close

6 Tempat Terlarang Berburu Pokemon Go di Indonesia

tempatterlarangberburupokemon103

Travel Blog Reservasi – Popularitas game Pokemeon Go ibarat wabah yang tak bisa dibendung lagi. Meskipun sudah jatuh beberapa korban karena kecerobohan pemainnya itu sendiri, muncul wacana pelarangan peluncuran game Pokemon Go di Indonesia hingga larangan berburu Pokemon Go di tempat-tempat tertentu. Tempat terlarang berburu Pokemon Go di Indonesia utamanya memang tempat yang dilarang dimasuki oleh warga sipil.

Pokemon Go merupakan game paling populer abad ini setelah diluncurkan Juli 2016 lalu di Australia, Selandia Baru, dan Amerika. Meskipun belum secara resmi diluncurkan di Indonesia, namun beberapa netizen di Indonesia sudah dapat memainkan game paling hype saat ini.

Baca juga Sebelum Berlibur Keluar Negeri, Cobain Dulu 10 Pulau di Jakarta Ini!

Uniknya lagi, server di Indonesia tidak di blokir oleh Niantic , perusahaan yang menciptakan game Pokemon Go ini bersama Nintendo. Ini pula yang jadi tanda tanya besar media luar negeri mengapa server Pokemon Go di Indonesia tidak diblokir seperti negara lainnya yang belum resmi merasakan game fenomenal ini.

Bagi yang masih awam dengan game populer saat ini, Pokemon Go merupakan game dengan basis augmented-reality besutan Nintendo dan Niantic. Cara memainkannya sederhana sekali. Pemain hanya tinggal berjalan mengelilingi tempat-tempat yang terdapat tanda keberadaan Poke-Stop dan jejak pokemon yang bisa dilihat dari layar smartphone.

Setelah bertemu monster pokemon, pemain hanya tinggal melemparkan Poke Balls untuk menangkap Pokemon. Semakin langka dan semakin unik Pokemon yang ditangkap akan menjadi keuntungan dan gengsi tersendiri bagi pemain Pokemon Go. Inilah salah satu game yang menggabungkan dunia online dan off-line. Para pemburu Pokemon harus berkeliling entah itu berjalan kaki atau dengan menggunakan kendaraan lain seperti sepeda atau sepeda motor.

Baca juga Wisata Kota Tua tetap Menjadi Primadona Warga Jakarta!

Sayangnya para pemain Pokemon Go kerap tidak menyadari kondisi lingkungan saat berburu Pokemon. Kejadian-kejadian yang membahayakan sudah terjadi karena kelalain pemainnya itu sendiri. Mulai dari tertabrak mobil saat mengejar pokemon hingga tercebur ke laut saat berburu Pokemon di dekat dermaga. Inilah yang menjadikan sebagian orang merasa khwatir akan keselamatan para pemburu Pokemon.

Beberapa larangan sudah dinyatakan oleh para pejabat tinggi dan aparat. Salah satunya seperti larangan yang dikeluarkan oleh Kapolri baru Jendaral Tito Karnavian yang melarang bermain game Pokemon Go di semua fasilitas milik kepolisian. Lalu tempat mana lagi yang terlarang untuk berburu Pokemon Go?

1 . Istana Kepresidenan

istana kepresidenan

Larangan bermain di lingkungan Istana Kepresidenan ini bukan resmi perintah dari Presiden Joko Widodo, melainkan merupakan larangan dari Sekretariat Presiden demi pengamanan Istana. Dikhawatirkan segala gerak-gerik yang mencurigakan akan mengundang perhatian dari Paspamres. Alasan itulah mengapa Istana Kepresidenan terlarang bagi para pemburu Pokemon Go.

2 . Markas Militer dan Kepolisian

gedung Mabes POLRI
Sumber gambar: kiblat.net

Markas Kodim Cirebon sempat disusupi oleh bule asal Perancis. Setelah diintrogasi, WNA ini mengaku tengah mengejar salah satu Pokemon di lingkungan militer. Bule asal Perancis ini ditangkap oleh anggota TNI setelah melompati pagar Kodim tanpa izin malam hari sekitar pukul 23.00 di Makodim 0614 Kota Cirebon.

Untuk diketahui, anggota pos penjagaan di markas militer bisa saja menembak langsung di tempat setiap ada gerakan-gerakan mencurigakan yang mengancam markas militer. Jadi, jangan sampai kalian mati konyol gara-gara mengejar Pokemon dengan menerobos markas militer.

Aturan ini juga berlaku bagi anggota kepolisian yang dilarang berburu Pokemon Go di markasnya sendiri untuk menghindari lalai dalam melakukan penjagaan karena asyik bermain Pokemon Go.

3.  Lingkungan Militer dan Kepolisian

akademi angkatan udara
Sumber gambar: photobucket.com

Lingkungan Militer salah satunya termasuk Asrama TNI.

4 . Kantor Pemkot Surabaya

Sumber gambar: panoramio.com
Sumber gambar: panoramio.com

Walikota Surabaya Tri Rismaharini sudah menegaskan akan menindak setiap anggotanya yang bermain Pokemon Go di lingkungan Pemkot Surabaya. Berbeda dengan Gubernur DKI Jakarta yang mengajak warga berburu Pokemon Go di Balai Kota juga sambutan Walikota Bandung Ridwan Kamil yang menyambut positif game Pokemon Go.

5. Museum yang mengoleksi benda tua yang riskan rusak

museum gajah

Beberapa museum memang memiliki Poke Stop berdasarkan benda, relif dan artefak. Namun, para pemain Pokemon Go diharapkan tidak memotret di tempat-tempat yang sudah dilarang untuk memfoto. Juga dikhwatirkan para pemain Pokemon Go tidak konsentrasi hingga menabrak benda-benda kuno.

6. Rumah Sakit

Sumber gambar: panoramio.com
Sumber gambar: panoramio.com

Sudah pasti tidak ada orang sakit yang mau diganggu. So, pastikan kalian tidak mencari Pokemon di dalam bilik-bilik Rumah Sakit. Hormati orang-orang yang butuh istirahat untuk memulihkan kesehatannya.

Dari berbagai sumber

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Tempat Wisatatraveling

Leave a Response