close

5 Masjid Raya Terkenal Tempat Salat Idul Fitri selain Masjid Istiqlal Jakarta

masjid raya medan
Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Salat Idul Fitri memang lebih utama dilaksanakan di lapangan. Namun dalam kondisi tertentu misalnya keberadaan Masjid Raya yang lebih luas dari lapangan, beberapa ulama membolehkan pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjid.

Ada beberapa Masjid Raya yang kerap dijadikan tempat salat Idul Fitri di beberapa daerah. Mulai dari Kota Surabaya hingga ke Samarinda. Berikut 5 Masjid Raya terkenal tempat salat Idul Fitri selain Masjid Istiqlal Jakarta.

1. Masjid Al-Akbar, Surabaya

Tempat Salat Idul Fitri selain Masjid Istiqlal
shutterstock

Masjid terbesar kedua di Indonesia ini memiliki kapasitas hingga 59 ribu jamaah. Inilah salah satu masjid di Indonesia yang dilengkapi dengan lift. Kubah masjid ini berwarna biru sehingga mirip seperti masjid-masjid di Turki. Luasnya sekitar 22.300 meter persegi.

Masjid yand didirikan pada tahun 1995 ini diresmikan pada tahun 2000 oleh almarhum Gus Dur. Masjid ini memilik empat kubah nan unik. Bentuknya ulat seperti telur sehingga sedikit berbeda dengan kubah masjid pada umumnya.

Baca Masjid Unik Berbentuk Kakbah jadi Kebanggaan Warga Subang

2. Masjid Raya Batam

shutterstock

Masjid dengan kubah unik berbentuk limas ini memiliki daya tampung hingga 15 ribu jamaah. Luasnya sekitar 75.000 meter persegi yang dilengkapi dengan taman yang indah.

3. Masjid Raya Medan

shutterstock

Masjid Raya Medan memiliki nama Masjid Al Mahsun. Luas area masjid diperkirakan sekitar 18.000 meter persegi.

Dindingnya berasal dari batu granit yang didatangkan langsung dari Italia. Sedangkan mimbarnya berukir hiasan dengan lapisan emas. Masjid ini merupakan masjid tertua ketiga di Medan. Secara seklias Masjid Raya Medan hampir mirip dengan Masjid Baturrahman, Aceh.

4. Masjid Baitul Izzah Tarakan

shutterstock

Masjid dengan kapasitas 12 ribu jamaah ini memiliki luas sekitar 9.000 meter persegi dan merupakan masjid terbesar di Tarakan.

Baca Bukan di Luar Negeri, Ini 7 Tempat Wisata Hits di Jawa Timur untuk Libur Lebaran

5. Masjid Baitul Mutaqqien Samarinda

shutterstock

Masjid dengan luas sekitar 43.500 meter persegi ini dapat menampung sekitar 45 ribu jamaah. Masjid ini memiliki ciri khas dengan jumlah 7 menara. Salah satu menara yang menjadi menara utama memiliki tinggi 99 meter yang merupakan simbol asmaul husna.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : LebaranMasjid

Leave a Response