close

8 Tempat Terlarang untuk Memotret di Luar Negeri. Hukumannya Kurungan hingga Denda!

red light district amsterdam
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Saat jalan-jalan ke luar negeri selain pengalaman berharga tentu ada hal yang harus kamu abadikan sebagai bukti bahwa kamu sudah mengunjunginya. Aplalagi kalau bukan foto atau selfie. Tapi maaf, kamu harus sadar bahwa ada beberapa tempat terlarang untuk memotret yang harus kamu ketahui.

Seperti dirangkum dari Brightside (11/10) tidak semua tempat bisa mengambil foto. Seperti di Indonesia, salah satu tempat yang dilarang untuk mengambil foto adalah SPBU atau pon bensin.

Agar tidak menjadi sandungan saat kamu traveling ke luar negeri, ada baiknya kamu ketahui dulu tempat-tempat yang terlarang untuk berfoto ini.

8. Amsterdam

Tempat terlarang untuk memotret red light district amsterdam belanda
shutterstock

Belanda memang dikenal sebagai salah satu negara yang membebaskan prostitusi. Kawasan tersebut dikenal dengan kawasan Red Light District di Amsterdam.

Selain terkenal sebagai tempat prostitusi yang legal, kawasan tersebut juga terkenal dengan beberapa kanal dan kedai kopinya.

Jangan mencoba-coba untuk mengambil foto di tempat ini. Pasalnya sudah ada hukum tertulis yang melarang hal tersebut dan kamu bisa dikenakan denda bahkan hal yang lebih buruk lagi.

RLD termasuk dalam tempat terlarang untuk memotret. Jika ketahuan, kamera kamu akan ditahan plus denda dan hukumanpun sudah menanti.

7. Korea Selatan

korea selatan
shutterstock

Di Indonesia tempat umum merupakan kawasan yang boleh mengambil foto kecuali untuk kepentingan komersil.

Namun jangan samakan dengan Korea Selatan. Karena, di tempat umum sekalipun kamu tidak boleh mengambil foto perempuan Korea Selatan tanpa persetujuannya.

Hukumannya pun lumayan sepadan untuk mendapatkan kamera terbaru paling mahal. Dendanya mulai dari 10 juta won ($8.800) hingga kurungan penjara selama 5 tahun.

6. Amerika Serikat

san francisco
shutterstock

Negara liberal seperti Amerika Serikat sekalipun punya aturan dan batasan yang jelas soal privasi. Untuk itulah jangan pernah sekali-kali memotret atau mengambil gambar di lahan atau properti orang lain tanpa izin.

Memotret saja sudah termasuk tindak kejahatan, apalagi sampai memasuki dan merusak properti orang lain tanpa izin. Hukuman berat akan menunggu kamu.

5.  Uni Emirat Arab

kamera terbaru
shutterstock

Jangan kegirangan dulu bisa jalan-jalan di negeri yang memiliki ATM yang mengeluarkan batangan emas ini. Pasalnya bagi kamu yang melanggar dengan memotret istana syekh, bangunan pemerintahan dan jembatan spesial maka hukuman kurungan dan denda $1.361 sudah menunggu kamu yang melanggar.

Jangan sampai liburanmu berantakan gara-gara mengabaikan tempat terlarang untuk memotret di Uni Emirat Arab.

4. Korea Utara

korea utara
shutterstock

Negeri komunis yang tertutup ini memang melarang hampir semua aktivitas rakyatnya termasuk mengambil gambar atau foto.

Meskipun ada foto-foto Korea utara yang bocor ke luar, dipastikan itupun dilakukan secara sembunyi-sembunyi dengan resiko yang amat besar.

Saat traveling ke Korea Selatan kamu wajib selalu didampingi seorang pemandu bahkan untuk mengambil gambarpun harus meminta izin.

3. Inggris

trafalagar square
shutterstock

Negara ini memang cukup ramah terhadap turis asing. Jadi, jangan terlalu khawatir dengan mengambil foto di semua tempat di Inggris.

Hanya saja jika foto-foto kamu digunakan untuk kepentingan komersial maka ada ketentuan khusus yang harus kamu penuhi.

Bahkan untuk memfoto Trafalgar Square dan Parliament Square pun harus mendapat restu dari Walikota London.

2. Jepang

kuil genko jepang
shutterstock

Negara yang dikenal dengan sakuranya yang indah ini ternyata menyimpan aturan yang perlu kamu pahami.

Saat traveling ke Jepang, kamu dilarang untuk mengambil gambar kuil atau patung tertentu yang disucikan, seperti kuil Genko dan Jissoin.

Alasannya, para fotografer amatir ini bisa dikatakang kurang memiliki sopan santun saat mengambil gambar. Masih ingat kan kelakuan fotografer amatir saat perayaan Waisak di Borobudur?

Alasan itulah ada beberapa kuil suci yang memang terlarang untuk difoto. Namun, tak perlu khawatir karena masih ada kuil dan waktu-waktu tertentu diperbolehkan untuk mengambil gambar.

1. Aljazair

aljazair
shutterstock

Boleh dibilang negeri ini masih konservatif, utamanya negara bagian selatan. Harap berhati-hati karena untuk memotret laki-laki pun kamu perlu mendapatkan persetujuan dari mereka.

Sementara jika kamu ingin memotret perempuan, maka kamu harus meminta izin pada suami atau ayah perempuan tersebut.

Beberapa daerah yang terlarang untuk diambil fotonya seperti jembatan, bendungan dan juga kawasan militer di Aljazair.

Baca artikel menarik lainya tentang luar negeri dari Reservasi.com


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

1 Comment

Leave a Response