close

Telur Hitam, Makanan Enak Asal China dan Jepang yang Bisa Bikin Umur Panjang

telur hitam
Telur hitam (shutterstock.com)

Travel Blog Reservasi – Saat melihat telur dengan cangkang berwarna hitam dan bagian dalam telur juga berwarna hitam, pasti kamu akan mengira telur tersebut sudah membusuk dan tak layak dikonsumsi.

Nyatanya, di China dan Jepang telur tersebut dikonsumsi dan jadi sajian enak dan berkhasiat.

Telur hitam asal China

Jika di China, telur berwarna hitam atau yang lebih kita kenal dengan nama Telur Pitan dikenal dengan nama thousand-year egg.

Hidangan ini terbuat dari telur bebek dan ayam yang difermentasikan bersama campuran tanah liat, abu, garam calcium oxide dan sekam selama beberapa bulan, tergantung metode pembuatan.

Melalu proses ini warna telur akan berubah, kuning telur akan berubah menjadi abu-abu dengan tekstur yang creamy ditambah aroma khas sulfur dan amonia. Sementara putih telur akan berubah cokelat gelap transparan dengan rasa sedikit asin.

A post shared by Linda Silvia (@lindacennie) on

Manfaat Telur Pitan, konon kabarnya, telur pitan ini berkhasiat untuk menetralisir kandungan asam dalam tubuh, sehingga dapat menyeimbangkan kondisi asam basa dalam tubuh.

Penyajian Telur Pitan, di Shanghai, China biasanya telur pitan disantap dengan tahu dingin, sedangkan jika di Taiwan, telur hitam atau telur pitan ini disajikan dengan dipotong-potong di atas tahu dingin, katsuobushi, shoyu, dan minyak wijen.

Namun, paling umum telur pitan ini disajikan bersama bubur dan salad dingin. Hmmm…gimana kamu tak ingin mencicipinya?

Jika kamu ingin liburan ke Shanghai China, dapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik di Reservasi.com

A post shared by angelinaWJ (@angelinawj) on

Telur Hitam di Jepang

Tak hanya China yang punya telur hitam, namun negeri sakura juga punya telur hitam yang dikenal dengan nama Kuro Tamago.

Berbeda dengan telur hitam  asal China yang bagian cangkang telur dan isi telur berwarna hitam.

Di Jepang hanya cangkaknya saja yang berwarna hitam, sedangkan bagian dalam tetap putih dan kuning.

Kuro Tamago adalah telur ayam yang direbus dengan cara spesial dengan merebusnya langsung di danau belerang yang mendidih.

Air belerang di danau ini bereaksi terhadap kulit telur, sehingga memberinya warna legam. Mak tak heran, telur ini punya aroma dan sedikit rasa belerang

A post shared by Danny (@sinsak) on

Khasiat Kuro tamago, telur ini tak hanya unik, namun Kuro tamago juga memiliki khasiat bagi siapapun yang memakan telur hitam ini dipercaya bisa membuat panjang umur selama 7 tahun.

  • Kuro tamago hanya bisa ditemukan di Owakudani, Hakone, Jepang.
  • Harga Kuro Tamago : Sekantong Kuro tamago berisi lima butir telur harganya 500 yen atau setara Rp58.000. Jika memakan kelima butir telur ini, konon kabarnya kamu bisa menambah usia kamu selama 35 tahun lho.

Sebelum berlibur ke Jepang dan  mencicipi Kuro tamago, ada baiknya baca panduan lengkap liburan ke Jepang terlebih dahulu.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : ChinaJepangKuliner

1 Comment

Leave a Response