17 Tempat Wisata di Solo yang Unik, Bersejarah dan Cocok untuk Liburan Keluarga

17 Tempat Wisata di Solo yang Unik, Bersejarah dan Cocok untuk Liburan Keluarga

Travel Destinations1.4K
17 Tempat Wisata di Solo yang Unik, Bersejarah dan Cocok untuk Liburan Keluarga shutterstock

Travel Blog Reservasi – Tempat wisata di Solo itu sebetulnya banyak, namun hanya sedikit yang justru baru terekspose oleh media. Beruntung saat ini dengan semakin banyak pengguna instagram yang didominasi oleh anak muda, ikut serta juga mempromosikan tempat-tempat wisata di Solo yang memilik potensi.

Solo atau Surakarta kini menjadi salah satu kota yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Setelah Joko Widodo berhasil menjadi Presiden Republik Indonesia, makin banyak wisatawan yang penasaran dengan keberhasilan mantan Walikota Solo ini sehingga berhasil mengantarkannya ke kursi Presiden NKRI.

Lalu kira-kira tempat wisata di Solo apa saja yang wajib dikunjungi? Berikut Travel Blog Reservasi sajikan yang dihimpun dari berbagai sumber.

1 . Taman Sriwedari

forum liputan6.com

Taman Sriwedari menjadi salah satu pusat hiburan, seni dan budaya di kota Surakarta. Sejak masa lalu Taman Sriwedari sudah menjadi pusat hiburan malam. Begitu juga pada acara-acara budaya seperti tradisi Malam Selikuran. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah pertunjukkan Wayang Orang Sriwedari yang menjadi salah satu magnet budaya di Taman Sriwedari hingga saat ini.

Alamat Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta (Solo)

2. Museum Radya Pustaka

liputan6.com

Inilah museum yang diklaim sebagai museum tertua di Indonesia. Museum Radya Pustaka adalah museum arsip yang didirikan pada 18 Oktober 1890 oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningkrat IV. Bangunan Museum Radya Pustaka merupakan bangunan bekas tempat tinggal seorang Belanda bernama Johannes Busselaar.

Museum ini merupakan tempat arsip surat-surat kerajaan. Kata Radya berarti pemerintah dan Pustaka berarti surat sehingga Museum Radya Pustka adalah Museum tempat penyimpanan surat pemerintah. Kini koleksinya sudah bertambah tidak hanya arsip surat saja melainkan juga beberapa benda lain seperti keramik, buku-buku, arca hingga senjata.

Alamat Jl. Brigjen Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta

3. Museum Fosil Sangiran

Meskipun bukan bagian dari kota Surakarta namun Museum Fosil Sangiran ini jaraknya dekat dengan Surakarta. Museum Fosil Sangiran adalah salah satu museum yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia karena menyimpan situs fosil purbakala Sangiran.

Di sinilah seorang arkeolog asal Jerman Profesor Von Koenigswald menemukan fosil manusia purba Pithecanthropus Erectus.

Alamat Kalijambe, Sragen, Krikilan, Kalijambe, Kabupaten Karanganyar

4. Benteng Vastenburg

liputan6.com

Salah satu wisata sejarah di Solo yang kerap dijadikan lokasi selfie favorit adalah Benteng Vastenburg. Benteng yang dibangun pada tahun 1745 saat masa penjajahan Belanda ini merupakan perintah dari Gubernur Jendral Baron Van Imhoff.

Bangunan Benteng ini memiliki keunikan karena di ke empat sudut Benteng memiliki bentuk seperti kerucut jika dilihat dari udara. Bagian depan benteng memiliki parit untuk menahan laju musuh. Selain memiliki gerbang utama, Benteng Vastenburg juga memiliki dua akses lagi di pintu selatan dan pintu bagian timur.

Benteng yang memiliki luas sekitar 40.000 meter persegi ini kini sudah dipugar dan menjadi salah satu lokasi sejarah yang menjadi tempat selfie favorit di kota Surakarta. Selain arsitekturnya yang khas, Benteng Vastenburg juga memiliki arsitektur yang kokoh seperti bangunan-bangunan model Eropa pada masanya.

Alamat Jalan Jendral Sudirman Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta

5. Museum Keraton Solo

liputan6.com

Jika ingin mengenal sejarah, seni, dan tradisi kota Solo datanglah ke Museum Keraton Surakarta. Museum ini dibangun bersamaan dengan dibangunnya Keraton Solo pada tahun 1743 hingga tahun 1745. Wisatawan dapat menyaksikan sendiri barang-barang peninggalan keluarga kerajaan mulai dari alat masak abdi dalem, senjata-senjata antik hingga alat-alat musik dan kesenian yang masih tersimpan dengan rapi.

Selain barang-barang tersebut, Museum Keraton Solo juga masih menyimpan kereta kencana hingga topi kebesaran raja yang kerap dianggap sebagai mahkota Paku Buwana VI, VII dan X. Museum Keraton Solo memiliki 13 ruangan. Wisatawan tidak boleh masuk ke lingkungan Keraton jika menggunakan sandal jepit, jaket, celana pendek dan pakaian yang kurang sopan lainnya.

Alamat Jl. Sidikoro, Baluwarti, Ps. Kliwon, Kota Surakarta

6. Museum Pers Nasional

shutterstock

Museum Pers Nasional hampir mirip fungsinya seperti Museum Radya Pustaka. Perbedaannya Museum Pers Nasional hanya menyimpan catatan naskah dan dokumen-dokumen kuno yang berkaitan dengan perjalanan panjang pers Nasional di Indonesia sejak penjajahan Belanda, Jepang hingga masa Kemerdekaan.

Museum ini memiliki sekitar 13.000 koleksi sejarah mulai dari buku, naskah, dokumen hingga majalah-majalah kuno yang pernah terbit pada masanya sejak tahun 1913 hingga 1929. Bahkan Museum ini juga menyimpan beberapa peralatan pers pada masa lalu seperti kamera, pemancar radio, koleksi foto, mesin tik hingga pakaian pers pada masa lalu. Unik sekali bukan?

Alamat Jalan Gajah Mada No 59 kota Surakarta

7. Museum Keris

liputan6.com

Inilah salah satu museum Keris terlengkap di Indonesia yang menyimpan hampir sekitar 336 keris dari berbagai daerah nusantara hingga memiliki koleksi paling fenomenal berupa keris tertua yang masih utuh dari era Kerajaan Majapahit pada abad ke 15.

Museum Keris Indonesia ini baru diresmikan oleh pemerintah pada tanggal 20 Mei 2017 silam. Museum Keris memiliki empat lantai termasuk satu basemen. Wisatawan bisa mengetahui informasi tentang keris yang dipajang mulai dari umur, spesifikasi hingga komponen dan sejarahnya. Harga tiket masuk Museum Keris Solo murah hanya dibandrol enam ribu rupiah per-orang.

Alamat Jl. Bhayangkara, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta

8. Museum Pesanggrahan Langenharjo

Museum Pesanggrahan Langenharjo dulunya merupakan tempat rekreasi, taman wisata, taman bermain bagi keluagra kerajaan Keraton Surakarta pada saat Pakubuwono X masih berkuasa. Pesanggrahan Langenharjo dibangun tepat di pinggir sungai Bengawan Solo.

Sebagai tempat peristirahatan Raja, Pesanggrahan langenharjo memiliki keistimewaan karena dulunya memiliki sebuah sumber air panas yang dijadikan sebagai tempat berendam para raja.

Alamat Jl. Langen Harjo, Langenharjo, Grogol, Kabupaten Sukoharjo

9. Pasar Klewer Solo

liputan6.com

Pasar Klewer Solo merupakan salah satu pusat grosir batik di Solo. Bahkan pasar Klewer Solo menjadi salah satu pemasok batik skala nasional. Tak heran jika Pasar Klewer menjadi denyut perekonomian kota Surakarta, terlebih lokasinya yang strategis di pusat kota. Pasar Klewer Solo ini juga memiliki tempat wisata kuliner di Solo yang tak boleh dilewatkan.

Alamat Jalan Dr Radjman kota Solo

10. Kebun Binatang Taru Jurug

shutterstock

Salah satu satwa yang menjadi legenda di Kebun Binatang Taru Jurug Solo adalah gajah yang dijuluki dengan nama Kyai Rebo. Kyai Rebo kini sudah mati dan diawetkan oleh pengelola sehingga menjadi salah satu magnet bagi wisatawan. Koleksi Kebun Binatang Taru Jurug cukup lengkap mulai dari Harimau Sumatera hingga primata. Next…

Alamat Taman Wisata Taru Jurug di Jalan Ir. Sutami No 40, Kentingan, Jebres, Surakarta. 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *