaya. Sesuai dengan namanya, taman ini memang ditujukan untuk anak muda yang gemar bermain skateboard dan sepeda BMX. Selain itu juga sudah disediakan lintasan dan wahana untuk bermain skateboard dan sepeda BMX dengan nyaman.

Taman Skate & BMX ini persis berada di tepi sungai Kalimas. Alamat Taman Skate & BMX berada di Jalan Ketabang Kali persis berada di belakang Delta Plaza atau dekat dengan Grand City Mall Surabaya.

Selain memiliki pepohonan dan fasilitas untuk para penggemar olahraga keterampilan anak muda, taman Skate & BMX Surabaya memiliki ikon patung Suro yang merupakan lambang atau maskot kota Surabaya.

Jika kamu dari Bandara Juanda tinggal naik bus Damri ke terminal Purabaya Bungurasih. Kemudian dari terminal Purabaya Bungurasih melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus kota PAC1 jurusan Bungurasih-Darmo-Perak, turun di Jalan Delta Plaza.

44. Food Junction Grand Pakuwon

tempat wisata di surabaya
surabayarek.com

Salah satu rujukan untuk mendapatkan aneka kuliner khas Surabaya terlengkap adalah Food Junction Grand Pakuwon. Selain sebagai pusat kuliner terlengkap di Surabaya, di lokasi yang sama juga terdapat wahana permainan untuk anak-anak mulai dari Helicak hingga Bumper Boat. Harga satu permainan berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp25 ribu.

Food Junction Grand Pakuwon ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 siang hingga pukul 22.00 malam. Tempat makannya memiliki nuansa romantis yang cocok buat pasangan berakhir pekan. Tak heran Food Junction ini juga jadi pilihan keluarga untuk berakhir pekan.

  • Harga Tiket Masuk:
    Gratis
  • Alamat:
    Jalan Banjar Suguhan Tandes, Surabaya Barat.

45. Jembatan Biru Kenjeran Surabaya

serverharga.com

Jembatan Biru Kenjeran Surabaya ini boleh jadi menjadi salah satu tempat wisata baru di Surabaya yang belum banyak diketahui orang. Jembatan ini menghubungkan antara pantai Ria Kenjeran baru dengan Pantai Kenjeran Lama.

Jembatan Kenjeran menjadi salah satu tempat wisata selfie yang populer di Instagram. Tak sedikit muda mudi Surabaya yang berselfie ria terutama menjelang senja. Keunikannya karena terdapat air terjung goyang yang dijalankan setiap malam Minggu sebagai hiburan warga.

  • Harga Tiket Masuk:
    Gratis
  • Jam Air Mancur Goyang:
    Dari pukul 20.00-21.00 WIB tiap malam Minggu

46. Monumen Suroboyo

chuakidz.blogspot.co.id

Monumen Suroboyo adalah patung Sura dan Buaya. Kini patung Suroboyo ini tak hanya bisa disaksikan di depan Kebun Binatang Surabaya saja tapi juga berada di Taman BMX samping sungai Kalimas.

Patung Sura dan Buaya dilambangkan dengan dua ekor binatang yang terkenal ganas yaitu patung Hiu dan Buaya. Warga terkenang dengan legenda perkelahian antara Sura dan Buoyo sehingga mengambil nama Surabaya. Namun ada pendapat lain yang menyatakan bahwa Surabaya berasal dari kata Sura dan Baya yang artinya selamat menghadapi bahaya.

47. Museum WR Soepratman

indoturs.com

Wage Rudolf Seoparman adalah seorang pencipta lagu Indonesia raya. Namun lebih dikenal dengan WR Soepratman. Sebagai salah satu pahlawan bangsa, nama WR Soepratman digunakan sebagai nama jalan di beberapa kota.

Selain itu, untuk mengenang jasanya. Pemerintah Kota Surabaya pun mendirikan sebuah museum untuk menghormati bapak Indonesia raya. WR Soepratman lahir di Jakarta pada tahun 1903 namun dimakamkan di Surabaya pada tahun 1938 bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus.

Selain terdapat sebuah patung WR Soepratman yang sedang memainkan biola, museum ini juga menyimpan koleksi replika biola dan teks lagu Indonesia Raya yang kerap dinyanyikan setiap acara-acara Nasional maupun saat Upacara hari Senin di Sekolah. Museum bersejarah ini beralamat di Jalan Mangga 21, Tambaksari, Surabaya. Museum buka dari pukul 09.00-17.00 WIB.

48. Taman Gantung Surabaya

adeutomo.com

Jika kota Bandung punya Teras Cihampelas yang merupakan Skywalknya Bandung yang mirip di Singapura, Surabaya juga punya wisata baru berupa taman jembatan penyeberangan yang di pinggirnya ditumbuhi oleh tanaman yang membuatnya terlihat asri dan hijau.

Taman Gantungan Surabaya ini baru dibuka sebagai tempat wisata di Surabaya pada Juli 2016. Isiinya sebuah jembatangan penyeberangan dengan dua bangku taman yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan dari taman gantung Surabaya.

  • Harga Tiket Masuk:
    Gratis
  • Alamat:
    Taman Gantung Surabaya, Jalan Tunjungan, Surabaya

49. Monumen Kapal Selam

shutterstock

Sebagai kota sejarah yang melahirkan banyak pejuang, Surabaya memiliki salah satu monumen yang sangat unik berupa alat transportasi laut, kapal selam. Monumen ini adalah kapal selam asli yang pernah terlibat dalam peperangan sesungguhnya dalam pembebasan Irian Barat (Papua) dari Belanda di wilayah laut Aru.

Monumen yang dikenal dengan nama monkasel ini terletak di jalan pemuda no 39 Genteng, Surabaya. Kapal selam dengan nama Pasopati ini merupakan kapal selam buatan Uni Soviet.

Monkasel atau Monumen Kapal Selam Surabaya ini berada di pusat kota dekat dengan Sungai Kalimas dan Surabaya Plaza. Jadi akses untuk transportasi sangat mudah baik dari Bandara Juanda maupun dari Terminal Bungur, Surabaya.

Bukan hanya museum saja, tapi juga ada fasilitas kolam renang yang dibuka untuk umum dengan tarif delapan ribu rupiah. Sementara tiket masuk hanya sebesar sepuluh ribu rupiah saja.

50. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Dengan udara yang cukup panas di Surabaya, keberadaan hutan merupakan salah satu yang paling dibutuhkan. Maka, tak heran jika sekarang Surabaya bebenah dan lebih memperbanyak ruang terbuka hijau.

Namun, sebetulnya ada hutan mangrove Surabaya yang sangat dekat dengan bandara Juanda Surabaya. Hutan Mangrove Wonorejo bisa jadi tempat wisata populer karena lingkungannya yang alami.

Parkir mobil di lokasi ini cukup terjangkau hanya tiga ribu rupiah saja. Sementara itu juga sudah banyak penjaja kuliner khas Surabaya yang berjualan di tempat parkiran sekitar Hutan Mangrove Wonorejo.

Selain bisa menikmati burung-burung endemik khas Hutan Mangrove kamu juga bisa naik perahu berkeliling hutan bakau Surabaya dengan tiket perahu Rp25.000 per-orang. Sedangkan jika ingin lebih leluasa bisa menggunakan speed boat dengan harga sewa sebesar Rp300 ribu untuk 6 orang penumpang.

  • Alamat:
    Hutan Mangrove Wonorejo berada di Jalan Wonorejo Timur No. 1 Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur.

Itulah lima puluh pilihan tempat wisata di Surabaya yang wajib kamu kunjungi saat singgah di Kota Pahlawan. Dari sekian banyak tempat itu hampir semuanya bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.

Semoga artikel ini membantu. Selamat liburan!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Jawa TimurSurabayaTempat Wisata

5 Comments

  1. Tulisan dan foto Masjid Muhammad Cheng Hoo diatas menunjukkan Masjid Muhammad Cheng Hoo yang berada di Pandaan, Pasuruan. Bagaimana bisa alamat yang ditampilkan berada di Surabaya?

  2. itu alamat yg dikasih buat menuju mesjid muhammad cenghoo nya salah woy. ke arah sebrang ulu deket pasar induk jakabaring mah itu mesjid muhammad ceng ho yg dipalembang, klo yg dipalembang emang terletak di daerah jakabaring
    sebrang ulu. tolong dikoreksi ya. eniwei thanks jadi tau mau ke mana selama ke sby.

Leave a Response