Masuk Gratis, Ini 10 Tempat Bermain Anak di Jakarta dan Sekitarnya - Reservasi Travel Blog

Masuk Gratis, Ini 10 Tempat Bermain Anak di Jakarta dan Sekitarnya

Travel Destinations618
Masuk Gratis, Ini 10 Tempat Bermain Anak di Jakarta dan Sekitarnya shutterstock

Travel Blog Reservasi – Sebetulnya banyak pilihan tempat bermain anak di Jakarta dan sekitarnya. Namun, masalahnya tidak semuanya gratis alias tanpa biaya masuk atau tiket masuk sama sekali.

Nah, tapi tidak usah khawatir. Reservasi.com kali ini merangkum beberapa tempat wisata bermain anak gratis di Jakarta dan sekitarnya. Tempatnya ada yang jauh dan ada yang dekat dari pusat kota Jakarta. Yang jelas saat ini semua tempat di Jakarta bisa diakses dengan berbagai macam moda transportasi murah seperti Transjakarta dan Commuter Line.

Baca Jangan Kudet, Ini Tempat Nongkrong di Jakarta yang Paling Hits

Monumen Nasional, Tempat Bermain Anak di Jakarta Terpopuler

Tidak bisa dipungkiri bahwa tempat wisata yang satu ini memang menjadi salah satu ikon ibukota Jakarta. Tidak heran jika Monas atau Monumen Nasional menjadi salah satu tempat wisata gratis yang paling banyak dikunjungi dan juga populer di kalangan warga Jakarta dan sekitarnya.

Monas menjadi tempat bermain anak di Jakarta yang paling affordable karena tempatnya atau lokasinya juga sangat strategis di pusat kota.

Monumen Nasional memiliki monumen setinggi 132 meter dengan puncak lidah api emas di atasnya. Emas tersebut merupakan emas murni dengan jumlah sekitar 85 kilogram.

Pengunjung bisa naik ke puncaknya dengan menggunakan lift yang disediakan namun harus membayar sejumlah uang. Namun, jika tidak ingin menaiki puncak monas, pengunjung sudah cukup untuk bermain di pelataran monas dengan sejumlah fasilitas yang sangat lengkap mulai dari tempat kuliner, tempat bermain anak sampai dengan fasilitas toilet dan juga tempat ibadah.

monas
Sumber gambar: satujam.com

Galeri Indonesia Kaya

Galeri ini berada di Grand Indonesia West Mall LT 8 Jakarta. Tempat ini menjadi salah satu tempat pendidikan sekaligus hiburan yang sangat tepat untuk anak-anak bagaimana mengenal keberagaman dan kebudayaan tradisional dari Indonesia.

Galeri ini memiliki berbagai acara setiap pekan dan setiap bulannya yang digelar di beberapa auditorium yang tersedia mulai dari pertunjukan seni tari ada Beberapa musisi Indonesia, pemutaran film, sampai dengan pertunjukan musik daerah maupun musik kontemporer yang dihadiri oleh beberapa musisi terkenal dari Indonesia.

Museum Bank Indonesia

Museum Indonesia menjadi salah satu museum yang sangat menarik yang berada di kawasan Kota Tua Jakarta Utara. Museum ini menjadi salah satu bukti sejarah perjalanan perkembangan perekonomian di Indonesia.

Lokasinya sangat strategis karena bisa dijangkau dengan menggunakan angkutan maupun moda transportasi umum seperti commuter line atau Transjakarta dengan harga yang relatif sangat terjangkau.

Musim ini bukan hanya saja yang mengoleksi beberapa mata uang beserta beberapa emas batangan yang bisa dilihat secara langsung tetapi juga beberapa diorama yang menjelaskan pembangunan dan aktivitas ekonomi mulai dari masa penjajahan Belanda hingga saat ini.

Wisatawan tidak hanya bisa melihat-lihat saja tapi juga bisa membeli beberapa aksesoris ataupun souvenir yang berkaitan dengan museum Bank Indonesia. Inilah salah satu tempat bermain anak di Jakarta yang memberikan pendidikan sekaligus wawasan tentang finansial.

Taman Kota Tua

tempat bermain anak di Jakarta
Sumber gambar: wikipedia.org

Kawasan Taman Kota Tua yang berada di Jakarta Utara berdekatan dengan pantai utara menjadi salah satu kota yang masih dipertahankan kondisi aslinya. Beberapa bangunan tua serta beberapa museum masih kokoh berdiri sesuai dengan bentuk arsitektur aslinya yang dibangun sejak zaman penjajahan kolonial Belanda.

Taman Kota Tua bukan hanya saja dikenal sebagai tempat bermain anak di Jakarta yang paling ramah tetapi juga sebagai salah satu tempat kekinian yang digunakan untuk berkumpul maupun berfoto di beberapa tempat-tempat yang instagramable.

Pengunjung bisa mengunjungi Taman Kota Tua kapan saja karena tempat wisata ini buka 24 jam dan tidak dipungut biaya sama sekali. Salah satu aktivitas yang tidak bisa dilewatkan adalah bersepeda mengelilingi kota tua sehingga bisa menyaksikan sendiri bangunan asli yang berada di sekitar kota tua sekaligus mengabadikannya.

Wisatawan yang datang biasanya tidak akan melewatkan Toko Merah. Bangunan berwarna merah dengan arsitektur art deco yang berada di Jalan Kali besar ini menjadi salah satu cagar budaya yang dulunya adalah sebuah toko milik warga keturunan Tionghoa.

Taman Kalijodo, Tempat Bermain anak di Jakarta Kekinian

Taman Kalijodo yang dulunya memiliki citra yang kurang baik kini sudah berubah menjadi salah satu tempat bermain anak di Jakarta yang memiliki beberapa fasilitas outdoor maupun fasilitas kuliner yang sangat menggoda selera. Taman Kalijodo kerap digunakan sebagai beberapa kegiatan acara musik dan juga acara budaya sehingga hampir tidak pernah sepi dari berbagai kegiatan.

Pengunjung bisa menggunakan bus wisata gratis dari balai kota atau dari parkiran irti Monas sional untuk bisa datang mengunjungi Taman Kalijodo. Taman seluas 1,4 hektar ini memiliki beberapa tempat-tempat lirik termasuk tempat-tempat foto yang dihiasi dengan berbagai hiasan mural atau gambar dinding yang kekinian dengan tema-tema yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Selain terkenal memiliki wahana skate park, Taman Kalijodo memiliki beragam fasilitas yang amat lengkap mulai dari tempat ibadah, toilet, playground untuk anak-anak dan tersedia juga perpustakaan mini. Taman ini selalu ramai pada setiap akhir pekan sehingga tak heran menjadi salah satu tempat bermain anak di Jakarta yang cukup populer setelah Monumen Nasional.

cara ke kalijodo sekarang
Kalijodo Sekarang (Instagram : @arvianirizki)

Taman Suropati

Revitalisasi taman di Jakarta memang memiliki keuntungan tersendiri bagi warga Jakarta sehingga mereka bisa menjadikan Taman sebagai pusat aktivitas sekaligus pusat hiburan dan olahraga. Salah satu taman yang menjadi favorit warga ibukota adalah Taman Suropati yang berkaitan dengan sejarah ibukota itu sendiri.

Taman seluas 16 ribu meter persegi ini termasuk tanaman yang terkenal rindang dengan pepohonan sehingga jika dikunjungi pada siang hari pun bukan menjadi soal karena Taman ini memberikan perlindungan dari panas terik matahari secara alami melalui beberapa pohon-pohon tinggi dan rindang.

Taman ini memiliki beberapa patung dari negara-negara ASEAN serta beberapa kandang burung merpati yang menjadi tempat tinggal unggas jinak tersebut. Aksesnya bisa menggunakan bus Transjakarta dengan halte terdekat yaitu halte Latuharhari.

Mal The Breeze BSD

Mall kekinian yang menawarkan konsep alam terbuka di kawasan Tangerang Selatan ini menjadi salah satu mall yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya.

Apalagi saat ini terdapat hiburan berupa bioskop yang cukup memberikan pengalaman yang berbeda saat menonton. Konsep bioskopnya dibuat seperti sebuah Cafe sehingga memberikan kesan nyaman bagi para penonton yang menunggu film favoritnya tayang.

Selain itu Mall The Breeze BSD menjadi salah satu tempat bermain anak gratis di Jakarta dan sekitarnya yang memiliki beberapa playground di beberapa sudut pusat perbelanjaan dengan konsep terbuka seperti ini.

Taman Sakura AEON Mal BSD

Salah satu tempat wisata bermain anak di Jakarta dan sekitarnya yang cocok untuk dikunjungi pada malam hari adalah taman sakura AEON Mall BSD.

Taman ini akan lebih indah jika dikunjungi pada malam hari karena lampu-lampu yang indah ini baru akan dinyalakan ketika langit gelap. Bukan hanya pengunjung asal Tangerang Selatan saja yang mengunjungi taman sakura di AEON Mall BSD ini tapi juga beberapa pengunjung dari luar kota seperti dari Bekasi Bogor dan juga Jakarta.

Taman Kota BSD

Salah satu taman yang cukup efektif untuk dijadikan sebagai tempat berwisata sekaligus berolahraga adalah Taman Kota BSD. Taman ini memiliki jogging track sehingga cocok untuk mereka yang butuh tempat berolahraga setiap akhir pekan.

Selain itu fasilitasnya juga cukup lengkap mulai dari toilet umum sampai dengan tempat makan ataupun tempat kuliner. Sehingga bagi keluarga yang mungkin belum ingin berolahraga bisa tetap berwisata di taman ini secara gratis tanpa membayar tiket masuk sama sekali.

Baca Bianglala Tertinggi di Indonesia Hadir di Jakarta, Yuk Mampir ke sana Weekend Nanti

Smaland IKEA, Serpong

Tempat belanja furniture kekinian di daerah Tangerang Selatan ini memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dengan aneka desain dan juga dekorasi yang menjadi trend terutama jika memiliki rumah atau apartemen dengan lahan terbatas.

Tetapi bukan hanya itu saja yang menjadi daya tarik bagi keluarga muda yang datang ke IKEA Serpong ini. Salah satu diantara fasilitas yang bisa digunakan atau dimanfaatkan secara gratis adalah wahana permainan Smaland IKEA Serpong.

Anak-anak bisa bermain dengan gratis selama orang tuanya berbelanja. Wahana yang ditawarkan secara free ini jelas menjadi rebutan. Untuk itu, pengunjung harus datang lebih awal untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *