8 Rekomendasi Sarapan Enak di Yogyakarta, Nggak Cuma Gudeg Lho! - Reservasi Travel Blog

8 Rekomendasi Sarapan Enak di Yogyakarta, Nggak Cuma Gudeg Lho!

Travel Destinations64
8 Rekomendasi Sarapan Enak di Yogyakarta, Nggak Cuma Gudeg Lho!

Travel Blog Reservasi – Adakah yang belum pernah mampir ke Yogyakarta? Kota di selatan tengah Pulau Jawa ini berdiri sendiri sebagai provinsi dan daerah istimewa. Tapi Yogyakarta memang layak menyandang julukan istimewa. Dari suasana dan keramahan penduduk asli, hingga tempat-tempat wisatanya istimewa banget!

Buat kamu yang sedang merencanakan kunjungan ke Yogyakarta, Reservasi.com punya 8 rekomendasi tempat sarapan enak di sana. Nggak cuma gudeg, yuk intip spot kuliner pagi yang lezat di Yogyakarta!

Baca 5 Oleh-oleh Khas dan Kekinan Berikut Ini Tengah Hits di Yogyakarta Lho!

Warung Ayam Geprek Bu Rum

Selain gudeg, Yogyakarta juga terkenal sebagai pusatnya ayam geprek. Hampir di seluruh sudut kota ada warung ayam geprek yang siap manjakan lidahmu. Salah satunya adalah Ayam Geprek Bu Rum, warung yang sudah punya beberapa cabang ini populer banget lho!

Buka dari jam 8 pagi hingga 9 malam, Ayam Geprek Bu Rum pas banget buat penggila pedas. Tapi sebaiknya jangan terlalu banyak cabai ya saat sarapan. Di sini juga ada sup, bihun goreng dan beberapa makanan pendamping lain untuk teman makan ayam geprek.

Soto Pak Marto

Ingin sarapan yang berkuah segar? Mampir dulu ke Soto Pak Marto yang kedai pusatnya berada di Jalan Mayjend S. Parman, Notoprajan, Ngampilan Yogyakarta. Kedai buka dari jam setengah 6 pagi, pas banget nih buat sarapan setelah olahraga ringan.

Brongkos Alkid Handayani

Sudah pernah mencicipi brongkos? Makanan berkuah cokelat gelap ini beda dengan rawon ya. Sekilas warna kuahnya mirip, namun brongkos terbuat dari campuran daging sapi, kulit melinjo dan kacang tolo. Daging juga bisa diganti dengan telur rebus atau potongan tahu.

Sama-sama menggunakan rempah kluwek yang menghasilkan warna gelap, beda brongkos dengan rawon adalah penambahan santan. Nggak heran cita rasa brongkos lebih gurih dan kuahnya kental.

Salah satu warung brongkos yang terkenal di Yogyakarta adalah Brongkos Alkid Handayani. Lokasinya ada di Jalan Gading, Patehan, Yogyakarta. Nggak perlu takut kehabisan, warung ini buka dari jam 7 pagi hingga 7 malam.

Pecel Pincuk Gumilang

Nasi pecel juga menarik nih buat sarapan pagi. Di Yogyakarta ada Pecel Pincuk Gumilang yang berlokasi di Jalan Laksda Adisucipto, Caturtunggal, Depok Yogyakarta. Warung pecel ini buka dari jam 6 pagi hingga 1 siang.

Cara penyajiannya mirip pecel Madiun, ditata dalam pincuk atau daun pisang yang dibuat kerucut. Lebih mantap ditambah lauk peyek kacang atau teri.

Ayam Goreng Mbok Sabar

Pagi-pagi kepingin ayam goreng? Di kawasan Pakualaman ada kedai Ayam Goreng Mbok Sabar yang sudah terkenal kelezatannya. Buka dari jam 8 pagi hingga malam, lokasi tepatnya ada di Jalan Jagalan-Beji no.23, Purwokinanti, Pakualaman Yogyakarta.

Lontong Sayur Uda Uni

Terbiasa sarapan lontong sayur? Jangan khawatir, di halaman Stadion Mandala Krida Yogyakarta ada warung kaki lima yang menjajakan lontong sayur Padang. Kuah santan gurih, sayur labu dan kerupuk merahnya bikin perut makin keroncongan kan?

Lontong Sayur Uda Uni ini buka dari jam 6 pagi sampai habis. Biasanya sebelum jam 12 siang sudah beberes dagangan karena ramai diserbu pembeli sejak pagi.

Gudeg Yu Djum

Belum ke Yogyakarta namanya kalau nggak mencicipi gudeg. Salah satunya yang legendaris adalah Gudeg Yu Jum. Ada dua kedai yang bisa kamu kunjungi, di sekitar Malioboro dan Jalan Wijilan di kawasan Panembahan, Kraton.

Biar puas, pesan saja gudeg komplit dengan isian sambal goreng krecek, ayam suwir, gudeg dan kuah arehnya yang sangat lezat. Kalau ketagihan kamu bisa mampir lagi sore hari, Gudeg Yu Jum buka dari jam 6 pagi sampai 10 malam.

Gudeg Mbah Lindu

Nggak cuma Yu Jum, gudeg Mbah Lindu juga cukup tenar di Yogyakarta. Kedainya berlokasi di Jalan Sosrowijan, Sosromenduran, kawasan Gedong Tengen Yogyakarta. Kabarnya, sambal goreng kerecek di sini lezat banget! Wah, jangan sampai kamu lwatkan nih.

Daftar tempat sarapan sudah siap, sekarang saatnya merencanakan destinasi liburan di Yogyakarta. Selamat berlibur!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *