Dari Ujung Utara ke Selatan, Ini 9 Tempat Wisata di Sumatra yang Wajib Dikunjungi

Dari Ujung Utara ke Selatan, Ini 9 Tempat Wisata di Sumatra yang Wajib Dikunjungi

Travel Destinations108
Dari Ujung Utara ke Selatan, Ini 9 Tempat Wisata di Sumatra yang Wajib Dikunjungi

Travel Blog Reservasi – Sebagai warga negara Indonesia, sudah sejauh mana kamu mengeksplor negeri ini? Wisata nggak cuma sekadar kegiatan bersenang-senang. Lebih dari itu ada pengalaman dan pelajaran hidup yang bisa kamu dapat di sepanjang perjalanan.

Baca 5 Wisata Alam Sumatera Barat yang Bikin Kamu Selalu Kangen

Dimulai dari pulau besar di bagian barat Indonesia, yuk intip 10 tempat wisata menarik di Sumatra! Dari ujung utara sampai ujung selatan, pulau ini siap menyuguhkan keindahannya di hadapanmu.

Pantai Lhok Mee, Aceh

Sempat dilanda gelombang tsunami besar pada 2004 lalu, Aceh kini sudah bangkit dan berbenah menjadi kota destinasi wisata di ujung utara Sumatera. Selain Museum Tsunami yang ikonik, jangan lupa mampir ke Pantai Lhok Mee yang cantik di kawasan Aceh Besar. Kamu bakal disuguhi hamparan pasir putih dan beberapa pohon yang tumbuh di tengah air.

Danau Toba dan Pulau Samosir, Sumatera Utara

Nggak usah diragukan lagi pesonanya, dua tempat yang berada dalam satu kawasan ini jadi ikon wisata Sumatera Utara. Dari tepian Danau Toba, naiklah kapal ferry ke Samosir untuk menikmati keindahan alamnya.

Di sana ada 2 danau di atas danau, yaitu Sidihoni dan Aek Natonang. Unik ya, di atas Danau Toba berdiri Pulau Samosir. Lalu di atas Pulau Samosir terdapat 2 danau lagi, wajar dijuluki danau di atas danau.

Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh – Sumatera Utara

Masih di bagian utara Sumatera, mampir juga yuk ke Taman Nasional Gunung Leuser. Saking luasnya yang mencapai lebih dari 1 juta hektar, TNGL masuk dalam 2 wilayah sekaligus yaitu Aceh dan Sumatera Utara.

Di sini terdapat banyak spesies flora dan fauna langka yang dilindungi. Beberapa di antaranya adalah gajah Sumatera dan harimau Sumatera yang mulai terganggu habitatnya.

Lembah Harau, Sumatera Barat

Negara bagian California di Amerika Serikat boleh bangga memiliki Yosemite National Park. Tapi jangan salah, Sumatera Barat juga menyimpan keindahan Lembah Harau. Keduanya mirip, diapit 2 bukit cadas dengan ketinggian lebih dari 100 meter.

Lembah Harau berlokasi di Kabupaten Limapuluh Koto, nggak jauh dari Payakumbuh. Tempat cantik ini juga mengapit jalur Kelok Sembilan yang ikonik.

tempat-wisata-di-sumatra

Ngarai Sianok, Sumatera Barat

Nggak perlu diragukan lagi keindahan alam Ngarai Sianok di Bukittinggi, Sumatera Barat. Lembah asri namun curam ini berdiri memanjang dari Koto Gadang, melewati Sianok Anam Suku dan berakhir di Kecamatan Palupuh.

Ngarai Sianok yang memiliki kedalaman jurang mencapai 100 meter bagaikan membelah Sumatera menjadi 2, sehingga disebut sebagai Patahan Semangko. Di tengahnya mengalir sungai Batang Sianok yang bisa dijelajahi dengan perahu kayak.

Perpustakaan Soeman HS, Riau

Jika ada kesempatan berkunjung ke Riau, jangan lupa mampir ke Perpustakaan Soeman HS yang dijadikan salah satu tempat penyimpanan arsip negara. Namanya diambil dari seorang pujangga kenamaan asal Riau keturunan Tapanuli, Soeman HS.

Tempat ini baru diresmikan pada tahun 2008 oleh Jusuf Kalla yang kala itu juga menjabat sebagai Wakil Presiden. Rata-rata jumlah pengunjung harian sekitar 1.000 orang. Wah, banyak juga ya!

Benteng Marlborough, Bengkulu

Siapa sangka, bangsa Inggris pernah membangun benteng terkuat di wilayah timur tepatnya di atas tanah Bengkulu. Fort Marlborough dibangun pada awal abad ke-17 di masa pendudukan Inggris.

Jika dilihat dari atas, bentuk benteng ini menyerupai kura-kura. Luasnya 44.000 m2 dengan 72 meriam asli yang masih berdiri kokoh. Desain Fort Marlborough kental dengan nuansa Eropa, memiliki tembok melengkung di beberapa sudut.

Jembatan Ampera, Sumatera Selatan

Siapa yang belum kenal dengan jembatan ini? Jembatan Ampera menjadi ikon kota Palembang dan provinsi Sumatera Selatan. Berdiri kokoh di atas Sungai Musi, Jembatan Ampera adalah penghubung antara kawasan Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Awalnya, Jembatan Ampera bisa dinaik-turunkan bagian tengahnya seperti jembatan lain di Eropa dan Amerika. Kapal besar dan tinggi bisa melintasi Sungai Musi saat jembatan dibuka. Sayang, mulai tahun 1970-an aktivitas naik-turun jembatan dihentikan karena dianggap mengganggu kelancaran lalu lintas.

tempat wisata di Palembang
shutterstock

Pantai Gigi Hiu, Lampung

Terakhir di ujung selatan Sumatera ada Pantai Gigi Hiu yang cantiknya bukan main. Jangan gagal fokus pada namanya, di pantai ini nggak ada gigi hiu betulan kok! Dinamai Gigi Hiu karena pantai ini memiliki pemandangan batu-batu karang menjulang tinggi yang berbentuk seperti gigi ikan hiu.

Baca 10 Tempat Wisata di Lampung dengan Pemandangan Alam Paling Eksotis

Untuk sampai ke sini, kamu perlu menempuh perjalanan panjang dari pusat kota Lampung sekitar 3-4 jam. Di dekat pantai ini ada Teluk Kiluan, tempat penangkaran lumba-lumba yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Wah, sepertinya asyik juga ya menyusuri sepanjang Sumatera dengan perjalanan darat. Kamu bisa mampir ke semua destinasi di atas dan menikmati pengalamannya.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *