10 Tempat Wisata di Semarang untuk Menemani Akhir Tahun Baru

10 Tempat Wisata di Semarang untuk Menemani Liburan Akhir Tahun

Travel Destinations242
10 Tempat Wisata di Semarang untuk Menemani Liburan Akhir Tahun

Travel Blog Reservasi – Akhir tahun semakin dekat, tempat wisata di Indonesia pun juga banyak yang menawarkan wisata-wisata unik dan menarik. Tak melulu ke luar negeri, ternyata dalam negeri pun punya banyak sekali tempat wisata yang indah dan tidak kalah menariknya dengan negeri orang.

Jika biasanya kamu menghabiskan malam tahun baru dengan berkunjung ke Bali, tidak ada salahnya kan di Tahun ini kamu mencoba untuk melancong ke Semarang, Jawa Tengah. Nggak cuma Lawang Sewu saja yang terkenal di sana, ternyata ada banyak sekali tempat wisata lain yang bisa kamu datangi dan indah semua, lho.

Jawa Tengah yang terkenal dengan wisata kuliner dan tempat wisata yang menarik ini memiliki lima gunung berapi dan semua masih aktif. Jika kamu ingin berkunjung ke Semarang untuk menghabiskan liburan tahun baru nanti, sebaiknya cek juga tiket dan hotel murah di sini.

Yuk! Kita lihat 10 tempat wisata di Semarang yang siap menemani liburan kamu nanti:

1. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

shutterstock_230344534

Masjid yang terletak di Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Simbirejo kota Semarang ini sudah dibangun sejak 6 September 2002 yang lalu. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang baru diresmikan pada tanggal 14 Nov 2006 yang lalu oleh mantan presiden kita Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono.

Karena keindahan yang luar biasa dan sangat menakjubkan ini, masjid tersebut pun juga sudah sering dijadikan tempat wisata oleh warga sekitar maupun para wisatawan.

Tak seperti masjid pada umumnya, di sini kamu bisa menemukan berbagai macam fasilitas antara lain, perpustakaan, auditorium, penginapan, museum budaya Islam, restoran atau kafe, toko cenderamata, kereta kelinci , tempat bermain anak-anak dan lainnya.

2. Sam Poo Kong

www.vacationbaliindonesia.com
www.vacationbaliindonesia.com

Merupakan salah satu kelenteng bekas tempat persinggahan dari seorang Laksamana Tiongkong Muslim yang bernama Zheng He atau Cheng Ho. Berlokasi di daerah Simongan dan tepatnya berada di sebelah barat kota Semarang ini juga sudah sering dijadikan tempat wisata yang selalu ramai setiap harinya.

Jika kamu tertarik untuk mampir ke Klenteng Sam Poo Kong ini kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 3.000. Tak hanya sekedar berkeliling, di tempat ini kamu juga bisa berfoto bersama teman maupun keluarga dengan mengenakan pakaian tradisional khas Tiong Hua yang telah tersedia di tempat ini. Cukup membayar Rp 30.000 saja foto pun sudah siap dan langsung jadi.

3. Candi Gedong Songo

telusuriindonesia.com
telusuriindonesia.com

Tempat wisata yang terletak di Desa Candi, Bandungan Kabupaten Semarang ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang selalu ramai oleh para pelancong. Tak hanya wisatawan lokal, tapi para wisatawan mancangara pun juga sering mengunjungi Candi Gedong Songo yang berada di Semarang ini.

Sesuai dengan namanya, di tempat ini berada 9 buah candi yang tersebar di kawasan wisata kompleks Candi Gedong Songo ini.

Harga tiket masuk

  • Wisatawan lokal Rp 6.000
  • Wisatawan Asing Rp 50.000

Baca Juga:

4. Mangkang Zoo Semarang

.semarangdestinations.cf
.semarangdestinations.cf

Kebun binatang yang berada di Semarang ini juga telah menjadi salah satu objek wisata paling favorit yang sedang berlibur bersama keluarga. Tak seperti kebun binatang biasanya, tempat ini justru memadukan konsep rekreasi sambil memberi edukasi para wisatawan nya.

Di tempat ini para pengunjung bisa mengenal marga dan satwa lebih luas dan mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak untuk mengenal flora dan fauna yang berada di Indonesia ini.

Di Mangkang Zoo Semarang ini kamu bisa menemui kurang lebih 40 jenis satwa. Selain kebun binatang, kamu yang berlibur bersama keluarga juga bisa menikmati fasilitas dan wahana lainnya seperti;

  • Naik Becak-becakan               : Rp 5.000
  • Menunggang Kuda                 : Rp 10.000
  • Bermaini Flying Fox              : Rp 10.000
  • Naik Gajah                               : Rp 5.000
  • Bermain Perahu Air               : Rp 3.000
  • Naik Kereta Mini Anak          : Rp 3.000
  • Bermain wisata air                 : Rp 10.000
  • Menonton Film Satwa           : Rp 3.000

Fasilitas lainnya yang berada di sekitar antara lain;

  • Penginapan
  • Area Parkir
  • Tempat Ibadah

Harga Tiket Masuk Mangkang Zoo

  • Jam Buka : 08:00 – 17:00 WIB
  • Senin – Jumat : Rp 5.000
  • Sabtu – Minggu : Rp 7.500 (termasuk untuk hari libur nasional)

5. Kampoeng Wisata Taman Lele

wisatajateng.com
wisatajateng.com

Memang tempat-tempat wisata di Semarang ini sangat cocok jika dikunjungi bersama keluarga. Kampoeng Wisata Taman Lele ini sangat pas kamu sambangi. Banyak sekali aktivitas rekreasi bersama keluarga yang berada di tempat ini, di antaranya;

  • Kolam Renang
  • Danau Buatan
  • Gazebo
  • Penginapan
  • Tempat Pertunjukan
  • Kebun Binatang Kecil
  • Taman Bermain Anak

Untuk bisa masuk ke Kampong Wisata Taman Lele pun juga terbilang sangat murah, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 2.000 pada hari Senin dan Sabtu, dan akan dipatok Rp 3.500 pada hari minggu. Murah sekali bukan?

6. Air Terjun Kali Pancur

hellosemarang.com
hellosemarang.com

Jika sudah berkunjung ke beberapa tempat wisata yang berada di Semarang, kini saatnya mendatangi Air Terjun Kali Pancur. Berlokasi di Desa Nogosaren, Semarang, air terjun ini memiliki ketinggian yang kurang lebih 150 meter menjulang ke atas.

Airnya yang sejuk dan ditambah pula dengan pemandangan di sekitar yang dihiasi dengan pepohonan hijau dan juga batu-batuan alam yang masih natural ini selalu menjadi favorit para traveler.

Tapi, untuk bisa bermain di Air Terjun Kali Pancur ini kamu harus melewati kurang lebih 900 anak tangga. Cukup melelahkan sih, tapi semua akan terbayar dengan keindahan dan sejuknya air terjun yang akan kamu temui nanti.

7. Pagoda Buddhagaya Watugong

tempat wisata di semarang untuk memenami akhir tahun
yogyakarta.panduanwisata.id

Kalau tadi kita sudah melihat Sam Poo Kong, kini saatnya melirik Pagoda Buddhagaya Watugong. Tempat ini memiliki Pagoda tertinggi di Indonesia dengan ketingian mencapai lebih dari 45 meter ini berlokasi di Jalan Raya Pudakpayung, Banyumanik.

Kompleks Viharra Buddhagaya Watungong ini sendiri memiliki luas tanah sebesar 2,25 hektar yang terdiri dari lima bangunan utama dan 2 bangunan utama lainnya, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala. Pagoda Buddhagaya Watugong ini sudah berdiri sejak tahun 1955.

Selain kedua Pagoda yang sudah disebutkan tadi, di sini juga ada beberapa patung-patung para Buddha dan Dewi Kwan Im di ke empat penjuru mata angin. Patung lainnya yang terdapat di Pagoda itu adalah Patung Amitabha yang bisa kita lihat pada puncak pagoda.

8. Taman Rekreasi Wonderia

cakrawalatour.com
cakrawalatour.com

Tak hanya tempat bersejarah dan wisata alam saja, ternyata Semarang juga memiliki beberapa tempat rekreasi, salah satunya Taman Rekreasi Wonderia. Berada di Jl. Sriwijaya no. 29, Tegalsari Kota Semarang ini sudah dibuka sejak tahun 2007. Banyaknya wahana yang sangat seru di Taman Rekreasi Wonderia ini beberapa di antaranya;

  • Merry Go Round
  • Typhoon Coaster
  • Boom Boom Car
  • Kiddy Boat
  • Super Rally
  • Space Gyro
  • Ghost House
  • dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk

  • Senin – Jumat : Rp 9.000
  • Sabtu – Minggu : Rp 10.000

Jam buka untuk hari biasa mulai dari pukul 09:00 sampai 22:00 WIB dan khusus akhir pekan akan buka hingga pukul 23:00 WIB.

9. Brown Canyon

semarangplus.com
semarangplus.com

Tak mau kalah dengan Grand Canyon di Amerika, kini Semarang juga memiliki Brown Canyon dengan pemandangan yang sangat indah. Awalnya tempat ini merupakan sebagai proyek galian C yang sudah berumur kurang lebih 10 tahun lamanya.

Brown Canyon yang terletak di daerah Rowosari Meteseh Tembalang Semarang, kini sudah ramai tiap harinya dikunjungi oleh para pelancong yang sedang berkunjung ke Kota Semarang.

Awal nya tempat ini memang hanyalah proyek galian biasa, dan lagi-lagi berkat sosial media tempat ini sudah menjadi sangat populer.

10. Lawang Sewu

shutterstock_470915624

Kalau tempat wisata yang terakhir ini tak perlu ditanyakan lagi. Belum ke Semarang rasanya jika tidak mampir ke Lawang Sewu.

Tempat wisata yang sangat terkenal dengan ke angkerannya ini, ternyata juga sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara setiap harinya.

Banyak cerita horor yang beredar, mulai dari noni Belanda dan sampai hantu tanpa kepala yang suka melintas di koridor Lawang Sewu.

Pada zaman dahulu kala, Lawang Sewu ini sendiri pun menjadi salah satu tempat peninggalan pemerintahan kolonial Belanda. Gedung yang sudah berdiri sejak tahun 1904 yang lalu, masih berdiri utuh dan kokoh sampai saat ini.

Terkenal akan 1000 pintu yang berada dalam gedung ini, menjadikan daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *