close

5 Hutan Pinus di Bandung yang Harus Kalian Kunjungi

kemping-di-hutan-pinus-bandung-instagram-pine-forest-lembang

Travel Blog Reservasi – Libur Lebaran kali ini berbarengan libur panjang pergantian tahun ajaran baru siswa sekolah. Tentu banyak keluarga yang sudah merencanakan untuk berlibur bersama anak-anak mereka. Jika kalian masih bingung dan belum memiliki rencana, mungkin kalian bisa terinspirasi untuk mencari tempat libur setelah mengetahui empat tempat kemping di hutan pinus di kawasan Bandung.

Bandung Utara terutama memang dikenal dengan vegetasinya yang masih lengkap dan beraneka ragam. Bahkan Bandung Utara lekat dengan Taman Insinyur Haji Juanda yang memiliki luas hampir 590 hektar. Beberapa diantaranya yang masuk dalam kawasan Tahura Juanda seperti Tebing Keraton dan Maribaya.

Baca juga: Hutan Pinus The Lodge Yang Terkenal Melalui Media Sosial

Bandung Utara merupakan paru-paru kota Bandung. Disinilah semua air hujan ditampung. Sayang keberadaanya kini justru semakin terancam dengan pembangunan pemukiman penduduk. Ditambah lagi pertumbuhan obyek wisata yang semakin subur membuat banyak wisatawan tertarik berinvestasi dengan membangun villa di kawasan Bandung Utara.

Lalu, dikawasan mana saja yang bisa dijadikan untuk camping bersama keluarga? Berikut Travel Blog Reservasi berikan rangkumannya untuk kalian sebagai referensi untuk menghabiskan waktu libur panjang bersama keluarga.

1 .  Bukit Bintang Bukit Moko Cimenyan

tempat kemping di hutan pinus
Image @andri_setiawan14

Mekipun Bukit Moko ini dikenal dengan tempat berkumpulnya para penggemar hammocking bukan berarti kalian tidak bisa camping disini. Bukit Bintang ini malahan bisa terlihat dari arah Tebing Keraton Bandung. Vegetasinya hampir mirip dengan yang ada di Tahura Juanda Bandung.

Saat paling tepat untuk menikmati suasana hutan pinus bukit moko adalah pada saat sore hari. Saat itulah suara-suara tonggeret dan jangkrik saling bersahutan. Indah dan merdu bak melodi alam yang dirindukan. Apalagi jika cuaca dingin mulai menusuk. Jangan lupa bawa jaket yang tebal untuk menerpa angin malam yang menusuk.

Baca juga: Bumi perkemahan Rancaupas ini memiliki koleksi Rusa yang cantik

Tiket masuk lokasi hanya Rp 8.000 dan HTM untuk camping atau berkemah di Bukit Moko dikenai biaya sebesar Rp. 18.000/orang sudah termasuk dengan parkir kendaraan roda dua di sekitar area camping .

Alamat: Jalan Padasuka Cicaheum (Saung Angklung Udjo) Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Bandung.

2 . Grafika Cikole Lembang

tempat kemping di hutan pinus
Image @rian_bimawan

Jalur ini merupakan jalur yang cukup padat pada saat weekend. Jadi disaranakan untuk datang pagi hari saat lalu-lintas masih sedikit lengang. Jika sudah terlanjur kesiangan, sebaiknya tidak melalui jalur dari arah Tol Pasteur Bandung karena akan sangat macet. Sebagai alternatif bisa keluar di tol Subang dari tol Cipali.

Grafika Cikole menyediakan paket camping keluarga dan juga bagi rombongan seperti club motor. Satu paket kemping keluaga sudah termasuk sewa tenda dome atau tenda VIP Rp 460.000/tenda. Harga tersebut untuk kapasitas 4 orang yang sangat cocok untuk keluarga kecil bahagia.

AlamatRaya Tangkuban Perahu km 8 Desa Cikole, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat

3. Pine Forest Lembang

tempat kemping di hutan pinus
Image @taminangga

Kamp Hutan Pinus Lembang Bandung ini dikhususkan bagi mereka yang mengambil paket di temapt wisata ini. Jadi tidak ada HTM untuk sekadar wisata berkeliling dan foto-foto. Untuk paket kemping di hutan pinus Lembang Bandung ini ada beberapa paket mulai dari paket eklusif hingga paket Camping Ground.

Paket paling mahal dibandrol Rp. 150.000/orang permalam. Sedangkan paket paling murah bisa menggunakan sharing cost dengan menyewa Camping Ground dengan tarif sewa sebesar Rp 5.000.000 untuk kapasitas 100 orang. Boleh dibilang fasilitas Pine Forest Lembang ini sudah sangat lengkap mulai dari MCK hingga wahana outdoor.

AlamatJalan Maribaya Timur, Kampung Cibeunying Kaler, Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Indonesia.

4 . Cikole Jayagiri Resort Lembang

tempat kemping di hutan pinus
Image @fanuuutttt

Meskipun ini bukan tempat camping tapi bisa dijadikan pertimbangan untuk keluarga yang ingin menikmati suasana hutan pinus yang alami. Resort ini merupakan destinasi yang bisa dipilih untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga saat libur panjang.

AlamatJl Raya Tangkuban Perahu No 147 Lembang

5. The Lodge Maribaya Lembang

tempat kemping di hutan pinus
Image Instagram

Hutan pinus The Lodge ini seperti perpaduan Tebing Keraton dan Kalibiru. Tak heran jika fenomenanya langsung menjadi buah bibir di dunia maya. Beberapa netizen bahkan sudah berencana akan mengunjungi salah satu tempat paling kekinian ini saat libur Lebaran.

The Lodge Maribaya tidak hanya menyediakan fasilitas wisata namun juga menyediakan paket glamour camping di tengah-tengah hutan pinus yang alami.

AlamatJalan Maribaya Timur Km. 6  Kampung Kosambi, Cibodas, Maribaya Lembang, Bandung Barat.

Featured Image @taminangga


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BandungHutan PinusKemahKemping
Reservasi.com

The author Reservasi.com

Leave a Response