Tempat Hits di Temanggung yang Keindahannya Tak Tanggung-tanggung

Travel Destinations7
Tempat Hits di Temanggung yang Keindahannya Tak Tanggung-tanggung

Travel Blog ReservasiKamu yang berencana berlibur ke Jawa Tengah mungkin sebaiknya tak hanya memilih Semarang, Magelang, atau Surakarta saja sebagai destinasi berlibur kamu, tapi kamu juga bisa pilih kabupaten Temanggung jadi salah satu destinasi kamu menghilangkan penat.

Temanggung memang tak sepopuler destinasi lain di Jawa Tengah, tapi kabupaten kecil yang berada di provinsi Jawa Tengah ini punya tempat wisata yang layak untuk kamu pilih sebagai destinasi berlibur. Tempat hits di Temanggung ini dijamin keindahannya tak tanggung-tanggung.

Embung Tlogopucang

Embung Tlogopucang adalah telaga buatan yang berada di Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

A photo posted by Trendy Charisma (@trendych) on

Di sini kamu bisa melihat sunrise yang indah ditemani dengan udara yang dingin. Dari Embung Tlogopucang kamu bisa melihat Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan deretan Gunung Prau yang dijamin tak akan mengecewakanmu. Keindahan sunrise dari Embung Tlogopucang, tak kalah indah dari Puthuk Setumbu, Magelang.

(Baca juga: Berburu Sunrise dari Balik Gunung Api Purba Nglanggeran)

**Tips : Bagi kamu yang enggak kuat dingin, jangan lupa untuk membawa jaket karena Embung Tlogopucang lumayan dingin.

Lokasi :

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing jadi gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa, setelah Gunung Semeru dan Slamet, secara administratif gunung ini terletak di tiga wilayah yaitu Kabupaten Magelang; Kabupaten Temanggung; dan Kabupaten Wonosobo.

Jika kamu ingin mendaki gunung Sumbing terdapat beberapa jalur, seperti Jalur Garung, Jalur Kaliangkrik, dan Jalur Sipetung.

A photo posted by fadhelan lee (@fadhelan_lee) on

Jalur pendakian gunung Sumbing via Sipetung terletak di desa Jambu, kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Dari arah Magelang – Wonosobo kamu bisa turun di depan gerbang desa Jambu kecamatan Kledung yang terletak tidak jauh dari tempat wisata alam Posong.

Untuk menuju basecamp pendakian kamu bisa naik bus atau kendaraan pribadi melewati Jalan Raya Parakan – Wonosobo dengan jarak 9 Km. Setelah tiba di gerbang desa, ada petunjuk untuk menuju ke basecamp Green Grass Hiking Club yang berjarak sekitar 500m dari gerbang desa tadi.

Jalur Sipetung jadi satu-satunya jalur yang berada pada ketinggian 2500 Mdpl. Jika melewati jalur ini, maka kamu bisa melihat beberapa spot menarik seperti hutan Kyai Santri, Tebing Indah, Petai Cina, Jalan Setapak dan Padang Edelweis pada dataran vegetasi.

**Tips :

  • Jika naik gunung Sumbing via Sipetung, jalur Sipetung sedikit menanjak, jadi kamu harus mempersiapkan kondisi fisik dan mental yang lebih matang.
  • Bawa persediakan makanan dan gunakan alas kaki yang tepat, karena medan lumayan licin dan berkerikil.

(Baca juga: 5 Gunung yang Cocok untuk Para Pendaki Pemula)

Alam Sewu

Jika kamu ingin menyaksikan sunrise pagi hari terbaik, maka Alam Sewu pilihan yang tepat. Berada di sini, kamu akan merasakan seolah berada di negeri di atas awan.

Alam Sewu terletak di Ngadirejo, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Alam Sewu hanya berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Temanggung.

Alam Sewu menyuguhkan perkebunan alam pegunungan dan perkebunan tembakau, tanaman khas dari daerah Temanggung. Alasan dinamakan Alam Sewu karena tempat ini tepat di atas desa Pring Sewu. Tidak ada biaya untuk masuk ke Alam Sewu.

**Tips: Jalan menuju ke Alam Sewu sedikit terjal dan berbahaya, jadi sebaiknya berhati-hati.

Pikatan Water Park

Kamu yang ingin berlibur dan bermain air, maka kamu bisa mampir ke Pikatan Water Park. Pikatan water park jadi salah satu wahana permainan air yang terfavorit di Temanggung.

Pikatan water park berada di jalan Raya Pikatan, Mudal, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56228, Indonesia.

Biaya masuk untuk berkunjung ke sini adalah sekitar 12.500 (Harga bisa berupa sewaktu-waktu).

(Baca juga:Waterboom Bali Menjadi Salah Satu Wahana Air Terbaik di Dunia)

Lembah Posong

Jika kamu ingin melihat golden sunrise yang menakjubkan, makan Lembah Posong merupakan kawasan wisata yang terbilang masih baru yang letaknya di kaki Gunung Sindoro, Desa Tiahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Untuk masuk ke area Posong terbilang murah karena hanya Rp 4.000. Kamu bisa berkunjung ke sini mulai dari pukul 04.00 – 17.00 WIB

A photo posted by Rifani Fatma (@rifani_fatma) on

Akses menuju Lembang Posong:

Kamu bisa mengambil jalan menuju ke Alun-alun Temanggung. Jika kamu sudah berada di Alun-alun Temanggung, maka kamu bisa ambil arah ke Wonosobo melewati Parakan. Bila sudah ada di Pasar Parakan, lurus saja dengan jalan yang menanjak hingga Kecamatan Kledung. Kamu sebaiknya berhati-hati melewati jalur ini, karena jalur ini berkelok-kelok dan rawan terjadi kecelakaan.

Lalu temukan gapura kecil bertuliskan Posong di kanan jalan. Gapura ini dapat ditemui setelah melewati jembatan 1 (Jembatan Kembar) kemudian ada 1 jembatan lagi dan berbelok ke kanan tepat di tanjakan, gapura bertuliskan Posong terlihat di kanan jalan.

**Tips: Wisata alam Posong terletak tepat di kaki Gunung Sindoro. Maka dari itu kamu sebaiknya berhati-hati saat mulai masuk dari loket pembayaran, karena kamu akan menemukan jalur yang terjal, berkontur batu dan sempit.

(Baca juga:Lembah Sigelap Wonosobo, Menatap Keindahan Batuan Unik 3 Dimensi)

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *