close

7 Cara Memilih Tempat Duduk Kereta Api Ekonomi AC untuk Mudik

tempat-duduk-kereta-api-ekonomi-ac-shutterstock
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Tempat duduk kereta api Ekonomi AC kini benar-benar mewah dan bergaya tempat duduk kereta api Eksekutif. Tapi, tentu saja yang namanya kelas Ekonomi tetap ada kenyamanan yang dipangkas. Nah, agar bisa tetap nyaman selama mudik baiknya kamu memilih dengan seksama tempat duduk kereta api Ekonomi AC dengan baik ya.

Perjalanan mudik dengan kereta api memang dipilih selain karena harganya murah juga anti macet. Selama mudik volume kendaraan di jalan raya meningkat 10 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa lainnya. Tak heran jika selama lebaran selalu terjadi kemacetan di Pulau Jawa dari arah Barat menuju Timur.

Nah, agar kamu tetap nyaman selama mudik dengan kereta api, ada baiknya kamu simak dahulu tips untuk mendapatkan tempat duduk kereta api Ekonomi AC berikut ini seperti dihimpun oleh Reservasi.com (20/3/2017).

7 Tips Pilih Tempat Duduk Kereta Api Ekonomi AC Terbaik

tempat duduk kereta api ekonomi ac
Denah tempat duduk kereta api kelas Ekonomi AC (ppkadaop2bd.weebly.com)

1 . Hindari tempat duduk dekat bordes dan toilet

Buat kamu yang tidak mau diganggu dengan kemungkinan bau tidak sedap atau guncangan yang terlalu keras, sebaiknya hindari tempat duduk dekat bordes dan toilet.

Bordes adalah akses masuk menuju kabin utama yang juga dijadikan sebagai akses untuk melintas sebagai jalur penyebrangan saat kereta parkir di peron stasiun.

tempat duduk kereta api ekonomi ac
Suasana gerbong kereta api Ekonomi AC (instagram @awidyarp)

Bordes harus steril saat perjalanan. Biasanya bordes diisi oleh Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) atau kru Kereta Api baik itu teknisi atau cleaning service yang selalu setia membersihkan gerbong kereta selama perjalanan.

Saat ini di setiap bordes gerbong kereta api Ekonomi AC terdapat kursi darurat yang hanya dikhususkan untuk petugas yang sedang bekerja.

2. Pilih tempat duduk dekat jendela

Jika kamu bepergian pada siang hari sebaiknya pilih tempat duduk kereta api yang dekat dengan jendela. Pilih tempat duduk dengan nomor baris A atau D untuk mendapatkan tempat duduk dekat jendela.

Pemandangan sepanjang perjalanan dengan menggunakan kereta api ibarat menyaksikan kondisi Indonesia saat ini. Kamu akan melihat perkampungan, pemandangan sawah, sungai-sungai yang mengular dari ketinggian saat kereta melintasi jembatan hingga pemukiman sepanjang rel kereta api di beberapa titik.

3. Pilih tempat duduk dekat lorong

Jika kamu selalu ingin buang air kecil atau harus selalu ke kamar mandi karena suatu sebab, sebaiknya pilih tempat duduk yang dekat dengan lorong. Pilih tempat duduk dengan nomor baris B atau C untuk mendapatkan tempat duduk dekat lorong.

tempat duduk kereta api ekonomi ac
Sudah ada bottle holder di tempat duduk kereta api Ekonomi AC (instagram @zhiabiru)

Selain bisa lebih leluasa ke kamar mandi, kamu juga bisa lebih leluasa mendapatkan tempat duduk yang lebih luas karena tidak terbentur dinding gerbong kereta seperti berada di tempat duduk dekat jendela.

4. Hindari tempat duduk nomor ini ya

Untuk tempat duduk yang berwarna biru tua adalah tempat duduk prioritas. Tempat duduk ini sebaiknya dikhususkan bagi yang memang membutuhkan akses lebih cepat ke bordes.

Tempat duduk tersebut adalah tempat duduk nomor 1-4 untuk baris ABCD juga tempat duduk 19-22 untuk baris ABCD.

tempat duduk kereta api ekonomi ac
Lihat bagasi atas paling ujung yang ruangnya makin menyempit (instagram @dhinandy_gallery)

Tempat duduk tersebut memang memiliki posisi yang lebih dekat dengan toilet dan juga bordes. Namun untuk kapasitas bagasi atasnya tidak memadai karena ruangnya lebih sempit. Tak perlu khawatir karena kamu masih bisa menyimpan barang di bawah tempat duduk.

5. Pilih tempat duduk ini untuk keluarga atau rombongan

tempat duduk kereta api ekonomi ac
Tempat duduk kereta api ekonomi AC (Awansan.com)

Untuk tempat duduk kereta api ekonomi AC disarankan memilih tempat duduk nomor 11 AB, 12 AB atau 11 CD, 12 CD agar bisa berhadap-hadapan.

Karena posisi tempat duduk kereta api ekonomi AC tidak bisa diputar mengikuti kepala kereta. Semua posisi kursi membelakangi bordes dan toilet. Nah, titik temunya berada di nomor 11 dan 12. Sehingga tempat duduk 11 dan 12 pasti akan selalu berhadap-hadapan.

Kamu juga bisa kok merasakan gerbong kereta api mewah seperti kereta Kepresidenan RI ini.

6. Pilih tempat duduk terbaik untuk hindari goncangan

Tempat duduk kereta api yang relatif lebih nyaman dan tidak terlalu bising adalah tempat duduk yang berada di tengah.

tempat duduk kereta api ekonomi ac
Gerbong kereta api Ekonomi Reguler (instagram @irfanlodaya93)

Titik tengah tempat duduk kereta api Ekonomi AC berada pada nomor 11 dan 12. Jadi kamu sebaiknya memilih di sekitar nomor tersebut untuk menghindari guncangan dan suara bising saat pintu akses antar gerbong dibuka.

7. Perhatikan arah datangnya kereta (Kepala/Ekor)

Jika diperhatikan rata-rata tempat duduk nomor awal selalu menghadap ke Timur. Sedangkan nomor buncit berada di Barat.

Update dari pembaca Travel Blog Reservasi

Arah ke Timur pilih seat nomor 1-11 (Nomor KECIL)
Arah ke Barat pilih seat nomor 12-22 (Nomor BESAR)

tempat duduk kereta api ekonomi ac
Kelas Ekonomi AC kini semakin nyaman (instagram @rabancilik)

Jika perjalanan mudik kamu dari Barat ke Timur, agar tidak membelakangi kepala kereta sebaiknya kamu memilih tempat duduk dari nomor 12 hingga nomor paling buncit atau paling besar.

Sebaliknya jika kamu berangkat dari Timur dan hendak melakukan perjalanan ke Barat, sebaiknya memilih tempat duduk nomor kecil mulai dari nomor 11 ke bawah.

Itulah 7 tips cara memilih tempat duduk kereta api Ekonomi AC terbaik. Jika kamu kehabisan tiket kereta api untuk mudik, tak perlu khawatir karena ada banyak promo tiket pesawat untuk mudik dari Resevasi.com.

Tags : KeretaKereta ApiMudikstasiun

22 Comments

  1. kalau naik KA Pasundan dari Surabaya Gubeng ke Kiaracondong…supaya dapat seat yg searah laju KA…seat nomor brapa ya?

  2. Saya naik kereta dari surabaya ke jogja tanggal 3 Desember 2017, KA Sancaka, nomer kursi 4, searah arah kereta jalan. Mungkin ada perbedaan tergantung masing-masing KA

  3. MAu tanya jadi yang benar nya bagaimana ya untuk keberangkatan JKT GAMBIR – BDG dgn Argo parahiyangan premium itu yg sesuai arah laju nya pilih seat berapa ya ? Mohon bantuan dan informasi yg fixed . trims

    1. Kalau mau dapat informasi yg fixed, sebaiknya coba langsung telepon ke Contact Center KAI aja di 121 ya…

    2. pengalaman saya beberapa kali naik, dari arah Gambir ke Bandung kursi yang searah lokomotif adalah nomor seat besar

  4. saya berencana mau pesen tiket jayakarta premium…dr jogja ke jakarta . supaya searah jalanya lokomotif…baiknya pilih seat nomor berapa ?

  5. Ka parahyangan premium yg jam 4.15 pagi tgl 7 desember 2017 yg saya naik dari bandung ke gambir nomer kecil menghadap ke Barat, nomer besar ke Timur, (saya kebalik) kayaknya memang tidak semuanya sama,

  6. kalau saya dari pasar senen jakarta menggunakan kutojaya Utara ke stasiun kroya cilacap, itu lebih baik memilih no besar atau kecil ya, mohon informasinya.

    1. Arah ke timur pilih kecil, arah ke barat pilih besar. Tp ini kadang berbeda dengan di lapangan sesungguhnya mbak. Semoga membantu.

  7. Aduh gan.
    Dari Barat ke Timur biar kita ngadepnya sesuai sama arah tujuan itu pilih 1-12!

    Dan sebaliknya

    Ini saya pake argo parahyangan jkt-bdg baca ini jadi kebalik.

  8. Waahh… menyesatkan niih… katanya kalo perjlnan dari timur ke Barat pilih nomer kecil… INI SALAH BRO…
    Pusing deh ini kepalaku gara2 nurutin tipsnya…
    Buat teman2 yg blm terlanjur beli tiket, yg bener niih…kalo
    Perjalanan dari Timur ke Barat (misal dari Semarang ke Tegal) pilih no tmp duduk yg besar Brooo…. 12 ke atas biar searah dg jlnnya KA…

  9. Manteb bener tulisan Agan ini bermanfaat dan langsung ane Praktekkan, saya hanya ingin Koreksi pada Point Nomor 7 setelah saya praktekkan ternyata KEBALIK.

    Arah ke Timur pilih seat nomor 1-11 (Nomor KECIL)
    Arah ke Barat pilih seat nomor 12-22 (Nomor BESAR)

    Syukur-syukur Agan ada waktu untuk merapat tulisannya, sehingga bermanfaat bagi orang lain.

    Waktu perjalanan saya pada bulan Juli 2017.

    Tks.

Leave a Response