close

26 Tempat Wisata di Bogor yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga

paragliding-1
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Bogor dikenal dengan sebutan kota hujan karena intensitas hujan yang tinggi dibandingkan kota lainnya di Indonesia. Bogor juga memiliki udara yang lebih segar dibandingkan dengan Jakarta. Tak heran selain kota Bandung, kota Bogor tetap menjadi destinasi favorit keluarga yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Tujuan favorit warga Jakarta biasanya adalah Puncak Pas, Cisarua dan sekitarnya. Namun, ternyata masih banyak tempat wisata di Bogor yang bisa jadi belum semuanya kamu eksplorasi dan kamu kunjungi.

Bogor juga sangat dikenal dengan ragam kuliner khas Bogor yang nikmat dan harus kalian coba ketika mengunjunginya, seperti asinan Bogor, Doclang dan aneka kuliner lainnya.

Berikut Travel Blog Reservasi berikan ulasan tempat wisata Bogor yang pas dikunjungi bersama keluarga.

Baca Juga Lima Kuliner Bogor Yang Bisa dinikmati Saat Musim Hujan

1. Situ Gede


Danau Situ Gede atau Danau Situ Ageng memiliki luas sekitar 47 ha. Lokasinya terletak di kelurahan Situ Gede, Bogor Barat. Kalian bisa menyewa rakit dengan ongkos Rp 10.000 untuk menyusuri danau situ Gede. Selain dapat menikmati keindahan danau yang dibangun pada masa Hindia Belanda ini, kalian bisa menikmati pesona wisata ekologi. Dan juga ada beragam flora dan fauna yang menarik untuk dipelajari di Situ Gede ini.

2. Taman Wisata Mekarsari


Taman Wisata Mekarsari merupakan salah satu pusat budidaya buah-buahan tropis terbesar di dunia. Taman Buah Mekarsari ini memilki beberapa koleksi buah-buahan yang berasal dari pelosok Nusantara.

Konsep ruang terbuka hijau memudahkan kalian untuk berpiknik ria bersama keluarga di area seluas 264 ha. Mustahil untuk bisa kalian jelajahi dalam satu hari sekalipun. Beragam kegiatan dan fasilitas ditawarkan pengelola Taman Buah Mekarsari yang terletak di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

3. Taman Bunga Nusantara

Meskipun lokasinya berada di Cianjur, namun para wisatawan menganggap Taman Bunga Nusantara ini masuk kawasan Bogor. Pasalnya lokasinya tidak terlalu jauh dari Puncak Pas.


Tiket masuk Taman Bunga Nusantara ini cukup terjangkau antara Rp 25.000 hingga Rp. 30.000. Namun, fasilitas dan pesona yang didapatkan sangatlah sepadan. Beragam kebun bunga menampakkan keindahan yang akan menghiasi halaman instagram kalian.

Taman Bunga Nusantara ini memiliki maze yang akan membuat kalian bingung untuk mencari jalan keluarnya. Beberapa taman juga sangat tematik dengan beberapa patun-patung yang terbentuk dari beberapa tanaman yang terus menerus tumbuh. Anak-anak pasti senang karena sudah tersedia juga berbagai wahana permaian yang sangat mengasyikkan.

4. Kampung Budaya Sindang Barang

Untuk mengenal budaya Sunda salah satu yang kerap dijadikan rujukan adalah Angklung Mang Udjo di Bandung. Ternyata Bogor juga memiliki kampung budaya bernama Sindang Barang.


Kampung yang terletak di Desa Pasir Eurih Bogor ini menawarka pesona Budaya tatar Sunda. Beberapa atraksi dan aktivitas yang berkaitan dengan budaya Sunda bisa kalian pelajari disini. Tempat yang sangat cocok untuk mengenalkan budaya Indonesia yang sangat kaya kepada anak cucu kalian.

Di kampung ini kalian bisa mengabadikan rumah tradisional suku Sunda pada masa lalu. Selain itu juga kalian akan diajak untuk menikmati kesenian Sunda seperti memainkan alat musik dan tari Jaipong. Kuliner khas sunda seperti pisang rebus dan bandrek hangat pun bisa jadi sajian yang istimewa disini. Jangan khawatir tidak dapat oleh-oleh karena ada beragam souvenir yang bisa kalian koleksi disini.

5. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Tidak perlu jauh-jauh ke Ciater, Subang atau Cipanas, Garut untuk menikmati hotspring yang akan membuat tubuh kalian kembali bugar setelah sepekan bekerja. Pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng ini bisa menjadi pertimbangan karena lokasinya lebih dekat. Selain terdapat pemandian air panas, kalian juga bisa menikmati pesona gunung kapur yang terbentuk secara alami dengan indah.


Akses menuju Ciseeng bisa melalui Yasmin Bogor ke arah Parung atau keluar di tol JORR BSD, kemudian langsung mengarah ke Gunung Sindur. Hanya saja infrastruktur jalan menuju lokasi wisata memang tidak terlalu mulus. Tarif pemandian sangat murah hanya Rp 10.000/20 menit sedangkan tarif masuk rata-rata Rp 8.000 hingga Rp 12.000. Beberapa fasilitas sudah tersedia disini seperti arena permainan, restoran dan tempat ibadah. Beberapa spot juga bisa dijadikan sebagai lokasi gathering bersama teman alumni.

Baca Juga Tips Traveling Saat Musim Hujan

6. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata di Bogor yang satu ini masih menjadi favorit warga saat berakhir pekan. Dengan koleksi pohon sekitar 15 jenis, kamu akan disuguhkan dengan suasana sejuk nan rindang. Banyak wisatawan yang piknik, makan bersama di bawah pohon. Namun kamu peru berhati-hati saat musim hujan karena beberapa pohon yang usianya sudah tua kerap tumbang dengan tiba-tiba.


Kebun Raya Bogor juga punya beberapa tempat selfie dan tempat instagenic. Kamu bisa jalan-jalan Kebun Raya Bogor melihat-lihat pepohonan, danau buatan dan menikmati aneka wisata kuliner khas Bogor yang menggugah selera.

7. Museum Zoologi Bogor


Salah satu atraksi paling banyak memantik penasaran wisatawan di Museum ini adalah fosil Paus Biru yang merupakan mamalia laut terbesar di dunia. Selain paus biru, koleksi Museum Zoologi Bogor yang harus kamu lihat adalah Badak dari Tasikmalaya. Inilah Badak terakhir yang berhasil diawetkan di wilayah Priangan. Badak Tasik memiliki persamaan dengan Badak di Ujung Kulon karena memiliki satu cula.

8. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia


Museum ini menyimpan kekayaan sumber daya alam Indonesia mulai dari tumbuhan hingga mikroorganisme yang lengkap. Museum Etnobotani ini juga memberikan informasi tentang tumbuhan tropis di Indonesia. Keistimewaannya Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia ini merupakan museum satu-satunya di Indonesia yang bekerja sama dengan negara-negara lainnya.

9. Museum Pembela Tanah Air


Museum ini lokasinya sangat dekat dengan Istana Bogor kurang dari 1 kilometer. Museum PETA ini memiliki gedung tua yang merupakan peninggalan zaman penjajahan. Museum ini lebih banyak memamerkan diorama tentang pertempuran tentara PETA selama masa perjuangan.

10. Museum Kepresidenan Balai Kirti

Salah satu museum yang mewajibkan berpakaian sopan dan tidak boleh memakai sandal adalah Museum Kepresidenan Balai Kirti Bogor. Pasalnya museum ini masih berada di lingkungan Istana Presiden di Bogor. Museum ini secara spesifik memang hanya membicarakan tentang semua Presiden Indonesia yang pernah menjabat dari Soekarno hingga terakhir adalah SBY.


Selain menginformasikan tentang sejarah para Presiden, museum ini juga mencatat keberhasilan-keberhasilan yang pernah ditorehkan para pemimpin bangsa. Museum ini tidak bisa dikunjungi secara bebas karena harus membuat surat permohonan terlebih dahulu kepada Kepala Museum Kepresidenan RI. Museum hanya buka hari Selasa hingga Jumat pada pukul 09.00 – 15.00 WIB. Next…

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BogorJawa BaratTempat Wisata

1 Comment

Leave a Response