10 Destinasi Wisata Wajib di Tanah Sulawesi, Banyak Pantai Cantik Nih! - Reservasi Travel Blog

10 Destinasi Wisata Wajib di Tanah Sulawesi, Banyak Pantai Cantik Nih!

Travel Destinations348
10 Destinasi Wisata Wajib di Tanah Sulawesi, Banyak Pantai Cantik Nih! shutterstock

Travel Blog Reservasi – Sebagai pulau terbesar ke-4 di Indonesia, Sulawesi menyimpan banyak tempat-tempat indah yang menarik wisatawan. Terbagi menjadi 6 provinsi, semua wilayahnya berbatasan dengan pantai cantik. Nggak heran destinasi wisata di Sulawesi didominasi lautan dan pantai.

Selain pantai, pulau yang dijuluki Celebes ini juga menyimpan beberapa situs sejarah yang dibuka untuk umum lho. Yuk, intip 10 destinasi wisata wajib di Sulawesi!

Baca Makanan Khas dan Oleh-Oleh Khas Sidrap, Sulawesi Selatan

Pulau Bunaken, Sulawesi Utara

Diawali dari provinsi paling utara, jangan sampai melewatkan kecantikan pulau Bunaken. Pulau seluas 8,08 km persegi di Teluk Manado ini bisa ditempuh dengan 30 menit perjalanan menggunakan speed boat dari Pelabuhan Manado.

Pulau Bunaken dan laut di sekitarnya masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bunaken. Di sini terdapat 20 titik penyelaman (diving) yang disebut-sebut masuk daftar favorit penyelam mancanegara.

Bukit Doa Tomohon, Sulawesi Utara

Masih di Sulawesi Utara, mari beranjak dari lautan ke bukit di kota Tomohon. Bukit Doa Tomohon ini menjadi spot wisata religi khususnya untuk umat Kristiani. Lokasinya yang berada di ketinggian menawarkan suasana sejuk nan asri bagi setiap pengunjung.

Di Bukit Doa Tomohon terdapat spot berbentuk setengah lingkaran dengan tangga di sekelilingnya menyerupai colosseum. Bagian inilah yang menjadi latar foto favorit, altar pemberkatan pernikahan, hingga panggung pertunjukan seni.

Waruga, Sulawesi Utara

Tanah Sulawesi Utara juga dikenal dengan suku adatnya yaitu Minahasa. Salah satu adat leluhur Minahasa adalah menguburkan jenazah dalam peti batu yang disebut Waruga. Tepatnya di Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara terdapat setidaknya 370 waruga utuh peninggalan leluhur suku Minahasa.

Situs bersejarah ini menjadi destinasi wisata menarik, dan dicalonkan masuk dalam daftar situs warisan budaya UNESCO.

shutterstock
shutterstock

Benteng Otanaha, Gorontalo

Bergeser ke Gorontalo, Benteng Otanaha menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi. Sebagai bukti peninggalan orang-orang Gorontalo kuno, bangunan ini terbilang megah dengan 4 tingkat.

Total ada 348 anak tangga dari lantai dasar sampai puncaknya. Menurut penelitian beberapa ilmuwan, benteng megah di atas bukit ini dibangun pada pertengahan abad ke-15.

Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Baru diresmikan tahun 2004, Taman Nasional Kepulauan Togean terletak di Teluk Tomini Sulawesi Tengah. Rata-rata pulaunya terbentuk dari aktivitas vulkanis sehingga tanahnya subur dan asri.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini antara lain snorkeling menikmati cantiknya terumbu karang di Pulau Kadidiri, atau mengunjungi pemukiman suku Bajo di kawasan Kabalutan.

Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Destinasi perairan yang satu ini nggak kalah populer dari Bunaken. Punya luas area sekitar 1,4 juta hektar, Taman Nasional Wakatobi adalah surganya terumbu karang dan ikan laut hias.

Kota terdekat yang bisa dijangkau adalah Bau Bau, Sulawesi Tenggara. Kalau berkunjung ke Wakatobi, wajib banget menikmati snorkeling di lepas pantai. Kamu bakal disuguhi harta karun tersembunyi negeri ini.

Fort Rotterdam, Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan adalah surganya tempat wisata, termasuk benteng Fort Rotterdam yang merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Terletak di Ujung Pandang, benteng ini sempat dijadikan gudang rempah-rempah pada masa pendudukan Belanda.

Taman Nasional Bantimurung, Sulawesi Selatan

Sulawesi bisa dibilang sebagai penyumbang lokasi Taman Nasional terbanyak di Indonesia. Ada satu lagi yaitu Taman Nasional Bantimurung di Bulusarung, Sulawesi Selatan. Luasnya hampir mencapai 44.000 hektar dan baru diresmikan pada tahun 2004.

Di Taman Nasional Bantimurung ini terdapat lebih dari 80 gua alam dan gua prasejarah, air terjun, serta puluhan jenis kupu-kupu. Wah, tempatnya pasti cantik banget nih!

shutterstock
shutterstock

Celebes Canyon, Sulawesi Selatan

Meski tergolong sebagai destinasi wisata baru, air terjun Celebes Canyon sudah menarik banyak wisatawan. Rutenya cukup sulit, tapi sebanding dengan pemandangan bebatuan cantik yang mirip Grand Canyon. Maka dari itu warga sekitar menamainya Celebes Canyon.

Lokasi air terjun ini ada di Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Begitu memasuki Desa Libureng bertebaran papan petunjuk jalan yang akan memudahkanmu menemukan Celebes Canyon.

Baca Tak Perlu ke Belanda, Ada Spot Instagram Baru di Sidrap, Sulawesi Selatan

Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

Nggak cuma Pantai Losari, Sulawesi Selatan juga menyimpan keindahan Pantai Tanjung Bira. Lokasinya berada di ujung selatan Pulau Sulawesi, tepatnya Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba.

Pantai Tanjung Bira terkenal dengan hamparan pasir putihnya yang bersih. Jangankan wisatawan domestik, turis mancanegara pun terpukau dan betah berlama-lama di sini. Kamu jadi makin tertarik berkunjung nggak nih?

Sudah punya list dari ujung utara sampai selatan Sulawesi, yuk mau ke mana dulu?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *