Lintasi Jalur Pantura, Ini 30 Tempat Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi - Reservasi Travel Blog

Lintasi Jalur Pantura, Ini 30 Tempat Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi

Travel Destinations3
Lintasi Jalur Pantura, Ini 30 Tempat Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi shutterstock

Travel Blog ReservasiMudik sambil piknik kini makin digemari banyak orang. Ibaratnya sambil menyelam minum air, perjalanan menuju kampung halaman makin seru diselingi traveling. Kapan lagi bisa mudik sekaligus wisata bersama dengan keluarga.

Momen mudik memang jadi kesempatan emas buat keluarga bisa bercengkrama bersama. Terkadang akan sangat sulit untuk mengumpulkan anggota keluarga untuk wisata pada hari biasa. Itulah mengapa momen mudik menjadi momen yang paling pas untuk kumpul sekaligus wisata bersama keluarga.

Di jalur pantura Jawa ada 30 tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Tempat wisata tersebut amat beragam. Dari tempat wisata alam sampai dengan tempat wisata religi. Yuk, simak rangkuman Reservasi.com di bawah ini!

Baca 5 Tips Tinggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran

Pantai Eretan Wetan, Indramayu

Pantai di Indramayu menjadi primadona di pesisir Utara Jawa Barat, salah satunya adalah Eretan Wetan. Sebelum bermacet-macetan di Cirebon dan Brebes, boleh lah mampir sebentar ke pantai ini.

Kampung Batik Trusmi, Cirebon

cirebon
wikipedia

Indonesia terkenal dengan kain batik yang berasal dari beberapa daerah, salah satunya Cirebon. Kamu bisa mampir ke Kampung Batik Trusmi untuk berburu kain dan kerajinan batik khas Cirebon.

Taman Sari Gua Sunyaragi, Cirebon

Di Cirebon juga ada Taman Sari Gua Sunyaragi, yang konon katanya menjadi tempat istirahat dan meditasi para anggota keluarga kerajaan pada zaman dahulu kala.

Pantai Randusanga, Brebes

Masuk ke Jawa Tengah kamu akan disambut indahnya sunset di Pantai Randusanga Brebes. Sepulang dari sana bisa dilanjutkan dengan berburu telur asin untuk dijadikan oleh-oleh.

Pantai Alam Indah, Tegal

Sekitar sejam dari Brebes mampir dulu ke Pantai Alam Indah Tegal untuk istirahat sejenak. Deburan ombak dan angin sepoi-sepoinya cocok untuk hilangkan penat.

Pemandian Air Panas Guci, Tegal

Tegal juga punya pemandian air panas Guci yang populer dengan teh pocinya. Berendam di air hangat bisa mengurangi lelah dan pegal selama perjalanan lho!

Pantai Widuri, Pemalang

Masih wisata air, kamu wajib mampir ke Pantai Widuri Pemalang yang kini dilengkapi dengan waterpark sekelas Ancol. Pasti seru banget kan?

Museum Batik Indonesia, Pekalongan

Kalau belum puas berburu batik di Cirebon, lanjutkan di Kampung Batik Pekalongan. Koleksi batik di sini tak kalah cantik dan menarik.

Agrowisata Kebun Teh Medini, Kendal

Jika menginginkan wisata sejuk di dataran tinggi, mampir lah ke agrowisata kebun teh Medini Kendal. Suasana sejuk dan udara dingin siap menyambutmu.

Lawang Sewu dan Tugu Muda, Semarang

klenteng sam poo kong semarang
shutterstock

Sekitar satu jam dari Kendal kamu akan tiba di ibu kota Jawa Tengah. Jangan lewatkan mampir ke dua bangunan ikoniknya yaitu Lawang Sewu dan Tugu Muda. Kedua tempat ini berada di satu area yang sama, jadi kamu bisa menjangkaunya dengan mudah.

Klenteng Sam Poo Kong, Semarang

klenteng sam poo kong semarang
shutterstock

Semarang juga punya Klenteng Sam Poo Kong dengan patung Laksamana Ceng Ho tertinggi se-Jawa. Kamu bisa menyewa guide jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang sejarah perjalanan Ceng Ho di Pulau Jawa.

Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

masjid agung jawa tengah
shutterstock

Jangan lupa mampir juga ke Masjid Agung Jawa Tengah untuk istirahat dan beribadah, sambil mengagumi kemegahan arsitekturnya. Masjid Agung Jawa Tengah ini terletak di Semarang bagian Timur.

Masjid Agung Demak

masjid agung demak
shutterstock

Masjid Agung Demak juga tak kalah menarik sebagai masjid tertua di Pulau Jawa tempat berkumpulnya para ulama zaman dahulu. Di kompleks masjid ini ada museum yang menyimpan peninggalan sejarah perkembangan Islam di Pulau Jawa.

Makam Sunan Kalijaga dan Raden Patah, Demak

Kalau sudah sampai ke Masjid Agung Demak, sayang sekali jika tidak mampir ziarah ke makam Sunan Kalijaga dan Raden Patah. Di kompleks pemakaman ini tersimpan juga barang-barang peninggalan keluarga Kesultanan Demak.

Masjid Menara Kudus dan Makam Sunan Kudus

masjid menara kudus
shutterstock

Bergerak ke Timur dari Demak, kamu akan sampai di Kota Kretek. Di sini ada Masjid Menara Kudus dan makam Sunan Kudus yang terletak tak jauh dari situ. Keunikan masjid ini terletak pada gapuranya yang berbentuk seperti Pura umat Hindu.

Makam RA. Kartini, Rembang

Ingat pahlawan emansipasi wanita kebanggaan Indonesia? Untuk mengenang jasa-jasanya, kamu bisa mampir ziarah ke makam RA. Kartini yang berada di Rembang.

Pantai Karang Jahe, Rembang

Setelah ziarah ke makam RA. Kartini, mampir lah sebentar ke Pantai Karang Jahe di Rembang. Pada masa pendudukan Belanda, Rembang dikenal sebagai pelabuhan besar lho!

Pantai di sepanjang Tuban

Keindahan pantai utara Jawa tersaji juga di sepanjang kawasan Tuban. Ada beberapa pantai yag bisa kamu kunjungi seperti Pantai Kelapa, Pantai Sowan dan Pantai Pasir Putih Remen.

Makam Sunan Bonang, Tuban

Untuk wisata ziarah, di Tuban ada makam salah satu anggota Walisongo yaitu Sunan Bonang.

Gua Maharani Zoo, Lamongan

Bergeser ke Lamongan jangan sampai melewatkan indahnya Gua Mazola alias Gua Maharani Zoo Lamongan. Gua kapur cantik ini masih mengalami pertumbuhan stalaktit dan stalagmit tiap tahunnya lho!

Pantai Dalegan, Gresik

Sampai di Gresik, kamu akan disambut indahnya Pantai Dalegan dengan hamparan pasir putihnya. Yakin tak ingin mampir?

Makam Sunan Giri, Gresik

Wisata ziarah di Gresik bisa kamu lakukan dengan mengunjungi makam Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim yang berlokasi tak jauh dari pusat kota.

Tugu Pahlawan, Surabaya

Tiba di ibu kota Jawa Timur wajib hukumnya mampir ke Tugu Pahlawan Surabaya untuk mengenang peristiwa 10 November.

Pantai Kenjeran, Surabaya

pantai kenjeran surabaya
shutterstock

Kunjungi juga Pantai Kenjeran Surabaya di pagi hari, kamu akan disuguhi indahnya pemandangan matahari terbit.

Kampung Arab dan Makam Sunan Ampel, Surabaya

Di pusat kota Surabaya ada Kampung Arab yang mayoritas warganya memang keturunan Timur Tengah. Di sana ada juga wisata ziarah makam Sunan Ampel.

Wisata Lumpur Lapindo, Sidoarjo

Tentu semua masih ingat tragedi semburan lumpur dari tanah di kawasan Sidoarjo. Kini kawasan tersebut menyediakan tempat untuk para pelancong dari luar kota yang ingin menyaksikan dari dekat. Kamu tertarik?

Taman Nasional Bromo Semeru Tengger, Probolinggo

Sepertinya belum ke Jawa Timur kalau tidak mampir ke Taman Nasional Bromo Semeru Tengger. Sudah pernah mampir ke sana?

Taman Nasional Baluran, Situbondo

Kalau ingin menikmati keindahan beragam vegetasi mampirlah ke Taman Nasional Baluran Situbondo. Di sini ada beberapa vegetasi seperti saana, hutan mangrove, hutan musim dan hutan pantai.

taman nasional alas purwo banyuwangi
shutterstock

Taman Nasional Alas Purwo dan Meru Betiri, Banyuwangi

Di ujung Timur pulau Jawa kamu bisa mampir ke Taman Nasional Alas Purwo dan Meru Betiri Banyuwangi. Serunya menikmati keindahan alam kemudian dilanjut kunjungan ke Kawah Ijen.

Kawah Ijen, Banyuwangi

kawah ijen banyuwangi
shutterstock

Jika normalnya kawah gunung berapi berwarna kemerahan, Kawah Ijeng memiliki warna biru nyala. Inilah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Kota mana saja nih yang masuk dalam rute mudikmu? Yuk, sekalian berwisata!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *