Telaga Nila Majalengka, Danau Tersembunyi di Tanah Pasundan

Travel Destinations9
Telaga Nila Majalengka, Danau Tersembunyi di Tanah Pasundan

Travel Blog Reservasi – Telaga Nila Majalengka memiliki keistimewaan seperti beberapa telaga yang tengah hits saat ini. Warna airnya yang jernih berwarna biru kehijauan, mampu memantulkan bayangan pepohonan rimbun yang mengelilinginya. Telaga Biru dari tatar Pasundan ini beralamat di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Sebelum kecewa sebaiknya kalian datang pada saat musim hujan dimana debit air Telaga Nila Majalengka ini cukup tinggi. Pasalnya saat debit airnya surut, warna telaga ini akan berubah menjadi hijau. Jadi, pastikan kalian datang disaat yang tepat untuk menyaksikan pesona Telaga Biru di tanah Pasundan ini.

Telaga Nila (@bolangdekil/bolangdekil.blogspot.co.id)
Telaga Nila (@bolangdekil/bolangdekil.blogspot.co.id)

Telaga Nila ini sudah cukup populer di sosial media sejak akhir 2015 yang lalu. Beberapa nitzen menyebutnya dengan Danau Tosca, Blue Lagoon dan yang paling dikenal adalah Telaga Nila Majalengka. Air danaunya yang berwarna biru memang memiliki pesona yang sangat menarik terutama jika sudah kalian pajang di Instagram.

Keberadaan Telaga Nila ini memang belum begitu populer di kalangan wisatawan. Wajar saja jika akses jalan menuju ke Telaga Nila ini cukup sulit untuk kendaraan roda empat. Bahkan di sekitar Telaga Nila ini belum ada pedagang yang berjualan. Bahkan fasilitas wisata pun belum dibangun.

Telaga Nila (@bolangdekil/bolangdekil.blogspot.co.id)
Telaga Nila (@bolangdekil/bolangdekil.blogspot.co.id)

Telaga Nila ini memiliki potensi wisata yang sangat besar. Minat traveling di tahun 2016 ini akan lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Terbukti banyak tempat wisatawan yang hits melalui sosial media langsung diserbu para wisatawan dari berbagai daerah dan penjuru kota.

Saat ini Telaga Nila belum dikelola dengan baik. Artinya tidak ada pungutan atau retribusi yang dikenakan untuk menikmati keindahan Telaga Biru Majalengka ini. Kalian yang ingin melihat secara langsung membutuhkan usaha lebih dan hanya bagi mereka saja yang terbiasa berpetualang yang dapat menikmati keindahan pesona Telaga Nila Majalengka.

Telaga Nila (@bolangdekil/bolangdekil.blogspot.co.id)
Telaga Nila (@bolangdekil/bolangdekil.blogspot.co.id)

Karakter Telaga Nila ini tidak berbeda jauh dengan beberapa telaga biru yang ditemukan di daerah Jawa Barat. Disekelilingnya rimbun dengan pepohonan yang tinggi dan menjulang. Bahkan sudah terdapat fauna, berupa ikan kecil yang berenang kesana-kemari dibawah permukaan Telaga Nila Majalengka ini.

Telaga yang berada di bawah kaki Gunung Cermai ini memang menarik dan eksotis. Jika ingin berenang, disarankan menggunakan snorkel sehingga kalian bisa menikmati pesona keindahan bawah telaga Nila Majalengka. Kalian bisa berenang bersama ikan-ikan yang hidup dan besar di alam bebas.

Telaga Nila (@bolangdekil/bolangdekil.blogspot.co.id)
Telaga Nila (@bolangdekil/bolangdekil.blogspot.co.id)

Telaga Nila ini cukup lebar dengan lokasi yang berada di pedalaman. Panjangnya diperkirakan sekitar 85 meter dengan lebar antara 20 meter. Belum ada yang pernah memperkirakan kedalaman Telaga Nila ini. Pastikan buat kalian yang ingin berenang sudah benar-benar mahir. Karena tidak ada life guard disini. Apalagi akses menuju Rumah Sakit cukup jauh. Hanya saja, alangkah baiknya jika kalian cukup menikmati saja keindaan Telaga Nila ini. Demi menjaga ekosistem yang ada tetap alami dan tidak terganggu oleh tangan manusia.

Perjalanan untuk menemukan lokasi wisata alam ini juga terbilang tidak mudah karena belum ada petunjuk arah yang jelas. Pastikan kalian membawa GPS dan jangan malu untuk bertanya pada penduduk sekitar. Waspada tetap perlu karena lokasi Telaga Nila ini berada di tengah hutan.

Tips dan Panduan Menuju Telaga Nila Majalengka

  • Jika dari Jakarta sebaiknya kalian melalui jalur Tol Cikopo dan keluar di pintu Tol Sumberjaya. Jarak dari Pintu Tol Sumberjaya kurang lebih sekitar 19 km dan dapat ditempuh dengan durasi sekitar 35 menit menurut kalkulasi Google Maps dengan kondisi lalu lintas lancar.
  • Sementara jika kalian dari arah Jawa Tengah, kalian bisa keluar di Pintu Tol Kanci sebelum masuk Pintu Tol Palimanaa. Kemudian mengikuti jalan Raya Sumber Cirebon hingga Jalan Nyi Ageng Serang. Dari pintu tol Palikanci diperkirakan jarak tempuh sekitar 21 km dengan durasi perjalanan 38 menit menurut perhitungan di Google Maps dengan kondisi lalu lintas lancar.
  • Jika kalian dari Bandung hanya tinggal menyusuri jalan dari Sumedang hingga nanti masuk daerah Majalengka.
  • Akses Jalan Menuju Telaga Nila ini tidak terlalu baik. Jika kalian menggunakan kendaraan roda empat, kalian harus bersiap trekking beberapa kilometer karena akses menuju Telaga Nila ini benar-benar belum tersedia dengan baik.
  • Sebaiknya memang kalian menggunakan kendaraan roda dua jika ingin tiba lebih cepat langsung menuju bibir Telaga Nila Majalengka.
  • Patokan yang paling mudah, keberadaan Telaga Nila ini berada di Selatan Telaga Herang yang sudah terkenal sebagai lokasi wisata. Tempatnya pun sudah dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat.
  • Jika sudah mencapai Telaga Herang kalian tinggal mengikuti jalan saja ke arah Timur Telaga Herang. Jangan lupa setelah ketemu gapura Telaga Herang, kalian akan berpapasan dengan pertigaan. Ambil jalur kanan dengan medan yang menanjak, telusuri terus jalan tersebut hingga bertemu lapangan sepakbola. Dari situ belok kanan dan pastikan kalian menemukan Telaga Nila dari balik pepohonan yang rimbun.
  • Jangan pernah mengambil apapun kecuali foto dan jangan pernah meninggalkan apapun kecuali jejak. Jaga dan lestarikan tempat tersembunyi seperti ini agar keindahannya bisa dinikmati orang lain.

Dzulfikar Alala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *