9 Tempat Wisata Baru di Jogja yang Menyimpan Sejuta Pesona Keindahan

9 Tempat Wisata Baru di Jogja yang Menyimpan Sejuta Pesona

Travel Destinations1.1K
9 Tempat Wisata Baru di Jogja yang Menyimpan Sejuta Pesona

Travel Blog Reservasi – Yogyakarta memang punya sejuta pesona yang bisa membuat wisatawan jatuh hati, mulai dari budaya, kuliner, tempat belanja hingga tempat wisatanya seolah semuanya berhasil membuat wisatawan ingin berkunjung lagi dan lagi ke kota gudeg ini.

Kamu yang selalu ingin berlibur ke Yogyakarta tapi sudah mulai bingung mencari tempat wisata yang ingin kamu kunjungi kemana, mungkin kamu bisa simak rekomendasi tempat wisata baru di Jogja berikut ini:

Berikut Tempat Wisata Baru di Jogja :

1. Situs Warungboto

Dahulunya, situs ini hanyalah reruntuhan dan puing bangunan yang kurang terawat, namun semenjak direnovasi pada pertengahan tahun 2016, Situs Warungboto telah berubah menjadi destinasi wisata sejarah baru yang layak untuk dikunjungi.

Situs Warungboko menghadirkan kemegahan bangunan utama yang berupa pendopo, kolam, dan masjid bertingkat yang nampak anggun dipandang mata.

Situs bersejarah ini dibangun oleh Hamengku Buwono II sekitar tahun 1880 dan dahulunya dijadikan tempat peristirahatan Hamengku Buwono II.

  • Lokasi dan Alamat Situs Warungboko : Alamat: Jalan veteran, Kelurahan Warungbroto, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta
  • Harga Tiket Masuk (HTM) Situs Warungboko : Saat ini belum dikenakan biaya.

2. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung ini terbilang masih jadi tempat wisata baru di Jogja, karena baru diresmikan tanggal 16 Mei 2016 lalu. Meskipun, terbilang masih jadi tempat wisata baru di Yogyakarta, tempat wisata ini sudah banyak seliweran di media sosial khususnya instagram.

Kamu yang ingin berkunjung Bukit Panguk Kediwung , waktu terbaik berkunjung ke  Bukit Panguk Kediwung adalah pada sore hari. Saat sore hari kamu bisa melihat indahnya senja berbalut pepohonan hijau dan aliran sungai Oya yang menjadi pemandangan luar biasa di sini.

A photo posted by Helmy Aziz (@helmyazz7_) on

  • Lokasi Bukit Panguk Kediwung : Berada di kawasan Tebing Batu Lawang, tepatnya di Kediwung, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul, Yogyakarta.
  • Harga Tiket Masuk (HTM) Bukit Panguk Kediwung : Belum ada tiket masuk untuk berkunjung ke sini, karena kamu hanya cukup membayar uang seiklasnya untuk pembangunan.
  • Biaya Parkir : Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil

Rute menuju Bukit Panguk Kediwung Dlingo :

Jika kamu sudah mengetahui arah ke Hutan Pinus Jogja dan Kebun Buah Mangunan Yogyakarta, maka hal tersebut terbilang cukup mudah.

Dari arah Yogyakarta, kamu bisa ambil arah Imogiri kemudian menuju ke Dlingo (Kebun Buah Mangunan), dari sini kamu bisa menuju Dusun Kediwung lalu tinggal ikuti papan penunjuk jalan untuk sampai ke Bukit Panguk Kediwung .

*Tips : Jalan untuk menuju ke sini terbilang cukup ekstrem karena banyak turunan dan tanjakan yang begitu tajam, maka sebelum berpergian pastikan kondisi kendaraan kamu baik.

3. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Waterpark ini terbilang jadi tempat wisata baru di Jogja, karena baru diresmikan dua tahun lalu.

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark diklaim jadi taman air terluas, terlengkap dan satu-satunya yang mengusung tema bajak laut yang memadukan unsur Pulau Jawa dan Eropa.

Tempat wisata di Yogyakarta ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi berlibur bersama keluarga, sebab wahananya bisa dinikmati oleh segala usia.

Kamu bisa menikmati wahana-wahana yang memacu adrenalin seperti Memo Racer, Volcano Coaster, Timo Rider, Jolie Raft River dan Brando Boomeranggo, South Beach.

Jam Buka :

  • Senin – Jumat : Jam 09.00 – 18.00 WIB
  • Sabtu – Minggu : Jam 08.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket Masuk Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark :

  • Harga Weekend : Rp75.000, untuk anak-anak dengan tinggi badan maksimal : 110 cm, untuk lansia usia di atas 65 tahun.
  • Harga Weekdays : Rp90.000, untuk dewasa dengan tinggi di atas 110cm
  • Harga Weekdays : Rp65.000, untuk anak-anak dengan tinggi badan maksimal : 110 cm, untuk lansia usia di atas 65 tahun.

4. Pantai Nglambor

Bisa dibilang Pantai ini jadi tempat wisata baru di Jogja yang menawarkan keindahan surgawi dunia bawah laut.

Pantai ini baru diresmikan sekitar dua tahun lalu yang dihadirkan untuk kamu pecinta Snorkeling dan Diving.

Pantai Nglambor akan memenuhi hasrat kamu untuk melihat pemandangan dunia bawah laut indah dengan dikelilingi tebing dan perbukitan hijau.

  • Alamat Pantai Nglambor : Berada di Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Rute menuju Pantai Nglambor :

Dari pusat kota Yogyakarta menuju Pantai Nglambor, akan memakan waktu sekitar 2 – 2,5 jam.

Perjalanan bisa dimulai dari Jogja menuju Piyungan ke arah Wonosari. Lalu, dari kota Wonosari kamu bisa menuju ke arah Pantai Baron yang berjarak sekitar 9 km hingga sampai ke pertigaan Desa Mulo.

Di pertigaan ini selanjutnya kamu bisa ambil arah ke kiri jurusan Mentel, kemudian ke Bintaos menuju kecamatan Tepus. Dari Tepus selanjutnya ke pertigaan Winangun lalu belok kanan. Ikuti jalan tersebut hingga kembali sampai di pertigaan, lalu belok kanan ke Pantai Nglambor.

Baca juga:

5. Upside Down World Jogja

Tempat wisata di Yogyakarta ini terbilang masih baru, karena baru diresmikan Juli 2016 lalu, meskipun terbilang masih baru namun tempat wisata ini menawarkan sensasi unik.

Bagi kamu yang penggemar foto dan ingin mengabadikan gambar dalam hal ini, maka di sinilah tempatnya.

Upside Down World Jogja menyediakan 8 spot foto yang berbeda yang bisa memuaskan keinginan kamu mengabadikan gambar unik, dalam ruangan dan furniture yang serba terbalik, seperti:

  • Ruang tamu
  • Kamar mandi/toilet
  • Dapur
  • Kamar tidur utama
  • Ruang bermain anak
  • Ruang makan
  • Laundry room
  • Ruang 3D

Alamat Upside Down World Yogyakarta : Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Seberang Indomaret Casa Grande)

Jam Buka: 10.00 – 19.00 WIB

Harga Tiket Masuk (HTM) Upside Down World :

  • Untuk dewasa : Rp60.000/orang
  • Untuk Anak-anak (Tinggi di bawah 135 cm) : Rp40.000/orang

6. Gua Tanding

Saat berada di sini kamu akan diajak merasakan sensasi menyusuri sungai di dalam gua dengan menggunakan perahu karet.

Di beberapa titik di dalam gua terdapat ornamen gua yang akan menakjubkan membuat kamu takjub.

Gua Tanding jadi tempat wisata baru di Jogja yang masih berada satu kawasan dengan Gua Pindul.

  • Alamat Gua Tanding : Berada di Dusun Gelaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891, Indonesia

Sebelum menikmati keindahan Gua Tanding, kamu diwajibkan membayar biaya Retribusi masuk kawasan Desa Wisata Bejiharjo: Rp10.000/orang.

Untuk menelusuri keindahan Gua Tanding dikenakan harga :

  • Untuk wisatawan domestik : Rp150.000/orang
  • Untuk wisatawan mancanegara : Rp200.000

Dengan membayar harga tersebut kamu akan mendapatkan fasilitas :

  • Perahu karet
  • Pemandu
  • Jaket pengaman
  • Helm pengaman
  • Sepatu karet
  • Asuransi
  • Terapi ikan
  • 1 (satu) kali makan + minum

Rute Menuju Gua Tanding :

Dari Yogyakarta: Kamu bisa menuju ke arah Wonosari, setelah sampai di bundaran siyono (setelah POM), belok ke kiri dan ikuti jalan aspal sampai perempatan lampu merah pertama lurus, perempatan lampu merah ke-dua (Arah bejiharjo) belok ke kiri.

Lalu, ikuti jalan aspal sampai pertigaan ambil lurus (Arah SMP 2 Karangmojo) menuju pertigaan pertama belok kiri, pertigaan (terdapat pohon munggur besar) belok kanan kemudian sampai TPR 400 meter lurus setelah TPR anda akan melihat banner besar arah ke Goa Tanding.

7. Hutan Pinus Pengger

Yogyakarta tak hanya punya Hutan Pinus Mangunan, tapi ada juga Hutan Pinus Pengger. Wisata Alam Pinus Pengger atau yang lebih dikenal dengan nama Hutan Pinus Pengger baru diresmikan sekitar pertengahan tahun lalu.

Udara segar ditemani dengan pohon pinus nan hijau seolah menjadikan lokasi ini tempat untuk menyegarkan pikiran dan beristirahat sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan.

  • Lokasi Hutan Pinus Pengger : Masuk dalam kawasan RPH Mangunan, yang terletak di Dusun Sendangsari Desa Terong Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul.

Rute menuju Hutan Pinus Pengger

Rute termudah untuk menuju Hutan Pinus Pengger adalah dengan melalui jalan Wonosari menuju Pathuk (Gunugkidul – Jogja).

Dari Perempatan Pathuk, ambil arah ke Dlingo sejauh 4,5 km. Dari sini sudah banyak papan penunjuk arah ke Hutan Pinus Pengger.

Harga Tiket Masuk : Tak dikenakan biaya masuk, melainkan kamu diwajibkan membayar biaya parkir.

  • Biaya parkir motor : Rp3.000
  • Biaya parkir mobil : Rp10.000
  • Biaya parkir bis : Rp20.000
  • Jika kamu ingin melangsungkan kegiatan foto pre-wedding atau kegiatan komersial dikenakan : Rp50.000

8. Hutan Mangrove Pantai Congot

Hutan Mangrove Pantai Congot memang baru diperkenalkan untuk wisatawan sekitar pertengahan tahun silam, namun animo masyarakat yang berkunjung ke sini sudah ramai.

Sebagian masyarakat mengunjungi Hutan Mangrove Pantai Congot untuk sekedar foto atau untuk melihat keindahan alam hutan mangrove atau hutan bakau.

  • Lokasi Hutan Mangrove Pantai Congot : Meskipun bernama Hutan Mangrove Pantai Congot, namun lokasi hutan bakau ini bukan berada di Pantai Congot melainkan di Dusun Pasir Mendit Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kabupate Kulon Progo Yogyakarta.
  • Harga Tiket Masuk (HTM) Hutan Mangrove Pantai Congot : Rp3.000 (Dana tersebut digunakan untuk konservasi kawasan pesisir)

9. Taman Bambu Air Sermo

Kamu suka mengabadikan momen liburan dalam balutan hal yang unik? Jika, iya maka tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu.

Bisa dibilang ini jadi tempat wisata baru di Jogja atau Yogyakarta, karena baru diresmikan sekitar pertengahan tahun lalu.

Berada di sini kamu bisa berfoto di sebuah rakit bambu yang mengapung di atas air dengan pemandangan Waduk Sermo dan perbukitan nan hijau.

A photo posted by NDA (@nikhe_nidea) on

  • Lokasi Taman Bambu Air Sermo : Berada di kawasan Waduk Sermo, Dusun Sermo Tengah, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo.
  • Harga Taman Bambu Air Sermo : Kamu cukup membayar Rp5.000 untuk menaiki rakit menuju spot foto.

Jadi, kira-kira tempat wisata baru di Jogja mana yang akan kamu kunjungi? Kemanapun tujuan kamu, jangan lupa dapatkan diskon tiket pesawat dan hotel dari reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *